Kebanyakan orang belum tahu manfaat surat keterangan asal yang selalu disertakan pada barang saat diekspor. Dalam mengirimkan sebuah barang tertentu, baik dari individu maupun perusahaan diharuskan menyertakan certificate of origin.

Sebagai eksportir individu atau perusahaan, Anda harus mengetahui pentingnya SKA. Certificate of origin yang biasa disebut dalam bahasa Inggris telah menjadi kesepakatan internasional dalam dunia ekspor komoditas.

Menjamin bahwa barang ekspor akan ditolak jika tidak memiliki SKA elektronik resmi. Oleh karena itu, disarankan untuk memeriksa apakah SKA telah diproduksi melalui situs web resmi eSKA sebelum pengiriman.

Cara membuat certificate of origin cuma memerlukan website e-SKA yang dikelola oleh Kemendagri. Para eksportir membutuhkan dokumen untuk melengkapi sebuah pembuatan COO pada kegiatan ekspor dari Indonesia ke luar negeri.

Dalam surat keterangan asal barang, Anda harus tahu bahwa keberadaannya karena memberikan manfaat melimpah. Di bawah ini akan kami berikan penjelasan lengkap tentang manfaat dari surat keterangan asal.

Manfaat Surat Keterangan Asal Sebagai Penurun Bea

Seiring berjalannya waktu, keberadaan certicifate of origin memberikan manfaat melimpah bagi para eksportir. Manfaat pertama yang dapat diklaim eksportir adalah bisa memperoleh penurunan biaya tarif bea dari negara tujuan.

Dalam membuat COO harus memenuhi prosedur penerbitan surat keterangan asal sesuai ketentuan dari e-SKA. Dengan adanya penurunan biaya pada tarif bea masuk ke negara tujuan tentu membuat eksportir lebih hemat.

Anda juga bisa mendapatkan keuntungan lain dalam menurunkan harga kirim ke luar negeri, sehingga tidak timbul beban besar. Pada SKA preferensi manfaat ini bisa diperoleh secara langsung tanpa harus kesulitan.

Manfaat dari adanya surat ini selanjutnya bisa dijadikan sebagai dokumen ekspor Indonesia ke luar negeri. Mengingat SKA sudah dijadikan perjanjian negara seluruh dunia, maka akan bermanfaat sebagai tiket masuk negara asing.

Jangan sampai mengekspor barang tanpa menempelkan SKA karena dapat menimbulkan sebuah dampak negatif ke depannya. Bahkan kalau tidak menggunakan SKA bisa ditolak oleh negara tujuan yang akan dikirimi barang.

Selanjutnya, manfaat lain dari keberadaan surat keterangan asal bisa membuat harga diterapkan semakin aktual. Penetapan harga asal dari negara Indonesia dapat membantu perusahaan lebih tepat dalam meraih keuntungan.

Dalam jenis jenis surat keterangan asal tentu ada dua, yaitu COO preferensi dan non preferensi. Keduanya memiliki tujuan berbeda, yang satu bisa menurunkan tarif bea, satunya dapat dijadikan tiket komoditi.

Jangan sampai melupakan sebuah manfaat dari SKA, karena bisa membantu memperlancar kegiatan ekspor barang. Kegiatan mengekspor barang kini semakin meningkat dipengaruhi oleh keberadaan market place yang mendukung pengiriman ke luar negeri.

Membuat Pencatatan Statistik Secara Tepat

Manfaat surat keterangan asal selanjutnya adalah bisa digunakan sebagai opsi pencatatan statistik secara tepat. Ini berlaku bagi eksportir sampai negara penerima dapat mencatatkan sebuah statistik keluar masuk barang.

Karena SKA diterdaftar resmi di Kemendagri, sebagai eksportir dijamin mudah mengetahui statistik secara tepat. Anda jadi lebih mudah merangkap pengeluaran jumlah barang untuk memberikan kemudahan perusahaan dalam berkembang pesat.

Berikutnya ada keuntungan dari SKA yaitu dapat melacak tuduhan dumping, karena harga diketahui secara jelas. Transparansi harga setiap barang yang diekspor diketahui oleh eksportir, sehingga tidak mengakibatkan tuduhan dumping muncul.

Dalam pembuatan COO, tentu saja ada masa berlaku surat keterangan asal yang resmi diberlakukan resmi. Hal ini bertujuan untuk mengetahui seorang eksportir yang aktif dan diminta memperpanjang masa aktif SKA.

Selanjutnya dengan memiliki COO bisa membuat eksportir memenuhi persyaratan pencairan dari Letter of Credit. Mengingat Letter of Credit dapat digunakan sebagai pembuayaan ekspor dengan memanfaatkan L/C secara mudah.

Keuntungan selanjutnya bisa membuat kegiatan ekspor berlangsung lancar tanpa ada kendala sedikitpun. Baik bersifat individu, perusahaan, atau instansi berhak mendapatkan jaminan kelancaran dalam mengirimkan barang ke luar negeri.

Memanfaatkan SKA bisa membuat seluruh barang dapat dikirimkan melalui berbagai cara tanpa mengalami penolakan. Barang besar dan kecil akan dikirim dalam waktu cepat melalui beberapa eksportir resmi di dunia.Dengan memanfaatkan COO dapat memberikan sejumlah keuntungan secara langsung bagi eksportir. Seluruh manfaat surat keterangan asal dapat diperoleh eksportir untuk melancarkan kegiatan ekspor ke luar negeri tanpa ada kendala.

Konsultasikan Permasalahan Bisnis dengan Justika

Jika Anda masih bingung dengan prosedur Surat Keterangan Asal (SKA) dan beberapa dokumen hukum lain dalam dunia ekspor-impor, saat ini Anda dapat berkonsultasi dengan Mitra Advokat terkait permasalahan bisnis, dimana saja. Dengan menggunakan Layanan Bisnis Justika, Anda dapat berkonsultasi tanpa harus mendatangi Kantor Advokat.

Kenapa Justika? Justika merupakan platform konsultasi hukum terbaik dan terpercaya yang ada di Indonesia, dengan Mitra Advokat yang tergabung memiliki pengalaman lebih dari 5 (Lima) tahun. Khususnya dalam bidang bisnis, maka permasalahan Anda dapat dibantu dan diselesaikan secara profesional.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi.