Surat pernyataan adalah surat resmi yang berisi tentang penjelasan suatu keadaan ataupun kesanggupan untuk melakukan suatu hal. Fungsi surat pernyataan ini biasanya menyinggung soal pernyataan kesanggupan dan konsekuensinya apabila sang penulis pernyataan tidak sanggup melakukannya.

Surat pernyataan digunakan oleh berbagai kalangan masyarakat karen fungsinya yang bermacam-macam. Mulai dari penjelasan tentang suatu peristiwa, pengakuan, hingga menjelaskan posisi seseorang dalam suatu masalah. Nah, penjelasan tentang apa itu surat pernyataan sepertinya sudah cukup jelas. Dalam artikel ini, Justika akan membahas lebih dalam tentang fungsi surat pernyataan.

Fungsi Surat Pernyataan

Anda perlu mengetahui beberapa fungsi surat pernyataan agar penggunaannya tepat dan sesuai. Secara garis besar, fungsi surat pernyataan adalah untuk menyatakan suatu hal yang tercatat dan memiliki kekuatan hukum. Dengan begitu, bila di kemudian hari pernyataan yang telah ditulis tidak sesuai dengan kenyataan, maka langkah hukum dapat dilakukan. Ciri ciri surat pernyataan memang biasanya ditandatangani di atas materai untuk menguatkan landasan hukum surat pernyataan. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa fungsi dari surat pernyataan:

  1. Menjelaskan Secara Detail

Dalam surat pernyataan, penjelasan tentang apa yang menjadi pernyataan ditulis dengan detail dan terstruktur sehingga apabila di kemudian hari terdapat perbedaan antara fakta yang terjadi dengan pernyataan yang dibuat, pihak yang terlibat dapat mengetahuinya.

2. Dokumen Pendukung

Fungsi surat pernyataan juga bisa menjadi syarat administratif. Misalnya bila seseorang diterima sebagai pegawai negeri sipil, maka wajib menyertakan surat pernyataan bersedia ditempatkan di seluruh Indonesia.

3. Arsip dan Bukti

Sebagai arsip, surat pernyataan akan dibuka kembali bila terdapat penyelewengan atau ketidaksesuaian antara pihak-pihak yang terlibat. Dengan begitu, masing-masing pihak tidak akan merasa dikhianati.

Manfaat Surat

Sebagai surat resmi, tentu surat pernyataan juga memiliki manfaat untuk masing-masing pihak yaitu penulis surat dan penerima surat. Berikut ini manfaat surat pernyataan:

  1. Menunjukkan Kredibilitas

Bagi pihak yang menulis surat pernyataan, surat tersebut akan memberikan kredibilitas bagi dirinya karena surat ini bersifat resmi dan berdasar hukum. Contoh surat pernyataan bebas narkoba yang secara tidak langsung berarti bahwa sang penulis surat menjamin bahwa dirinya bukan seorang pemakai narkoba.

2. Sebagai Bukti

Dengan menerima surat pernyataan dari penulis, penerima surat pernyataan akan memiliki bukti yang kuat tentang pengakuan dari penulis pernyataan. Fungsi surat adalah sebagai bukti hukum yang kuat.

Surat pernyataan adalah surat resmi yang sangat sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Hal itu disebabkan karena fungsi surat pernyataan dan manfaatnya yang banyak dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat. Oleh sebab itu, penting untuk memahami dan mempelajari surat pernyataan.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.