Mengenal tentang fungsi surat izin tempat usaha wajib dipahami oleh pebisnis zaman sekarang. Meski platform menjual dagangan bisa dilakukan secara online, pasti pada suatu masa ingin membangun berbentuk fisik.

Inilah saatnya Anda untuk segera membuat dokumen yang sering disebut juga sebagai SITU. Nantinya akan berhubungan mengatur kelayakan pada lingkungan. Jadi, keadaan sekitar tetap bersih dan terjaga kelayakannya.

Pastinya pembangunan suatu bisnis memang tidak boleh mengganggu warga sekitar. Termasuk juga lingkungan lestari sehingga dapat terjaga dengan dokumen tersebut. Apalagi sudah sangat diwajibkan oleh pemerintah.

Dalam rangka mengurus surat izin tempat usaha, harus ada hubungan erat. Terutama dengan pihak yang akan kita dalami kebersamaannya. Penting terlaksana karena selain agar resmi, tujuan lainnya menghindari konflik.

Fungsi Surat Izin Tempat Usaha Pada Pemerintah

Prosedur pengurusan surat izin tempat usaha perlu dilakukan oleh setiap pebisnis saat berusaha mendirikan perusahaan. Kalau meninggalkan berkas tersebut, artinya Anda sudah melanggar batas ketentuan pemerintah.

Pihak pemerintah menginginkan setiap pebisnis untuk mengurus kebutuhan berupa dokumen legalitas untuk tempat atau bangunan usaha. Harus ada perizinan secara legal dan dibuktikan langsung pada dokumen tersebut.

Anda bisa tenang karena sekarang pemerintah telah membuat dokumen yang diperlukan untuk mengurus situ dengan mudah. Dalam artian dapat Anda penuhi segera. Jadi, tidak membutuhkan waktu lama kalau mengurusnya.

Terlebih sekarang badan perdagangan atau industri telah masuk pada wilayah daerah. Jadi, Anda dapat mengurusnya lebih cepat pada badan tersebut. Tidak lagi harus menuju ke tempat lebih jauh seperti provinsi.

Perlu diketahui kalau izin yang muncul sifatnya berupa formal. Meski mungkin sudah terdukung oleh warga setempat, tapi belum dianggap resmi jika belum ada izinnya. Hanya dapat diurus melalui badan hukum.

Banyak pebisnis yang belum paham dan hanya mengurus pada warga masyarakat semata. Misalnya berupa surat perjanjian yang tidak resmi. Tentu resikonya tinggi seperti dianggap ilegal dan suatu saat dapat ditolak.

SITU Sebagai Hubungan Bersama Warga

Untuk fungsi surat izin tempat usaha terbesar memang menjadi penjalin hubungan erat bersama warga. Saat ada kabar bisnis akan didirikan, bisa saja terdapat penolakan atau masalah lainnya.

Penolakan ini mungkin saja karena disebabkan oleh warga belum terlalu paham mengenai bisnis yang akan kita bangun. Jadi, sebelumnya dapat bertemu pemimpin desa atau daerah. Tentu demi membicarakan lebih detail.

Contohnya tentang seperti apa bisnis yang ingin Anda dirikan pada saat itu. Anda juga dapat mendengarkan tentang keluhan atau keinginan warga. Lalu dapat menyiapkan supaya warga masyarakat dapat setuju.

Sebenarnya hal ini disebut juga sebagai permintaan izin paling dasar. Terutama karena akan dibicarakan bersama dengan warga setempat. Tentunya sebelum menuju ke pihak badan hukum lebih tinggi di pemerintahan.

Nantinya mungkin akan membutuhkan waktu sampai ada poin yang dianggap menjadi keputusan bersama. Tapi tidak masalah karena dapat diatasi secara kekeluargaan. Akhirnya tidak perlu ada masalah satu sama lain.

Hubungan Anda bersama dengan warga setempat juga terjalin lebih dekat. Malahan bisa saling menguntungkan sekaligus membantu. Mungkin inilah yang akan menjadi perbedaan SIUP dan SITU dalam segi cara mengurusnya.

Konfrontasi Besar Harus Dihindari Sejak Awal

Bila kita tidak memperhatikan warga masyarakat, ada risiko paling buruk seperti penolakan. Hal ini sering terjadi di Indonesia karena terlalu egois. Misalnya pebisnis ingin meraih untung lebih cepat.

Akhirnya hanya berbicara dengan pihak lebih tinggi tanpa memperhatikan warga. Tentu mungkin untuk sekarang dapat berjalan, tapi kemudian hari dapat memanas. Jadi, SITU akan menjadi poin pencegahan paling efektif.

Kalau Anda masih bingung membuatnya, boleh melihat contoh surat izin tempat usaha. Mungkin yang berasal dari tempat di mana Anda akan membangun bisnis. Hasilnya dapat mencontoh cara mengurusnya dengan baik.

Bisa juga untuk berkonsultasi bersama lurah atau camat setempat lalu mengurus pertemuan dengan warga. Harus dilakukan demi menjaga kepentingan bersama. Apalagi yang namanya bisnis, pasti harus menguntungkan banyak pihak.

Kalau memperhatikan dan mencegah konfrontasi atau konflik, maka biaya pembuatan surat izin tempat usaha lebih terjangkau. Terutama karena tidak perlu harus mengurus surat atau dokumen yang sulit dibuatnya.

Setelah melihat seperti apa gunanya, tidak heran semua pebisnis harus segera mengurus. Terlebih jika ingin segera berdiri dan dianggap bisa berjalan. Tidak heran fungsi surat izin tempat usaha dianggap krusial.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.