Ingin akta pemindahan hak atas saham disetujui atas dasar hukum? Jika mau, pastikan dulu seluruh syarat dan ketentuannya sudah terpenuhi dan setelah itu prosesnya dapat kami jamin akan berjalan lancar. Tetapi, apa saja syarat pemindahan yang harus dipenuhi tersebut?

Pemindahan saham bisa terjadi karena banyak alasan, dan itu merupakan hal yang normal terjadi. Bisa saja seseorang memiliki masalah finansial dan memutuskan untuk mengalihkan sahamnya ke orang lain, dan mulai berinvestasi di saham lain dengan nilai lebih rendah.

Itu bukan sesuatu hal yang baru di dunia saham ini, terlebih karena daftar pemegang saham yang selalu berubah membuat data perseroan terkadang juga ikut berpindah nama. Namun, apa yang seharusnya dilakukan untuk memindahkan nama saham adalah menulis akta.

Akta di kasus pemindahan hak atas saham ini bisa diartikan juga sebagai surat tanda bukti. Menulis akta ini bisa juga kita asumsikan sebagai perdagangan, dimana tidak semua orang bisa percaya saja tanpa adanya bukti yang jelas dan harus ditulis di atas surat ketentuan.

Syarat Akta Pemindahan Hak Atas Saham

Mendapatkan persetujuan di pasar saham, terutama soal pemindahan nama dan tipe saham, bagi sebagian besar orang adalah pekerjaan yang sulit. Sebenarnya, ini memang sedikit butuh waktu dan proses panjang, tetapi bisa dipermudah dengan memenuhi syarat akta.

Lagi-lagi, akta memegang peran penting dalam mekanisme pengalihan hak atas saham bisa berjalan sukses. Dalam akta ini, segala persyaratan mengenai pemindahan ini ada beragam. Tetapi untuk bisa disetujui dalam nama hukum, ini adalah syarat yang paling penting:

1. Telah Mendapatkan Pengganti

Untuk bisa mendapatkan persetujuan pada akta, pemegang saham yang ingin menjual asetnya itu diwajibkan untuk menawarkan terlebih dahulu kepada orang lain. kepada orang yang sudah memegang saham di perusahaan itu juga tidak masalah.

Jika sudah mendapatkan pengganti ini, dalam contoh akta pemindahan hak atas saham biasanya melampirkan profil singkat dan berapa anggaran yang pemegang saham baru ini akan berikan. Jadi, perseroan juga bisa memberi persetujuan.

2. Alasan Mundur yang Masuk Akal

Alasan mundur dari pemegang saham juga sebaiknya disampaikan. Hukum, undang-undang, serta keputusan internal memiliki faktor penting ketika adanya peralihan hak atas suatu saham. Mungkin tidak perlu dijelaskan sampai terlalu detail.

Alasan mundur dari pemegang saham juga lagi-lagi perlu ditulis dalam akta
pemindahan ini. Dengan catatan, keinginan untuk lepas dari pemegang saham itu murni keputusan pribadi. Jika tidak, nantinya tidak akan disetujui.

3. Akan Lebih Mudah Disetujui Jika Ketentuan Perusahaan Memberatkan

Anda pasti pernah melihat situasi dimana seseorang diberatkan oleh salah satu pihak. Dengan itu juga, orang yang merasa dirugikan itu akan melakukan tindakan yang menurutnya benar. Jika ini di kursi perusahaan, bisa saja seseorang mundur.

Dan ketika situasi seperti ini yang terjadi, biasanya dewan hukum akan lebih terbuka untuk menyetujui akta pemindahan hak atas saham yang dikumpulkan. Tetapi terkadang, perusahaan itu juga harus menyampaikan pembelaan mereka.

4. Tidak melewati Tenggat Waktu yang Diberikan

Anda perlu tahu juga untuk segala proses di dalam instansi hukum menurut pasal 55 ayat 40 tahun 2007 tentang perseroan terbatas, ada menjelaskan tentang tenggat waktu. Pencatatan daftar perseroan paling lambat adalah 30 hari.

30 hari itu dihitung sejak tanggal pencatatan pemindahan hak atas saham tersebut. Jika melewati waktu yang sudah ditentukan, biasanya hakim dan pengadil lainnya akan mengajukan kasus selesai dan akta pemindahan ini ditolak.

5. Mendapatkan Persetujuan dan Prosesnya Lancar

Persetujuan, dan ini selalu menjadi yang paling penting untuk para pemegang saham. Mereka harus mengetahui apa yang terjadi, dan jika mereka merasa memang itu yang seharusnya dilakukan, maka persetujuan akan mereka berikan.

Dalam konteks pengalihan dan pemindahan hak atas saham juga sama. Mereka harus memberikan bukti tanda tangan sebagai bukti pengalihan itu tidak masalah buat para pemegang saham. Jadi, prosesnya juga akan lebih lancar tanpa perlu diskusi lagi.

Pemegang saham suatu perusahaan sering dibuat bingung dengan kasus pemindahan nama dan pemilik saham lainnya. Untuk membuat itu semakin simpel, yang perlu dilakukan itu adalah meminta update. Agar akta pemindahan hak atas saham sesuai syaratnya.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.