Seiring dengan perkembangan dunia yang semakin modern, maka semakin banyak pula masalah hukum yang dihadapi, baik oleh perorangan maupun perusahaan. Dalam hal ini tentu Anda memerlukan jasa pengacara atau advokat.

Misalnya untuk mengurus perceraian, menyusun surat wasiat, membeli property, dan lainnya. Saat itu, pastikan Anda memiliki pengacara terbaik guna mendapatkan hasil maksimal dalam penyelesaian masalah hukum.

Tips Memilih Jasa Pengacara/Konsultan Hukum

Namun, perlu diingat ada banyak pertimbangan saat memilih profesional hukum. Perhatikan tips memilih jasa pengacara yang tidak hanya profesional, tapi juga sesuai dengan kebutuhan problematika hukum yang sedang Anda hadapi.

Cari Tahu Bidang Keahlian

Sangat tidak mungkin bagi siapapun menyerahkan sesuatu hal kepada seseorang yang bukan ahlinya, begitu juga dalam hal mencari ahli hukum. Yang wajib Anda ketahui tidak semua pengacara atau konsultan hukum merupakan ahli dalam masalah yang sedang/akan dihadapi.

Oleh karena itu, langkah pertama yaitu memilih advokat dengan keahlian di bidang hukum tertentu. Apabila sedang menghadapi masalah perceraian, maka pilih pengacara yang memiliki kemampuan dalam mengani kasus perceraian. Atau jika Anda ingin memastikan perjanjian yang akan ditandatangani aman secara hukum, maka cari pengacara yang berpengalaman dalam melakukan contract drafting.

Pengacara dengan Track Record Baik

Jangan mengambil risiko dengan memilih advokat tanpa mencari tahu lebih lanjut tentang latar belakangnya. Anda harus jeli dalam mencari informasi tentang track record seorang konsultan hukum. Anda bisa mencarinya lewat platform online. Ataupun menelepon asosiasi advokat setempat. Berbincang dengan orang lain yang pernah bekerja dengan advokat akan membantu Anda dalam memahami perilaku, kompetensi, dan kemampuan pengacara tersebut.

Cek Lisensi Pengacara

Tips memilih jasa pengacara lainnya adalah memastikan pengacara atau konsultan hukum tersebut sudah berlisensi yang dikeluarkan oleh organisasi advokat sebagaimana ketentuan undang-undang. Anda bisa mengecek lisensi pengacara dengan mencarinya di situs web resmi organisasi advokat yang menaunginya.

Setelah mendapatkan informasi terkait kemampuan dan pengalaman Advokat, sekarang Anda bisa mulai memilih setidaknya 3 nama yang paling direkomendasikan. Dalam hal ini pertimbangkan juga apakah pengacara tersebut berkantor di wilayah yang sama dengan kediaman Anda atau tidak. Sebab akan mempermudah proses ke depannya.

Selanjutnya, Anda bisa menghubungi pengacara untuk meminta pendapat secara umum mengenai masalah hukum yang sedang dihadapi.

Baca Juga:

Mitra Advokat Justika Siap Membantu Anda

Banyak orang dan perusahaan yang kurang paham tentang jasa layanan hukum. Oleh karena itu, Anda memerlukan peran pengacara atau konsultan hukum. Jangan khawatir sebab Justika siap membantu Anda dengan menyediakan layanan konsultasi hukum dengan para Mitra Advokat profesional, di antaranya:

Layanan Konsultasi Chat

Konsultasi hukum kini lebih mudah dan terjangkau menggunakan layanan konsultasi chat dari Justika. Kunjungi laman ini dan ketik permasalahan hukum yang ingin ditanyakan pada kolom chat. Selanjutnya Anda bisa melakukan pembayaran sesuai dengan instruksi. Tunggu sesaat dan sistem akan segera mencarikan konsultan hukum yang sesuai dengan permasalahan Anda.

Layanan Konsultasi via Telepon

Apabila fitur chat tidak mengakomodir kebutuhan, Anda bisa memanfaatkan layanan konsultasi via telepon dari Justika. Dengan layanan ini, Anda bisa mengobrol dengan Mitra Konsultan Hukum dengan lebih mudah dan efektif melalui telepon selama 30 atau 60 menit (sesuai pilihan Anda), untuk berdiskusi lebih detail mengenai permasalahan hukum yang dialami.

Layanan Konsultasi Tatap Muka

Ingin berdiskusi lebih lanjut? Tenang, Anda juga dapat berkonsultasi secara langsung dengan para Mitra Advokat Justika secara lebih leluasa lewat layanan Konsultasi Tatap Muka. Adapun lama diskusi sekitar 2 jam (dapat lebih apabila Mitra Advokat bersedia). Selama pertemuan, Anda dapat bercerita, mengajukan pertanyaan secara lebih bebas dan mendalam, termasuk menunjukan dokumen-dokumen yang relevan.

Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.