Tidak sedikit orang yang bertanya-tanya mengenai apa tujuan di buat digital law. Salah satu alasan mengapa pada digital law yaitu adalah kemajuan teknologi dan informasi. Ternyata kemajuan teknologi dan informasi tidak hanya memberikan dampak positif tetapi juga dampak negatif.

Mungkin saja Anda sudah bisa merasakan berbagai macam dampak positif dari menggunakan teknologi seperti misalnya internet dan komputer. Dengan menggunakan internet sekarang Anda bisa terhubung dengan orang dari belahan bumi manapun.

Komputer juga merupakan salah satu alat yang banyak digunakan dalam berbagai macam aspek kehidupan. Seperti misalnya Ketika Anda bersekolah, Bekerja, atau bahkan ketika bermain. Berita dikatakan jika teknologi ini membuat manusia dapat mengerjakan sesuatu dengan sangat praktis.

Akan tetapi ternyata dampak negatif yang ditimbulkan dari kemajuan teknologi. Contoh kasus yang berkaitan dengan digital Law yaitu adalah penipuan dengan menggunakan email ataupun aplikasi chatting seperti Whatsapp dan Telegram.

Bisa dikatakan ada banyak sekali kasus yang melibatkan teknologi digital di era modern seperti saat ini. Beberapa orang bahkan harus mengalami kerugian yang tidak sedikit akibat menjadi korban penipuan dengan menggunakan internet dan komputer.

Beberapa Tujuan di Buat Digital Law

Di negara Indonesia sendiri bisa dikatakan cukup sering terjadi kasus cybercrime. Cybercrime merupakan tindak kejahatan yang menggunakan media elektronik atau menggunakan internet. 

Oleh karena itu penerapan digital law di Indonesia bisa dikatakan sangat penting. Tujuan utamanya yaitu adalah untuk melakukan pencegahan dan juga sebagai dasar hukum untuk mengadili orang-orang yang melakukan kejahatan di dunia maya.

Tentunya kejahatan di dunia maya memiliki karakteristik tersendiri yang mungkin aturan hukum konvensional belum bisa menanganinya dengan baik. Oleh karena itu perlu ada aturan khusus yang dibentuk untuk menangani kejahatan di dunia maya.

Apalagi sekarang para pelaku kejahatan di dunia maya memiliki modus yang sangat beragam dan sangat sulit untuk terlacak. Bisa dikatakan jika pelaku kejahatan di dunia maya sangat sulit untuk diadili karena memang barang buktinya tidak banyak dan sulit untuk didapatkan.

Oleh Karena itu dibutuhkan kerja keras oleh aparat penegak hukum di Indonesia untuk Melakukan penegakan hukum cybercrime. Sangat diharapkan nantinya penegak hukum di Indonesia bisa memberikan rasa aman kepada masyarakat ketika berselancar di dunia maya.

Manfaat Adanya Digital Law di Negara Indonesia

Sampai disini seharusnya Anda sudah memiliki pemahaman mengenai perbedaan cyber crime dengan digital law. Cybercrime adalah tindak kejahatan yang menggunakan teknologi seperti misalnya internet dan komputer dalam aksinya.

Sedangkan digital law adalah sebuah aturan atau dasar hukum yang dibuat untuk melakukan pencegahan atau menangani cybercrime atau kejahatan dengan menggunakan sarana elektronik atau internet.

Manfaat utama dari digital Law yaitu adalah memberikan dasar hukum yang jelas mengenai tindakan tindakan pelanggaran hukum di dunia maya. Dengan adanya dasar hukum yang jelas tentunya akan memberikan keamanan kepada para pengguna internet dan alat elektronik seperti komputer .

Karena saat ini, hampir seluruh bidang kehidupan sudah dimasuki oleh teknologi seperti internet dan komputer. Keamanan para pengguna internet dan komputer di Indonesia tentunya harus dilindungi dengan hukum.

Karena berbagai macam modus kejahatan di dunia maya berkembang dengan sangat besar dan membahayakan para pengguna internet di Indonesia. Beberapa orang bahkan telah menjadi korban dan mengalami yang tidak sedikit.

Demi menghindarkan diri Anda dari kejahatan cyber itunya juga harus berhati-hati ketika menggunakan internet dan teknologi seperti komputer. Sangat penting untuk menjaga keamanan akun Anda dengan tidak memberikan user dan password kepada orang lain.

Selain itu ketika ada seseorang yang tidak dikenal mengirimkan pesan atau sebuah link sebaiknya tidak usah di respon. Karena ini juga bisa menjadi salah satu cara untuk membobol akun Anda.

Para pelaku kejahatan di dunia maya semakin hebat dalam menjalankan aksinya. Oleh karena itu, kita juga harus semakin cerdas dalam menggunakan teknologi agar tidak menjadi korban cyber crime.

Kasus cybercrime bisa terjadi kepada siapa saja dan dimana saja. Dengan demikian bisa ditarik kesimpulan digital law sangat penting di Indonesia. Karena tujuan di buat digital law yaitu adalah untuk mencegah dan mengatasi kejahatan di dunia maya yang semakin marak terjadi.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.