Penerapan digital law di Indonesia memang masih menjadi sorotan tajam. Seiring dengan kemajuan digital ada banyak sekali tindakan tindakan kriminal yang menggunakan alat-alat digital seperti misalnya komputer.

Aturan hukum mengenai para pelaku cybercrime memang belum diatur secara khusus di dalam undang-undang. Akan tetapi ada beberapa pasal yang bisa digunakan untuk menjerat para pelaku kejahatan di dunia maya atau cyber.

Tujuan dibuat digital law sudah sangat jelas yaitu untuk mengurangi berbagai macam kasus kejahatan di dunia maya. Digital law merupakan salah satu dasar hukum yang akan digunakan untuk menangani berbagai macam kejahatan yang berkaitan dengan sarana elektronik dan komputer. 

Di Indonesia sendiri tindakan kejahatan seperti misalnya pembobolan website, pembobolan kartu ATM, pembubaran akun media sosial cukup sering terjadi. Akan tetapi sayangnya para pelaku jarang bisa ditindak, karena memang hal tersebut cukup sulit untuk dibuktikan.

Padahal tindak kejahatan menggunakan teknologi seperti internet biasanya bisa memberikan kerugian yang tidak sedikit bagi para korbannya. Beberapa korban yang berhasil di tubuh harus menderita kerugian hingga miliaran rupiah bahkan lebih dari itu.

Oleh karena itu masalah cybercrime bisa dikatakan Harus menjadi salah satu perhatian khusus dari Pemerintah Indonesia. Apalagi di era modern seperti saat ini segala sesuatunya dituntut untuk menggunakan teknologi agar bisa digunakan secara praktis.

Penegakan Digital Law di Indonesia Masih Sangat Lemah

Digital merupakan aspek hukum yang ruang lingkupnya meliputi aspek yang berhubungan dengan orang atau subjek hukum di mana dimulai dari saat orang tersebut online atau memasuki dunia maya.

Kasus-kasus kejahatan dengan menggunakan teknologi seperti internet dan komputer sangat marak terjadi di Indonesia. Akan tetapi sayangnya proses penegakan hukum masih sangat lemah.

Contoh kasus yang berkaitan dengan digital law yaitu adalah penipuan melalui email atau SMS. Modus yang dilakukan pelaku adalah menggunakan Akun yang dimiliki oleh korban untuk menghubungi orang-orang terdekat.

Setelah itu akan melakukan beberapa tipu muslihat sehingga bisa mendapatkan uang atau keuntungan lainnya dari teman dekat korban. Ini sangat sering terjadi dan sangat meresahkan akan tetapi sayangnya para pelaku jarang bisa ditangkap.

Para penegak hukum di Indonesia terutama polisi cyber memang harus bekerja keras. Dibutuhkan juga aturan atau undang-undang yang secara spesifik menangani berbagai macam kejahatan di dunia maya.

Karena pada kenyataannya kejahatan pada dunia maya benar-benar mengancam orang-orang di era modern seperti saat ini. Dimana sebagian besar aspek kehidupan telah menggunakan teknologi serba canggih dan tentunya rawan terhadap cybercrime.

Pentingnya Digital Law di Indonesia

Di era modern seperti saat ini sepertinya Sebagian besar orang Indonesia sudah menggunakan internet atau teknologi komputer. Akan tetapi sayangnya wawasan mengenai keamanan ketika menggunakan internet atau komputer di Indonesia masih sangat rendah.

Tidak sedikit warga Indonesia sendiri yang masih menggunakan sebuah teknologi dengan cara-cara yang salah sehingga menyebabkan tingginya kasus cybercrime di Indonesia.

Mungkin beberapa dari Anda ada yang belum tahu apa perbedaan cyber crime dengan digital law. Cybercrime adalah tindak kejahatan yang melibatkan teknologi seperti internet atau alat komputer lainnya.

Sedangkan digital law dapat diartikan sebagai sebuah aturan yang dibuat untuk mengatur berbagai macam tindak kejahatan cybercrime. Oleh karena itu bisa disimpulkan cara menangani cybercrime adalah membuat digital law yang berkualitas.

Walaupun tentunya nantinya pada proses penerapannya akan dipengaruhi oleh berbagai macam faktor. Salah satu faktor yang akan sangat mempengaruhi yaitu adalah aparat penegak hukum di Indonesia.

Aparat penegak hukum di Indonesia harus bisa bekerja dengan profesional dan cerdas. Karena memang untuk kasus cybercrime ini dibutuhkan kemampuan khusus untuk menanganinya. Kejahatan di dunia maya memang lebih sulit untuk diungkap. 

Hal ini dikarenakan jejaknya tidak terlalu banyak dan mudah dihilangkan. Untuk menegakkan digital law juga dibutuhkan peran aktif dari masyarakat. Dimana masyarakat harus dengan aktif menjaga keamanan ketika berselancar di dunia maya. 

Selain itu sangat penting juga untuk melaporkan kepada pihak berwajib mengenai hal-hal yang mencurigakan. Digital law di Indonesia merupakan salah satu hal yang sangat penting karena tingkat kejahatan cyber yang cukup tinggi dapat menimbulkan kerugian yang besar.

Konsultasikan Perihal Digital Law di Indonesia

Dengan semakin berkembangnya era digital, hal ini membuat banyak dampak baik positif hingga negatif yang bisa terjadi. Sehingga dari pemerintah sendiri juga perlu adanya peraturan yang mengenai hal tersebut. Untuk itu, Anda bisa berkonsultasi dengan advokat terpercaya yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun dengan seleksi yang ketat di Justika guna mendapatkan solusi atas permasalahan Anda. Manfaatkan 3 layanan berbayar dari Justika, yakni Konsultasi via chat, konsultasi via telepon hingga konsultasi via tatap muka. 

Konsultasi via Chat

Kini, konsultasi chat dengan advokat berpengalaman hanya mulai dari Rp 30.000 saja. Dengan harga tersebut Anda sudah bisa mendapatkan solusi permasalahan hukum Anda dengan cara menceritakan permasalahan yang dihadapi melalui kolom chat. Nantinya sistem akan mencari advokat guna membantu menyelesaikan permasalahan Anda. 

Konsultasi via Telepon

Untuk permasalahan yang membutuhkan solusi lebih lanjut, Anda bisa memanfaatkan layanan konsultasi telepon mulai dari Rp 350.000 selama 30 menit atau Rp 560.000 selama 60 menit. 

Konsultasi via Tatap Muka

Konsultasi tatap muka bisa dilakukan ketika Anda benar-benar membutuhkan saran secara langsung dari advokat terpercaya untuk kasus yang lebih rumit. Hanya dengan Rp 2.200.000 saja, Anda sudah bisa bertemu secara langsung selama 2 jam untuk bertanya lebih dalam hingga menunjukkan dokumen-dokumen yang relevan untuk membantu permasalahan Anda


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.