Saat ini cara menghindari cyber crime termasuk skill paling penting yang harus dimiliki umat manusia. Terutama Anda yang sehari-hari memang senang memakai internet. Baik untuk kebutuhan biasa maupun pekerjaan.

Tentunya harus selalu waspada karena ternyata sudah banyak muncul potensi kejahatan dunia maya. Bahkan yang sudah memiliki perlindungan data bagus sekalipun. Tetap harus pandai melakukan aktivitas internet agar aman.

Harus diketahui kalau dunia internasional, kejahatan seperti ini tidak main-main jumlahnya. Sekitar 10-15 kasus selalu terjadi dalam setiap detik. Tidak heran satu hari bisa muncul puluhan ribu atau bahkan jutaan.

Belum lagi untuk jenis cyber crime tersebut bentuknya cukup bervariasi. Para pelaku melakukan banyak modus berbeda agar korban terjerat dengan mudah. Baik saat melakukan pencurian data maupun kejahatan lainnya.

Panduan dan Cara Menghindari Cyber Crime Termudah

Melihat seperti ini kita diwajibkan untuk pandai melakukan penanganan tepat. Terutama agar crime tidak terjadi pada diri Anda sendiri. Termasuk juga apabila ingin mengajarkan pada orang lain agar bisa menghindarinya.

Melindungi Gadget

Untuk panduan menghindari kejahatan siber yang pertama adalah rajin melindungi gadget. Tentu perlindungan tersebut berhubungan dengan komputer atau smartphone yang dipakai. Paling utama berupa akses dan perlindungan.

Tujuan utamanya dari cara menghindari cyber crime yang satu ini adalah agar tidak terdapat pihak secara sewenang-wenang memakai data Anda. Misalnya melakukan hal yang tidak kita kehendaki sebelumnya. Termasuk disini jangan mencoba aplikasi maupun software bajakan.

Mungkin awalnya kita terbantu karena software tersebut berguna dengan baik. Tapi ada risiko buruk misalnya adanya malware maupun spyware di dalamnya. Terlebih karena umumnya gratisan, maka bebas dimodifikasi orang.

Pasang Software Keamanan

Dalam melaksanakan cara melindungi diri dari kejahatan dunia maya secara efektif, jangan lupa pasang software keamanan. Tapi tentunya jangan pakai software gratisan. Terutama agar dapat bekerja dengan maksimal.

Selain itu software keamanan tersebut juga up to date agar berguna dengan baik. Terutama menyelesaikan masalah potensi kejahatan yang mungkin muncul. Agar lebih baik, bisa juga menambah data encryption.

Biasanya data encryption bisa Anda pasang pada WiFi untuk kebutuhan pribadi atau kantor. Harus terpasang data encryption agar tidak terkena hacking. Terutama jika ada akses tidak sah mencoba masuk.

Selalu waspada

Cara menghindari cyber crime selanjutnya yaitu dengan meningkatkan nilai kewaspadaan setiap saat. Tidak boleh terpercaya dengan informasi seperti email, telepon, SMS dan sejenisnya. Apalagi jika berasal dari pihak asing.

Hal ini termasuk dengan memeriksa setiap data bank maupun kartu kredit. Umumnya beragam data tersebut bisa terkirim lewat internet. Dengan melindungi dari awal, maka kebocoran data tidak mungkin muncul.

Ganti Kata Sandi dan Backup Data

Anda juga bisa sering ganti kata sandi dan backup data dalam waktu tertentu sebagai cara menghindari cyber crime. Untuk pergantian kata sandi biasanya tidak boleh terlalu sederhana. Jadi, tetap ada kombinasi huruf, angka dan simbol.

Keamanan kata sandi atau password dapat semakin terjamin jika Anda sering melakukan backup data. Misalnya berupa data foto, video maupun dokumen penting. Kalaupun hilang dan tercuri, masih dapat kita backup.

Hindari Membagikan Informasi Pribadi

Kita juga perlu hindari membagikan informasi pribadi ke media sosial. Meski awalnya hanya berbagi untuk sekedar lucu-lucuan, potensinya berbahaya. Terutama jika data pribadi ternyata disalahgunakan.

Saat ini sanksi pidana untuk pelaku cyber crime berhubungan dengan pencurian informasi pribadi sering sulit terlacak. Bahkan sebelumnya harus melaporkan pada pihak berwajib agar bisa segera diatasi.

Melaporkan Kejahatan

Terakhir, Anda juga disarankan agar segera melaporkan kejahatan jika memang muncul. Terutama karena sudah ada undang-undang cyber crime yang tercatat secara resmi. Jadi, bisa mencobanya agar terhindari dari masalah.

Saat ini pihak berwenang seperti kepolisian sudah memiliki badan khusus. Terutama yang mampu mengatur crime berhubungan dengan ITE. Bahkan hal ini sebelumnya dapat dilaporkan secara online sehingga lebih sederhana.

Hak ini juga termasuk seperti penipuan berupa penjualan yang menjanjikan. Misalnya harga terlalu murah dan bonus yang begitu mewah. Apalagi jika terdapat keluarga ataupun teman yang terkena penipuan tersebut.
Jika melakukan panduan tersebut, pasti selalu aman saat melakukan segala aktivitas berhubungan dengan internet. Bukan hanya untuk sekarang tapi di masa mendatang. Cara menghindari cyber crime pasti selalu berguna.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.