Sanksi hukum pelaku pelecehan verbal bisa dikatakan cukup berat di negara Indonesia. Akan tetapi sayangnya, banyak dari para pelaku pelecehan verbal yang tidak ditindak sebagaimana mestinya karena tidak adanya keberanian dari para korban untuk melapor.

Dalam beberapa tahun terakhir isu mengenai pelecehan verbal yang sering terjadi di negara Indonesia kembali mencuat. Salah satu alasan utamanya yaitu adalah banyak sekali orang-orang yang yang bersuara mengenai pelecehan seksual yang dialami di medsos dalam hal ini bisa secara pelecehan verbal hingga nonverbal.

Di era teknologi seperti saat ini setiap orang bisa mengakses berbagai macam informasi dengan mudah. Dalam beberapa tahun terakhir ada banyak sekali kasus pelecehan seksual baik bersifat verbal atau nonverbal yang viral di media sosial.

Jenis Jenis pelecehan verbal yang terjadi juga sangat beragam. Tapi sayangnya, kasus seperti ini sepertinya tidak ditangani dengan baik oleh pemerintah Indonesia. Salah satu penyebab utamanya yaitu adalah tidak ada laporan yang masuk dari para korban.

Oleh karena itu jika Anda mengalami pelecehan baik secara verbal maupun nonverbal sangat disarankan untuk melaporkan kepada pihak berwajib. Ini sangat penting untuk memberikan hukuman bagi para pelaku sehingga tidak mengulangi perbuatannya lagi.

Sanksi Hukum Pelaku Pelecehan Verbal Cukup Berat

Sebaiknya Anda harus berhati-hati ketika berkomentar atau melakukan tindakan bernada sensual kepada orang lain. Dikarenakan hukuman penjara maksimal selama 2 tahun 8 bulan menanti Anda jika terbukti melakukan tindakan pelecehan secara verbal.

Oleh karena itu Anda harus berhati-hati ketika berkomentar di media sosial ataupun menyapa seseorang yang tidak dikenal di tempat umum. Jangan sampai membuat orang tersebut merasa tersinggung atau merasa direndahkan dengan tindakan Anda.

Jika Anda terbukti melakukan pelecehan secara verbal mungkin bukan hanya sanksi pidana yang akan didapatkan akan tetapi juga sanksi sosial. Orang-orang di sekitar Anda mungkin akan menjauhi Anda.

Kemungkinan buruk lainnya yang mungkin terjadi yaitu adalah Anda dipecat dari pekerjaan. Oleh karena itu sangat disarankan untuk bersifat sopan dan santun kepada lawan jenis untuk menghindari sanksi hukum pelaku pelecehan verbal.

Sekarang ini di Indonesia banyak sekali terjadi kasus pelecehan verbal yang bahkan dilakukan oleh anak-anak di bawah umur. Banyak sekali anak-anak yang mengucapkan kata-kata kata kotor kepada lawan jenis di tempat-tempat umum.

Ini tentunya menjadi sesuatu hal yang sangat memprihatinkan. Mengingat anak-anak adalah generasi muda yang nantinya akan memimpin bangsa Indonesia kedepannya.

Tips Menanggapi Candaan Bernada Pelecehan Secara Verbal

Tanpa disadari terkadang orang orang melontarkan candaan bernada pelecehan secara verbal. Ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan ketika mendapati orang-orang Teman-teman Anda melakukan candaan bernada pelecehan secara verbal.

  1. Mengungkapkan dengan tegas bahwa Anda tidak menyukai candaan yang dilontarkan

Langkah pertama yang harus Anda ambil yaitu adalah mengungkapkan dengan tegas bahwa candaan yang dilontarkan sangat tidak pantas dan Anda tidak merasa nyaman.

Ini sangat penting untuk dilakukan agar mengerti bahwa apa yang dilakukan itu salah. Dikarenakan Terkadang seseorang tidak menyadari bahwa dirinya melontarkan kata-kata yang merendahkan orang lain.

  1. Menghindari orang-orang yang sering bercanda mengenai hal-hal seksual

Langkah selanjutnya yang dapat Anda lakukan itu adalah menghindari orang-orang yang sering bercanda dengan hal-hal seksual. Karena memang ada sebagian orang yang suka bercanda dengan hal-hal sesuai bahkan mengucapkan kata-kata kotor.

Anda juga bisa menjelaskan kepada orang tersebut mengenai adanya pasal pelecehan secara verbal. Ini mungkin akan menyadarkan orang tersebut agar tidak bercanda mengenai hal-hal seksual lagi karena dapat membuat orang lain merasa tersinggung.

  1. Tidak perlu memberi respon

Jika ada orang di sekitar Anda yang melontarkan candaan bernada seksual maka sebaiknya tidak usah memberi respon apapun. Anda Bisa bersikap tidak peduli atau tidak memperhatikan apa yang dilakukan.

Akan tetapi jika beberapa hal diatas sudah dilakukan tetapi tidak digubris maka tidak ada salahnya untuk melaporkan kepada pihak berwajib. Cara melaporkan kasus pelecehan verbal kepada pihak kepolisian bisa dikatakan cukup mudah yang terpenting Anda memiliki bukti yang cukup .

Oleh karena itu jika Anda merasa mengalami pelecehan secara verbal maka bisa melakukan perekaman melalui ponsel untuk dijadikan bukti melakukan laporan. Dengan menerima sanksi hukum pelaku pelecehan verbal mungkin bisa membuat para pelaku merasa jera.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.