Jenis jenis pelecehan verbal yang bisa terjadi sangat beragam. Salah Satu hal yang sangat memprihatinkan yaitu adalah banyak sekali kasus pelecehan verbal yang terjadi melibatkan anak-anak dibawah umur.

Salah Satu Alasan utamanya yaitu adalah sex education di negara Indonesia masih sangat rendah. Padahal beberapa pakar mengatakan jika anak-anak seharusnya sudah diajarkan mengenai sex education sejak dini.

Sangat Penting mengajarkan kepada anak sex education agar terhindar dari berbagai macam pelecehan seksual termasuk pelecehan verbal. Ini Sangat penting untuk dilakukan supaya anak mengerti apa yang tidak boleh dilakukan terhadap dirinya.

Pasal pelecehan secara verbal sudah jelas tercantum di dalam undang-undang. Oleh karena itu, jika Anda mengalami pelecehan secara verbal Harus memiliki keberanian untuk mengungkapkan paling tidak kepada orang-orang terdekat, Sehingga nantinya bisa diteruskan kepada pihak berwajib.

Saat Ini masih banyak pelaku pelecehan secara verbal yang tidak mendapatkan hukuman akibat para korbannya tidak berani melapor. Tentunya pihak berwajib tidak akan melakukan tindakan jika tidak ada laporan yang masuk.

Padahal Sebenarnya cara melaporkan kasus pelecehan verbal cukup mudah. Jika Anda tidak bisa atau tidak Berani maka bisa menceritakan apa yang Anda alami kepada orang-orang terdekat. Dia nantinya orang-orang disekitar yang mengurusi pelaporan mengenai kasus yang Anda alami. 

Mengenal Apa Itu Pelecehan Secara Verbal?

Tidak Sedikit orang belum mengerti apa yang dimaksud mengenai pelecehan seksual secara verbal. Secara garis besar pelecehan seksual dibagi menjadi dua yaitu adalah pelecehan secara verbal dan nonverbal.

Pelecehan Secara verbal adalah pelecehan yang merujuk pada tindakan verbal seperti menggunakan lisan maupun gerakan tubuh tertentu tanpa melibatkan sentuhan fisik.

Beberapa Sumber menyebutkan sebagian besar wanita pernah mengalami pelecehan verbal. Yang memprihatinkan adalah banyak dari para wanita mengalami pelecehan verbal akan tetapi tidak mengetahui bahwa sedang dilecehkan.

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya jenis jenis pelecehan verbal itu sangat beragam. Sangat penting bagi Anda untuk mengetahui berbagai macam jenis pelecehan verbal. Ini akan Sangat berguna agar nantinya ketika mendapatkan pelecehan verbal mengerti apa yang harus dilakukan.

Indonesia sendiri kasus pelecehan verbal sangat marak terjadi di tempat-tempat umum. Biasanya ini terjadi pada para kaum perempuan yang sedang bepergian sendirian. Oleh Karena Itu, sebaiknya Anda para perempuan tidak pergi sendirian apalagi ketika sudah larut malam.

Jenis Jenis Pelecehan Verbal yang Umum Terjadi

Tentunya sangat memprihatinkan jika melihat begitu banyak kasus pelecehan secara verbal yang terjadi di Indonesia. Berikut beberapa kasus pelecehan secara verbal yang umum dilakukan di Indonesia.

  1. Bersiul

Salah Satu Hal yang sering dilakukan oleh para lelaki untuk menggoda perempuan yaitu adalah dengan siulan. Tidak jarang para lelaki bersyukur Ketika ada seorang wanita cantik yang melintas di depannya.

  1. Komentar Bernada seksual atau cabul

Hal yang sering terjadi di yaitu adalah komentar dengan ada seksual atau cabul. Hal seperti ini tidak hanya terjadi pada dunia nyata akan tetapi pada dunia maya seperti sosial media.

Hal Seperti ini biasanya terjadi ketika ada seorang perempuan yang mengumbar foto atau Video dengan bagian sedikit terbuka. Jika Anda mengalami komentar seperti dan merasa tidak nyaman tidak ada salahnya untuk melaporkan kepada pihak berwajib

Sanksi hukum pelaku pelecehan verbal bisa dikatakan cukup berat. Oleh karena itu Anda harus berhati-hati ketika ingin berkomentar di media sosial atau mengungkapkan kekaguman terhadap seseorang secara langsung.

  1. Menjilat atau menggigit bibir 

Hal lain yang sangat mungkin dilakukan oleh orang-orang ketika ingin menggoda orang lain yaitu adalah menjilat atau menggigit bibir dengan gerak tubuh berkonotasi seksual.

Hal Seperti ini merupakan salah satu kegiatan yang sangat mudah dilakukan. Jika Anda pernah mengalami hal ini alangkah baiknya langsung menegur orang tersebut dan mengatakan ketidaknyamanannya.

Selain beberapa hal di atas sebenarnya masih banyak lagi yang tergolong dalam pelecehan secara verbal. Karena memang, pelecehan secara verbal ini memiliki bentuk yang sangat beragam. Sangat penting bagi Anda mengetahui jenis jenis pelecehan verbal yang ada.

Konsultasikan Dengan Justika Mengenai Masalah Pelecehan Verbal

Masih banyak ditemukan orang-orang yang dengan sengaja melakukan pelecehan verbal. Padahal tindakan tersebut bisa dilaporkan. Untuk itu, Justika menyediakan layanan berbayar bagi Anda untuk mendapatkan nasihat hukum yang spesifik dengan para Mitra Advokat profesional yang berpengalaman lebih dari 5 tahun, di antaranya:

Layanan Konsultasi Chat

Konsultasi hukum kini lebih mudah dan terjangkau hanya dengan Rp. 30.000 saja menggunakan layanan konsultasi chat dari Justika. Kunjungi laman ini dan ketik permasalahan hukum yang ingin ditanyakan pada kolom chat. Selanjutnya Anda bisa melakukan pembayaran sesuai dengan instruksi. Tunggu sesaat dan sistem akan segera mencarikan konsultan hukum yang sesuai dengan permasalahan Anda.

Layanan Konsultasi via Telepon

Apabila fitur chat tidak mengakomodir kebutuhan, Anda bisa memanfaatkan layanan konsultasi via telepon dari Justika. Dengan layanan ini, Anda bisa mengobrol dengan Mitra Konsultan Hukum dengan lebih mudah dan efektif melalui telepon selama 30 hanya dengan Rp. 350.000 saja atau Rp. 560.000 selama 60 menit (sesuai pilihan Anda), untuk berdiskusi lebih detail mengenai permasalahan hukum yang dialami.

Layanan Konsultasi Tatap Muka

Ingin berdiskusi lebih lanjut? Tenang, Anda juga dapat berkonsultasi secara langsung dengan para Mitra Advokat Justika secara lebih leluasa lewat layanan Konsultasi Tatap Muka. Adapun lama diskusi sekitar 2 jam hanya Rp. 2.200.000 saja (dapat lebih apabila Mitra Advokat bersedia). Selama pertemuan, Anda dapat bercerita, mengajukan pertanyaan secara lebih bebas dan mendalam, termasuk menunjukan dokumen-dokumen yang relevan.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.