Cara melaporkan kasus pelecehan verbal sangat penting untuk diketahui oleh para wanita yang sering menjadi korban dari pelecehan secara verbal. Pelecehan secara verbal memang umum terjadi pada kaum wanita yang sedang bepergian sendirian.

Karena masih rendahnya pendidikan seksual di Indonesia membuat banyak para wanita bahkan justru merasa senang ketika sedang mengalami pelecehan seksual secara verbal. Banyak dari wanita yang tidak merasa bahwa dirinya sedang dikerjakan.

Itulah mengapa beberapa orang mengemukakan pendapatnya mengenai sex education yang masih sangat rendah di Indonesia. Banyak orang menonton agar pemerintah dan para orang tua memberikan sex education kepada anak-anak sejak usia dini.

Selain membekali anak-anak supaya bisa terhindar dari berbagai macam tindakan pelecehan seksual hingga pelecehan verbal, sex education juga dapat meminimalisir kegiatan seksual yang menyimpang.

Beberapa korban pelecehan verbal bahkan mengalami trauma yang mendalam sehingga tidak bisa menjalani hidupnya dengan normal. Oleh karena itu banyak sekali orang yang menganggap bahwa isu mengenai pelecehan seksual ini harus segera diatasi oleh pemerintah. Anda juga perlu tahu bagaimana cara melaporkan kasus pelecehan verbal tersebut.

Langkah-langkah Cara Melaporkan Kasus Pelecehan Verbal

Untuk membuktikan adanya pelecehan secara verbal memang tidak semudah membuktikan kasus pelecehan secara non verbal. Akan tetapi bukan tidak mungkin untuk membuktikan adanya kasus pelecehan secara verbal.

Sanksi hukum pelaku pelecehan verbal juga bisa dikatakan cukup tegas. Jika menggunakan pasal 218 KUHP maka hukuman paling berat dari seorang pelaku pelecehan verbal yaitu adalah 2 tahun 8 bulan penjara. 

  1. Pertama yang harus dilakukan dan untuk melaporkan kasus pelecehan verbal yaitu adalah mengumpulkan bukti-bukti. Sangat penting bagi Anda Untuk mengumpulkan bukti-bukti yang kuat agar nantinya laporan bisa diterima.
  2. Jika Anda merupakan seorang perempuan maka bisa mendatangi pusat pelayanan terpadu pemberdayaan perempuan untuk mendapatkan perlindungan. Ini merupakan lembaga yang akan memberikan bantuan bagi para kaum perempuan yang mengalami kasus kekerasan.
  3. Jika memungkinkan Anda bisa melakukan konsultasi terhadap ahli hukum terlebih dahulu. Setelah berkonsultasi dan bukti-bukti sudah dirasa cukup selanjutnya melaporkan kasusu pelecehan verbal tersebut pada pihak kepolisian.
  4. Jika Anda merasa trauma maka bisa menceritakan kasus kepada orang terdekat atau keluarga, supaya mereka yang mengurusi seluruh cara melaporkan kasus pelecehan verbal yang Anda alami.

Salah satu hal yang terpenting bagi para kaum pelecehan seksual yaitu adalah jangan pernah takut untuk melaporkan kepada pihak kepolisian. Karena sebagian besar wanita biasanya merasa malu atau merasa takut ketika ingin melaporkan pelecehan yang dialami.

Hal-hal yang Harus Dilakukan Jika Menjadi Korban Pelecehan Secara Verbal

Sampai saat ini masih marak terjadi pelecehan secara verbal di Indonesia. Ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh para korban pelaku pelecehan secara verbal agar bisa memberikan efek jera kepada para pelaku.

  1. Jangan merasa takut

Jika Anda mengalami pelecehan secara verbal di tempat umum jangan pernah merasa takut. Anda harus memberanikan diri menegur dan menyatakan keberatan Anda terhadap hal yang dilakukan.

Jenis jenis pelecehan verbal sendiri sangat banyak. Oleh karena itu sangat penting bagi Anda untuk mengetahui berbagai macam jenis pelecehan verbal.

  1. Merekam apa yang dilakukan sebagai bukti

Jika memungkinkan sangat disarankan untuk merekam apa yang terjadi pada diri Anda untuk bukti jika nantinya akan melakukan laporan kepada polisi. Jika ada bukti seperti video maka bisa dengan mudah bagi pihak kepolisian untuk mengusut tuntas kasus tersebut.

Pasal pelecehan secara verbal sudah jelas tercantum di dalam undang-undang. Jadi, di melaporkan pelaku pelecehan secara verbal merupakan tindakan yang harus dilakukan agar kejadian seperti itu tidak terus berulang.

  1. Membuat laporan resmi kepada pihak kepolisian

Sangat penting bagi Anda untuk membuat laporan resmi kepada pihak kepolisian jika mengalami tindak pelecehan. Anda tidak usah merasa takut atau malu karena nantinya pihak kepolisian akan menjamin keselamatan dan keamanan Anda.

Jika hal tersebut terjadi pada lingkungan kerja Anda bisa menyampaikan juga terhadap atasan atau teman-teman rekan di kantor. Agar nantinya pelaku pelecehan seksual bisa ditindak sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang diberlakukan.

Keberanian para korban dari pelecehan seksual secara verbal untuk melakukan pelaporan kepada pihak kepolisian memang masih sangat rendah di negara Indonesia. Tidak sedikit juga masih banyak yang belum tahu cara melaporkan kasus pelecehan verbal di Indonesia. 


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.