Sebagai bentuk pelecehan seksual, banyak orang belum tahu langkah hukum menghadapi cat calling secara benar. Catcalling merupakan suatu bentuk pelecehan seksual yang dilakukan di ruang publik dalam kehidupan sehari-hari.

Pada umumnya, catcalling ditemukan dilakukan ketika seseorang berada di tempat fasilitas umum atau jalanan. Sebagian besar kasus catcalling yang ditemukan di Indonesia menimbulkan korban bagi seorang perempuan berusia remaja.

Bagi Anda yang pernah merasakan sebagai korban catcalling, sekarang tidak perlu khawatir karena bisa dipidanakan. Di mata hukum, catcalling menjadi tindakan pelecehan seksual yang harus dicegah dalam kehidupan bermasyarakat.

Adapun pasal untuk tindakan cat calling yang berlaku di Indonesia dapat menghukum para pelak pelecehan seksual. Dalam menghadapi kasus catcalling, sebaiknya Anda melakukan secara tenang agar bisa menghukum pelaku.

Setiap korban bisa melakukan pengaduan secara hukum ketika menghadapi pelecehan seksual di ruang publik. Inilah langkah menghadapi catcalling secara mudah secara resmi di mata hukum yang dapat membantu korban.

Langkah Hukum Menghadapi Cat Calling

Jika Anda menjadi korban tindakan kekerasan seksual verbal atau non verbal, jangan khawatir karena bisa diproses secara hukum. Dalam kehidupan sehari-hari, banyak masyarakat di Indonesia yang masih menganggap catcalling wajar.

Apabila sedang menghadapi pelecehan seksual, pertama harus tenang, jangan langsung menggunakan emosi. Sebab pelaku akan memberlakukan korban secara kejam apabila Anda cenderung mengalami emosi berlebihan saat dilecehkan secara catcalling.

Langkah pertama sebagai bentuk mempertahankan diri agar tidak dirugikan, korban harus berani berbicara terhadap keluarga sendiri. Jangan takut ketika sedang membicarakan masalah bersama keluarga pasti ada jalan keluarnya.

Dengan menerapkan langkah hukum menghadapi cat calling menyelesaikan secara internal, harus bertemu keluarga pelaku. Hal ini bertujuan agar pelaku meminta maaf dan mengakui kesalahan bahwa melecehkan korban dan mengakibatkan kerugian.

Perlu diketahui apabila pelaku kejahatan seksual yang melakukan cat calling tidak mau menyelesaikan hal tersebut, sebaiknya bawa ke mata hukum. Anda bisa melaporkan ke pihak berwajib dengan beberapa bukti.

Melapor ke Pihak Berwajib untuk Menghadapi Pelaku Cat Calling

Tindakan catcalling merugikan korban yang umumnya dirasakan oleh kaum perempuan di Indonesia. Sebagai korban, langkah selanjutnya ketika ingin menyelesaikan masalah catcalling disarankan melapor ke pihak berwajib di sekitar tempat Anda.

Mengingat akibat tindakan cat calling bukan hal yang patut diremehkan, sebab banyak orang mengalami kerugian secara langsung. Lakukan penyelesaian masalah langsung dengan mendatangi pihak kepolisian seperti polsek setempat.

Dengan mengumpulkan bukti yang ada, otomatis proses hukum akan berjalan bagi pelaku catcalling. Apalagi jika pelecehan sudah di luar hal normal, pasti akan dijatuhi hukuman sesuai pasal yang berlaku. 

Tujuan mendatangi pihak berwajib sebagai langkah hukum menghadapi cat calling secara benar. Anda akan merasakan keadilan yang diproses secara langsung, kemudian akan ditemukan beberapa pelanggaran dari seorang pelaku catcalling.

Pelaku bisa melanggar peraturan perundang-undangan atau norma yang belaku di kehidupan masyarakat dan agama. Apabila sudah diproses melalui pengadilan, tentunya akan dijatuhi hukuman sesuai parahnya pelanggaran seorang pelaku.

Meminta Maaf dan Beri Efek Jera

Setelah kebijakan hukuman diberlakukan bagi pelaku, jangan lupa ambil langkah selanjutnya untuk meminta maaf terhadap korban. Jika Anda sebagai korban pasti ingin pelanggar langsung meminta maaf secara pribadi.

Dikarenakan sekarang dunia digital semakin berkembang, lebih baik minta pelaku minta maaf lewat sosial media. Hal ini supaya pelaku catcalling merasakan efek jera dan tidak melakukan kembali perbuatannya ke depan.

Adapun tujuan pemberian sanksi hukum bagi pelaku cat calling bagi seorang korban yang dirugikan. Inilah tujuan memberikan hukuman pelaku yang bisa membaut korban merasakan hal ini secara langsung.

  1. Keadilan

Korban catcalling pasti merasa dirugikan, oleh karena itu dengan proses hukum yang berlaku membuat keadilan ditegakkan. Otomatis korban akan merasakan keadilan yang diperoleh setelah hukuman pelanggaran berlangsung.

  1. Terhindar Dari Trauma 

Banyak yang tidak menyadari bahwa catcalling merupakan tindakan pelecehan seksual bisa mengakibatkan trauma. Adanya hukuman bagi para pelaku dapat membantu korban terhindar dari sebuah trauma berlebihan dalam menjalani aktivitas sehari-hari.Dengan langkah tersebut, korban akan merasa keadilan setelah memproses hukuman secara resmi sesuai peraturan di Indonesia. Lakukan langkah hukum menghadapi cat calling dengan benar agar pelaku mendapatkan sanksi setimpal.

Konsultasikan Tanpa Ragu Dengan Justika, Jika Anda Masih Bingung

Anda bisa mengkonsultasikan perihal langkah hukum jika terjadi kasus pelecehan seksual dengan mitra advokat andal dan profesional Justika.

Lawyer yang bergabung di Justika merupakan lawyer pilihan yang melalui proses rekrutmen yang cukup ketat dengan pengalaman paling sedikit, yaitu 5 tahun berkarir sebagai advokat.

Kini, konsultasi chat dengan advokat berpengalaman hanya mulai dari Rp. 30.000 saja. Dengan harga tersebut Anda sudah bisa mendapatkan solusi permasalahan hukum Anda dengan cara menceritakan permasalahan yang dihadapi melalui kolom chat. Nantinya sistem akan mencari advokat guna membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Untuk permasalahan yang membutuhkan solusi lebih lanjut, Anda bisa memanfaatkan layanan konsultasi telepon mulai dari Rp. 350.000 selama 30 menit atau Rp. 560.000 selama 60 menit. 

Konsultasi tatap muka bisa dilakukan ketika Anda benar-benar membutuhkan saran secara langsung dari advokat terpercaya untuk kasus yang lebih rumit. Hanya dengan Rp. 2.200.000 saja, Anda sudah bisa bertemu secara langsung selama 2 jam untuk bertanya lebih dalam hingga menunjukkan dokumen-dokumen yang relevan untuk membantu permasalahan Anda.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.