Aksi pelecehan di jalanan membuat banyak dampak negatif, akibat tindakan cat calling langsung diterima oleh korban. Pasti Anda sudah tahu bahwa catcalling merupakan aksi pelecehan yang dilakukan pada area publik.

Catcalling paling sering dialami oleh kaum perempuan ketika digoda atau dipandang secara tidak normal oleh lawan jenis. Meskipun aksi pelecehan ini masih sering ditemukan sehari-hari, banyak korban malah diam saja.

Berdiam diri pada saat dilecehkan merupakan tindakan salah besar, padahal ada aturan yang ditegakkan di mata hukum. Dengan adanya peraturan yang ditegakkan, otomatis membuat tindakan catcalling bisa dikurangi dan dihindari.

Langkah hukum menghadapi cat calling sebenarnya harus berhati-hati supaya pihak pelaku tidak menyerang korban. Meskipun kebanyakan korban juga mengalami ketakutan serta bingung melapor ke mana, intinya sekarang tidak perlu takut.

Maraknya kasus pelecehan di jalanan membuat menimbulkan berbagai dampak mengerikan. Belum tahu? Inilah dampak akibat tindakan catcalling yang diterima korban dalam jangka pendek dan panjang secara langsung.

Akibat Tindakan Cat Calling Jangka Pendek

Meningkatnya kasus pelecehan seksual secara langsung memberikan dampak mengerikan bagi korban. Pada awalnya mungkin banyak korban tidak menyadari bahwa catcalling mengakibatkan beberapa dampak yang timbul dalam jangka pendek secara langsung.

  1. Malu

Ketika aksi catcalling sedang dilakukan pelaku, otomatis korban akan memberikan akibat bagi korban yaitu malu. Siapa yang tidak malu ketika sedang berada di ruang publik justru dilecehkan oleh lawan jenis.

Bagi kaum wanita, otomatis membuat diri sendiri merasakan malu yang tidak bisa diungkapkan. Bukan hanya membuat malu korban ketika dilecehkan juga berakibat langsung seperti hal di bawah ini.

  1. Risih

Setelah malu akibat tindakan cat calling juga menyebabkan korban menjadi risih tanpa memandang orang yang melecehkan. Apabila sudah risih, korban sebaiknya langsung melarikan diri dari pelaku demi mencegah hal-hal negatif.

  1. Takut 

Dampak pelecehan secara langsung umumnya membuat korban ketakutan untuk menghadapi situasi tersebut. Akibatnya, korban hanya bisa diam tanpa bisa melawan sehingga menimbulkan dampak dalam jangka panjang yang sulit dihindari.

Dampak Bagi Korban Catcalling Jangka Panjang

Adanya dampak langsung, tentunya catcalling menimbulkan akibat dalam jangka panjang bagi seorang korban. Anda harus siap dan mengetahui dampak berkepanjangan akibat dari pelecehan di fasilitas umum agar terhindar darinya.

  1. Trauma

Adanya pasal untuk tindakan cat calling belum bisa mencegah dampak bagi korban dalam jangka panjang. Akibatnya, trauma akan dirasakan setiap korban akibat dilecehkan oleh pelaku yang dilakukan di luar dugaan.

Rasa trauma berlebihan dapat dilihat ketika korban jadi takut ke luar rumah, bahkan hanya mengurung diri agar tidak mengalami catcalling lagi. Bukan hanya trauma, akibat lain ditimbulkan hasil dari catcalling

  1. Tidak Percaya Diri 

Kemudian, akibat tindakan cat calling dalam jangka panjang ternyata bisa membuat korban semakin tidak percaya diri. Saat aktivitas sehari-hari dijalani otomatis korban kurang percaya diri sehingga membuat rugi.

  1. Depresi

Apabila kasus dialami cukup parah, dampak jangka panjang catcalling bisa mengakibatkan depresi. Stres berkepanjangan bisa ditimbulkan setelah pelaku membuat korban dilecehkan sampai akhirnya membuat semangat hidup korban padam.

Faktor yang Membuat Catcalling Terjadi

Melihat aktivitas sehari-hari khususnya bagi perempuan usia remaja sering main, otomatis tindakan catcalling rawan terjadi. Perlu diketahui bahwa akibat catcalling juga diawali dengan beberapa faktor penyebab sampai akhirnya terjadi pelecehan.

Faktor pertama yang mempengaruhi pelecehan di lingkungan umum biasanya dikarenakan hawa nafsu tidak terkontrol dari laki-laki. Apalagi saat usia masih memasuki remaja, nafsu yang sulit dikendalikan membuat pelecehan sering terjadi.

Meskipun sudah ada sanksi hukum bagi pelaku cat calling, tetapi tindakan ini masih sering ditemui dalam sehari-hari. Faktor lain yang bisa mengakibatkan catcalling tejradi karena pelaku tidak mampu mengendalikan mata.

Sudah mejadi kewajiban bagi kaum laki-laki selalu mengendalikan tatapan supaya tidak tertuju ke hal-hal negatif. Mengingat banyak orang tidak sadar akan hal ini, demi mencegah catcalling, lebih baik mengatur tatapan.

Faktor terakhir yang biasanya membuat catcalling sering terjadi dikarenakan gaya pakaian dari kaum perempuan. Biasanya gaya pakaian ketat dan memperlihatkan bentuk tubuh bisa rawan mengalami pelecehan di area publik.Hati-hati dengan tindakan catcalling apalagi jika Anda sedang bepergian lebih baik mengajak teman. Adanya akibat tindakan cat calling jangka pendek maupun panjang membuat pelaku harus dihukum secara adil.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.