Banyak orang di Indonesia belum mengetahui cara menghindari mafia tanah yang bisa membuat kerugian fatal. Pernahkah Anda mendengar kasus tentang mafia lahan? Jika pernah mungkin akan memudahkan menghindari hal tersebut.

Mafia tanah dilakukan dengan tujuan memperkaya individu atau sekelompok orang secara ilegal. Pihak pelaku akan menipu seorang korban sehingga mampu merampas hak tanah sehingga membuat kerugian dialami secara langsung.

Pada umumnya, setelah mafia menjalankan aksi, nama pada sertifikat tanah langsung diubah supaya tidak ada bukti merampas secara ilegal. Perlu diketahui jika ingin terhindar dari mafia permainan tanah, sebaiknya hati-hati.

Ada banyak cara pelaku melakukan kebiasaan apa itu mafia tanah untuk merampas hak milik orang lain dengan melanggar aturan hukum. Sayangnya, ada ratusan kasus biasa ditemui di negara Indonesia.

Adapun hal-hal yang perlu diketahui agar Anda tidak terjebak di dalam permainan mafia tanah oleh seorang pelaku individu atau kelompok. Ketahuilah cara lengkapnya agar mampu terhindar dari mafia tanah berikut.

Cara Menghindari Mafia Tanah, Jangan Beli Tanah Sengketa

Jika ingin mencari tanah untuk dibeli, usahakan mulai sekarang tidak menarik minat terhadap lahan hasil sengketa. Mungkin banyak orang sudah tahu bahwa lahan sengketa biasa menyebabkan kerugian bagi calon pembeli.

Hal ini dibuktikan dengan adanya beberapa langkah hukum melaporkan mafia tanah ditemui setelah korban dirugikan. Di manapun Anda berada, pasti membeli tanah selalu dijadikan untuk berinvestasi jangka panjang.

Tapi berbeda dengan hasil tanah sengketa, yang ada justru menimbulkan berbagai kerugian seperti mafia di dalamnya. Anda harus tahu kondisi tanah sebelum dibeli apakah bersengketa sebelumnya atau aman-aman saja.

Selanjutnya, cara menghindari mafia tanah disarankan tidak membeli tanah girik karena memberikan bahaya. Bagi orang awam yang belum pernah mengetahui tanah girik, diwajibkan memahami mulai sejak dini.

Biasanya tanah girik bisa disalahgunakan oleh pihak tidak bertanggung jawab seperti mafia tanah. Lebih baik hindari kalau masih berupa tanah girik karena dikhawatirkan ujung-ujungnya masih ada sengketa tanpa diketahui sebelumnya.

Mengecek Keaslian dari Sertifikat Tanah

Setiap calon pembeli tanah, sebaiknya tidak melewatkan pengecekan keaslian dari sertifikat. Banyak yang acuh terhadap sertifikat, ternyata seiring berjalannya waktu bisa dipalsukan oleh pihak mafia tanah, patut diwaspadai.

Cek asli atau tidaknya sertifikat dilakukan demi mencegah kasus mafia tanah dialami oleh diri sendiri. Anda dapat melakukan pengecekan secara mudah dengan mendatangi langsung Badan Pertanahan Nasional di sekitar rumah.

Bila sudah dipastikan asli, maka tanah yang memiliki sertifikat tersebut dijamin tidak ada campur tangan dari sekelompok mafia lahan. Namun masih ada cara lain demi menghindari mafia tanah secara mudah.

Cara menghindari mafia tanah adalah dengan mengetahui batas jarak tanah secara jelas. Mungkin di dalam sertifikat sudah jelas, namun bukan berarti wujud aslinya bisa dilihat sejelas seperti yang dituliskan sertifikat.

Lebih baik, Anda melihat langsung dengan memperhatikan batasan asli yang biasanya dipagar oleh pemilik sebelumnya. Tanda batasan fisik dengan jelas menjamin Anda terhindar dari aksi penipuan tanah oleh seorang mafia.

Pahami Cara Pembelian Tanah Secara Benar

Ngaku saja, banyak di Indonesia yang sampai sekarang belum tahu cara membeli tanah secara tepat. Demi menghindar dari kasus mafia pada tanah, usahakan memahami cara pembelian lahan lengkap di bawah.

  1. Bertemu Penjual Langsung

Langkah pertama dalam melakukan pembelian, usahakan langsung bertemu dengan seorang penjual. Akan lebih aman jika Anda menghindari makelar apalagi mereka bisa menjadi mafia tanpa diketahui oleh calon pembeli.

Ajak bertemu dan mengobrol, negosiasi pembelian bisa membantu menghindari sejumlah cara mafia tanah bermain. Sebab kalau penjual asli yang berhubungan dengan Anda, otomatis akan mengungkapkan kondisi tanah secara jujur.

  1. Selektif Notaris 

Tidak kalah penting, keberadaan notaris juga harus dipilih secara selektif demi membuat Anda mendapatkan kepercayaan saat membeli tanah. Berhati-hati dalam memilih jasa notaris bisa membantu Anda terhindar dari mafia tanah.

  1. Buat Akta Jual Beli

Terakhir setelah dua langkah pembelian dilakukan secara benar, buatlah akta jual beli sesegera mungkin. Tujuannya agar jual beli tanah sudah resmi dilakukan di atas hukum, sehingga tidak bisa ditipu mafia.Perbanyak literasi dan jangan mudah percaya terhadap orang lain khususnya dalam hal jual beli tanah. Mulai sekarang Anda bisa menerapkan cara menghindari mafia tanah di kehidupan sehari-hari dijamin aman.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.