Bagi Anda yang belum pernah mengetahui apa itu mafia tanah mulai sekarang sebaiknya memahami arti istilah tersebut. Mafia tanah merupakan sebuah bentuk pemufakatan dua orang atau lebih untuk merampas tanah.

Mungkin Anda pernah mendengar ketika orang memiliki tanah luas, namun ditipu oleh pihak mafia secara ilegal lahan dikuasai pelaku. Merampas tanah yang bukan menjadi hak dari pelaku termasuk pelanggaran peraturan.

Di Indonesia sendiri, praktik dari mafia tanah masih sering ditemukan sehingga harus diketahui secara jelas. Banyak orang awam tidak tahu bahwa dengan perampasan tersebut membuat korban bisa mengalami kerugian fatal.

Meskipun menakutkan, tetapi Anda juga harus tenang karena ada langkah hukum melaporkan mafia tanah secara resmi. Dalam menyelesaikan masalah dengan mengadu ke pihak hukum, korban pasti akan dibantu.

Dengan mengetahui contoh mafia tanah yang sering terjadi, pastikan Anda mengikuti penjelasan kami agar paham. Berikut ini adalah penjelasan penting seputar mafia tanah yang bisa mengakibatkan kerugian besar bagi koban.

Apa Itu Mafia Tanah, Ini Faktor yang Mempengaruhinya

seiring berjalannya waktu, banyak pelaku mafia untuk merampas tanah orang lain menjadi miliknya. Hal ini membuat kehidupan di masyarakat menjadi menyalahi aturan yang telah ditetapkan sesuai peundang-undangan yang berlaku.

Cara menghindari mafia tanah sangat mudah, yaitu memperbanyak literasi dan mengetahui dugaan motif seorang pelaku. Jangan sampai Anda terancam masuk di kasus ini sebab itu akan mengakibatkan banyak kerugian.

Faktor pengaruh mafia berlangsung bagi pelaku biasanya sudah memiliki target dan paham keadaan korban. Hal itu bisa dilihat bila seseorang masih awam terhadap dunia pertanahan, membuatnya cenderung mudah dimanfaatkan pelaku.

Setelah paham apa itu mafia tanah, faktor pengaruh lain adalah kurangnya pemahaman dari pemilik lahan. Jadi, Anda harus berhati-hati apabila seorang mafia datang pasti selalu menawarkan pelayanan terbaik.

Kemudian, tidak memiliki keluarga juga menjadi faktor pengaruh pelaku semakin mudah menipu korban. Dikarenakan kalau tidak ada keluarga biasanya mudah percaya terhadap orang lain apalagi jika keadaan sedang terdesak.

Apa Tujuan Mafia Tanah Bagi Pelaku

Adanya banyak kasus bermunculan di Indonesia, memungkinkan korban merasa dirugikan dalam jumlah besar tanpa diperhatikan pelaku. Agar tidak ditipu, sebaiknya ketahui lagi tujuan utama pelaku melakukan tindakan merampas tanah orang.

  1. Memperkaya Diri 

Meningkatnya kasus mafia tanah sudah bukan menjadi rahasia lagi, tujuannya pasti untuk memperkaya diri pelaku. Hal tersebut dapat dilihat dari motif pelaku yang jelas ingin menguasai tanah milik orang lain.

Setelah seorang pelaku mafia lahan berhasil mengelabuhi korban, otomatis semua tanah menjadi hak milik pelaku. Sehingga kekayaan akan bertambah langsung tanpa dengan menipu orang yang mudah percaya dengan seorang mafia.

  1. Kepentingan 

Selain itu, sesudah Anda tahu apa itu mafia tanah, tujuan bagi pelaku adalah demi memenuhi kepentingan kelompok. Dikarenakan mafia tanah tidak bisa dilakukan seorang diri, melainkan lebih dari dua pelaku.

Keadaan ini memaksa korban tetap dirugikan, namun bukan berarti Anda tinggal diam saja, sebab bisa membuat dampak negatif jangka lama. Lalu bagaimana agar tanah menjadi milik Anda lagi?

Upaya Mengembalikan Hak Tanah Korban

Apabila Anda sedang ditipu, pasti ingin sesegera mungkin memperoleh hak tanah kembali agar tidak mengalami kerugian. Mengingat setelah hak tanah korban dirampas, pelaku tidak mungkin membantu urusan tanah yang dirugikan.

Namun ada upaya yang bisa dilakukan untuk mengembalikan hak tanah Anda tanpa harus khawatir merasakan rugi berlebihan. Upaya yang harus dilakukan adalah menyebarkan berita mafia penguasaan tanah supaya pelaku ditemukan.

Cara mafia tanah bermain cukup licik membuat banyak pihak bekerja sama dengan seorang pelaku. Otomatis, Anda harus menciptakan menghubungi orang yang bisa diandalkan untuk menyelesaikan kasus tersebut tanpa kecurangan.

Semakin mudah kasus ditangani, otomatis membuat pelaku diproses secara hukum sehingga membuat tanah kembali ke hak semula. Jangan khawatir, meskipun proses sedikit lama, apabila diselesaikan secara maksimal pasti hak kembali.

Dengan adanya banyak mafia lahan mulai sekarang Anda harus berhari-hari agar tidak mengalami penipuan. Contohnya ketika sedang menjual rumah, jangan langsung percaya terhadap makelar, tujuannya agar terhindar dari kasus mafia.Penjelasan tersebut bisa dipahami oleh orang-orang awam secara mudah, Anda dijamin bisa menghindari kasus mafia. Sekarang sudah tahu apa itu mafia tanah, kalau mau lebih paham, pastikan mengetahui hal lain.

Konsultasikan Tanpa Ragu Dengan Justika, Jika Anda Masih Bingung

Anda bisa mengkonsultasikan perihal langkah hukum jika terjadi kasus KDRT dengan mitra advokat andal dan profesional Justika.

Lawyer yang bergabung di Justika merupakan lawyer pilihan yang melalui proses rekrutmen yang cukup ketat dengan pengalaman paling sedikit, yaitu 5 tahun berkarir sebagai advokat.

Kini, konsultasi chat dengan advokat berpengalaman hanya mulai dari Rp. 30.000 saja. Dengan harga tersebut Anda sudah bisa mendapatkan solusi permasalahan hukum Anda dengan cara menceritakan permasalahan yang dihadapi melalui kolom chat. Nantinya sistem akan mencari advokat guna membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Untuk permasalahan yang membutuhkan solusi lebih lanjut, Anda bisa memanfaatkan layanan konsultasi telepon mulai dari Rp. 350.000 selama 30 menit atau Rp. 560.000 selama 60 menit. 

Konsultasi tatap muka bisa dilakukan ketika Anda benar-benar membutuhkan saran secara langsung dari advokat terpercaya untuk kasus yang lebih rumit. Hanya dengan Rp. 2.200.000 saja, Anda sudah bisa bertemu secara langsung selama 2 jam untuk bertanya lebih dalam hingga menunjukkan dokumen-dokumen yang relevan untuk membantu permasalahan Anda.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.