Saat ini berbagai modus penipuan online marak dijumpai khususnya di media sosial, penipuan berkedok transfer bank merupakan salah satu jenis yang seringkali dijumpai di masyarakat. Jika Anda mengalami hal ini ada beberapa cara yang dapat Anda coba untuk lapor penipuan online tersebut, berikut cara melaporkan penipuan transfer bank, antara lain:

Cara Melaporkan Penipun Transfer Bank

1. Menggunakan cekrekening.id

Cara melaporkan penipuan online berkedok transfer bank yang pertama adalah dengan cek no rekening penipu tersebut memanfaatkan website cekrekening.id, dengan menggunakan website cekrekening.id Anda dapat memeriksa kredibilitas dari rekening tersebut. Website cekrekening.id menyediakan informasi mengenai sejarah pelaporan terkait kasus penipuan yang mungkin pernah dilakukan oleh pemilik rekening tersebut.

Adapun cara untuk melaporkannya menggunakan website ini, mula-mula Anda harus memasukkan nama bank dan nomor rekening dari sang penipu, kemudian centanglah re-captcha dan klik tombol “periksa rekening”, untuk melaporkannya Anda dapat mengklik tombol “Laporkan Rekening Ini”.

2. Menggunakan Lapor.go.id

Cara kedua yang dapat Anda lakukan untuk melaporkan penipuan transfer bank dan pelaporan penipuan online adalah dengan menggunakan situs Lapor.go.id, Dengan semakin banyaknya kasus penipuan online belakangan ini, Anda dapat membuat pengaduan dengan mengisi formulir pengaduan yang tersedia dalam situs tersebut, adapun tahap pelaporan ini terdiri dari beberapa proses, yang pertama proses penulisan laporan, setelah laporan tersebut ditulis dan dikirimkan melalui situs ini maka akan dilakukan proses verifikasi, jika laporan tersebut valid maka selanjutnya akan dilakukan proses tindak lanjut, kemudian proses terakhir adalah proses pemberian tanggapan.

Berikut merupakan cara melaporkan penipuan transfer bank menggunakan Lapor.go.id: mula-mula bukalah situs Lapor.go.id, kemudian masuk ke kategori pelaporan dan pilih “pengaduan”, setelah itu tulislah judul pelaporan dan detail kejadian penipuan secara rinci, lalu pilih tanggal dan lokasi kejadian serta instansi tujuan yang berkaitan dengan pengaduan Anda, selanjutnya pilihlah kategori “tindak pidana” dan unggah berkas yang ingin dilampirkan, terakhir pilih kategori pengadu dan klik Lapor!, setelah itu isilah data diri dan lengkapi semua persyaratan yang diajukan, nah laporan pengaduan penipuan transfer bank pun akan segera diproses.

3. Memblokir Rekening Bank

Melakukan pemblokiran rekening bank menjadi salah satu cara lapor penipuan transfer bank yang dapat Anda coba, untuk melakukan penipuan jual beli online yang satu ini, pertama Anda harus terlebih dahulu mendatangi kantor cabang dari bank yang digunakan oleh penipu atau bisa juga dengan menghubungi cutomer service dari bank tersebut via telepon.

Jika Anda memiliki bukti konkret dari penipuan tersebut atau bahkan jika jumlah laporan yang dilayangkan pada rekening tersebut cukup banyak maka pihak bank akan melakukan pemblokiran nomor rekening dan memprosesnya ke pihak berwajib.

4. Melaporkan Nomor WhatsApp Penipu ke BRTI

Cara melaporkan nomor WhatsApp penipu yang telah berhasil mengelabui anda adalah dengan melaporkannya ke Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia atau biasa di sebut dengan (BRTI). Anda juga bisa melaporkannya penipuan jual beli online tersebut ke Badan Reserse Kriminal Kepolisian RI (Bareskrim Polri) agar kasus penipuan yang menimpa anda dapat ditelusuri serta ditindak lanjuti.

Untuk membuat laporan tersebut semakin kuat, Jangan lupa juga untuk melakukan tangkapan layar dari isi pesan yang anda lakukan bersama sang penipu.

5. Cek Rekening Penipu Dengan Kredibel.go.id

Tak hanya melaporkan penipu ke pihak berwajib, Anda juga perlu untuk mengecek kembali nomer rekening penipu tersebut berdasarkan riwayat dan laporan penggunaan rekening tersebut. Untuk itu, Kredibel.go.id dapat anda gunakan sebagai salah satu platform dalam membantu hal yang satu ini. Kredibel.go.id sendiri adalah situs yang berguna untuk mengecek nomor rekening penipu berdasarkan laporan penggunanya dalam jangka waktu tertentu. Nah, dengan situs ini kamu bisa mencari tahu apakah nomor tersebut penipu atau bukan.

Untuk mengeceknya, Anda bisa mengikuti langkah seperti berikut:

  • Kunjungi website ke https://www.kredibel.co.id
  • Masukkan nomor rekening yang Anda curigai ke kolom pencarian.
  • Nantinya akan terlihat data terkait nomor rekening yang Anda curigai tersebut.
  • Selain mengecek, Anda juga bisa melaporkan penipuan tersebut. dengan memilih kotak berwarna merah dengan text box mulai laporkan penipu.

Nah, itulah ulasan mengenai cara melaporkan penipuan transfer bank yang dapat Anda coba, semoga ulasan di atas dapat bermanfaat ya untuk Anda. Cara cara di atas juga bisa anda gunakan sebagai cara melaporkan akun dana penipu agar mereka mendapatkan hukuman dan efek jera.

Baca Juga:

konsultasi hukum gratis

Menggunakan Layanan Justika untuk Mengetahui Detail Cara Melaporkan Penipuan Transfer Bank

Justika sebagai Platform Konsultasi Hukum secara online, siap membantu mengatasi permasalahan hukum Anda terkait dengan penipuan.

Layanan Konsultasi Chat

Demi mendalami posisi Anda lebih jauh, ada baiknya Anda berdiskusi serta berkonsultasi dengan ahli di bidang hukum, yakni Advokat. Perlu diketahui juga bahwa mitra advokat Justika dipilih dari seleksi yang cukup ketat dengan pengalaman minimal 5 tahun.

Kini, konsultasi chat dengan advokat berpengalaman hanya mulai dari Rp 30.000 saja. Dengan harga tersebut Anda sudah bisa mendapatkan solusi permasalahan hukum Anda dengan cara menceritakan permasalahan yang dihadapi melalui kolom chat. Nantinya sistem akan mencari advokat guna membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Layanan Konsultasi via Telepon

Untuk permasalahan yang membutuhkan solusi lebih lanjut, Anda bisa memanfaatkan layanan konsultasi telepon mulai dari Rp 350.000 selama 30 menit atau Rp 560.000 selama 60 menit.

Layanan Konsultasi Tatap Muka

Konsultasi tatap muka bisa dilakukan ketika Anda benar-benar membutuhkan saran secara langsung dari advokat terpercaya untuk kasus yang lebih rumit. Hanya dengan Rp 2.200.000 saja, Anda sudah bisa bertemu secara langsung selama 2 jam untuk bertanya lebih dalam hingga menunjukkan dokumen-dokumen yang relevan untuk membantu permasalahan Anda.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.