Cara Melaporkan Penipuan di Instagram

Sosial media Instagram memang menjadi salah satu aplikasi yang dimiliki banyak orang. Tidak heran jika banyak brand-brand maupun merek-merek memasang jualan mereka di Instagram. Akan tetapi, jika tidak berhati-hati, kita sebagai pengguna juga bisa saja rentan mengalami penipuan. Sudah banyak laporan penipuan online yang terdata hingga saat ini. Oleh sebab itu, perlu dilakukan beberapa tindakan seperti pelaporan supaya kejadian penipuan di Instagram tidak terulang kembali. Penasaran bagaimana caranya? Ini dia cara melaporkan penipuan di Instagram yang wajib Anda ketahui.

1. Laporkan Akun Profil Penipu

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan saat mengetahui bahwa akun Instagram tertentu sudah melakukan penipuan adalah dengan cara report akun IG (“Instagram”) tersebut. Caranya, lakukan dengan membuka profil si penipu, kemudian klik menu lainnya yang berada di halaman kanan atas, setelah itu akhiri dengan klik menu report.

Biasanya, dalam langkah ini Anda diminta untuk memberikan alasan kenapa akun tersebut dilaporkan. Maka, isikan saja sesuai keluhan yang Anda alami dan tenang saja, bahwa langkah pelaporan yang Anda lakukan ini dijamin aman tanpa membahayakan privasi si pelapor.

2. Melaporkan Unggahannya

Cara melaporkan penipuan di Instagram selanjutnya dapat Anda lakukan dengan cara melaporkan unggahan-unggahan yang ada di akunnya. Sebagai contohnya adalah unggahan terkait barang jualan yang dinilai sudah memakan korban alias mengandung unsur penipuan.

Maka, langkah yang bisa Anda lakukan adalah melaporkan unggahan tersebut dengan klik menu lainnya pada halaman pojok kanan di unggahan tersebut, pilih perintah report, jangan lupa cantumkan alasan yang sesuai dengan kejadian sebenarnya, dan setelah itu proses pelaporan yang Anda lakukan akan segera di proses oleh pihak yang bersangkutan. Mudah bukan?

3. Melaporkan Komentarnya

Tidak menutup kemungkinan juga jika beberapa akun penipu melakukan promosi atau memberikan komentar di berbagai akun maupun postingan orang lain. Ketika Anda sudah tahu bahwa akun tersebut merupakan milik oknum-oknum yang pernah melakukan penipuan, maka Anda bisa melaporkan komentar yang disampaikan si penipu dengan cara yang cukup mudah.

Cara melaporkan penipuan online yang hendak dilakukan melalui komentar dari si penipu bisa dimulai dengan ketuk hingga tahan postingan komentar yang hendak dilaporkan. Kemudian, setelah muncul tombol khusus terlogo tanda seru, klik saja dan pilih perintah report, kemudian isikan hal-hal yang diminta seperti alasan kenapa Anda melaporkan komentar tersebut. Proses pelaporan pun selesai dan pihak Instagram akan segera memprosesnya.

4. Melaporkan Rekening si Penipu

Jika kejadian sudah berlanjut sampai tahapan transaksi dan Anda baru mengetahui bahwa akun Instagram tersebut merupakan penipu, maka selain mengikuti cara melaporkan akun penipuan di Instagram, Anda juga sebaiknya melaporkan nomor rekening si penipu.

Caranya, bisa dilakukan dengan membuka situs cekrekening.id, kemudian isikan data-data melalui formulir sesuai yang diminta, masukkan bukti penguat dari kegiatan penipuan, lalu kirim laporannya. Dengan cara melaporkan rekening penipuan, diharapkan penipu dapat terlacak keberadaannya. Hal yang paling memungkinkan yaitu akun dari rekening penipu tersebut akan diblokir.

Demikian pembahasan terkait cara melaporkan penipuan di Instagram yang wajib diketahui oleh seluruh pengguna Instagram. Tetap berhati-hati dalam bermedia sosial, dan segera melakukan laporan jika terbukti menjumpai akun yang mencurigakan maupun akun-akun penipuan.

Baca Juga:

Konsultasikan Pada Justika Mengenai Penipuan via Instagram

Penipuan bisa terjadi dimana saja dan kapan saja, salah satunya adalah yang terjadi melalui akun Instagram Anda. Untuk itu, mitra advokat Justika yang berpengalaman lebih dari 5 tahun bisa membantu kebingungan Anda mengenai masalah tersebut melalui beberapa layanan berbayar berikut:

Konsultasi via Chat

Konsultasi hukum kini lebih mudah dan terjangkau hanya dengan Rp. 30.000 saja menggunakan layanan Konsultasi Chat dari Justika. Anda hanya perlu ketik permasalahan hukum yang ingin ditanyakan pada kolom chat. Langkah selanjutnya Anda bisa melakukan pembayaran sesuai dengan instruksi yang tersedia. Kemudian  sistem akan segera mencarikan konsultan hukum yang sesuai dengan permasalahan Anda.

Konsultasi via Telepon

Dengan Konsultasi via Telepon, Anda akan mendapatkan kesempatan untuk berbicara dengan Mitra Konsultan Hukum secara mudah dan efektif melalui telepon selama 30 menit hanya dengan Rp. 350.000 atau Rp. 560.000 selama 60 menit (sesuai pilihan Anda), untuk berdiskusi lebih detail mengenai permasalahan hukum yang dialami.

Konsultasi Tatap Muka

Sementara melalui Konsultasi Tatap Muka, Anda akan mendapatkan layanan untuk bertemu dan berdiskusi langsung dengan Mitra Advokat Justika selama 2 jam hanya dengan Rp. 2.200.000 saja (dapat lebih apabila Mitra Advokat bersedia). Dengan biaya tersebut, Anda dapat bercerita, mengajukan pertanyaan secara lebih bebas dan mendalam, termasuk menunjukan dokumen-dokumen yang relevan.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.