Bila Anda khawatir mengenai SMS yang sering masuk dari orang asing, maka contoh kasus SMS penipuan wajib Anda ketahui. Dengan begitu, Anda dapat lebih waspada atas SMS dari nomor anonim.

Saat ini para penipu sudah jauh lebih kreatif untuk mengelabui para korbannya. Mereka membuat teks SMS dengan sedemikian rupa sehingga para korban menjadi lebih mudah percaya dan terkelabui akal bulusnya.

Mengetahui contoh SMS penipu ini menjadi sangat penting sebelum Anda menerapkan cara melaporkan sms penipuan kepada Kominfo. Sehingga Anda tau mana SMS palsu yang harus dilaporkan dan mana yang tidak.

Contoh Kasus SMS Penipuan yang Marak Terjadi

Tidak jarang banyak orang yang percaya dengan isi SMS dari penipu. Isi SMS sering kali mirip dengan SMS dari suatu pihak resmi sehingga Anda harus mengetahui beberapa contoh sms palsu.

Contoh kasus SMS penipuan pertama adalah SMS meminta pulsa yang sudah sering terjadi dari beberapa tahun lalu. SMS minta pulsa ini biasanya terlihat seakan-akan dikirim oleh orang yang Anda kenal.

Selain meminta pulsa, penipu juga sering kali berperan sebagai orang terdekat yang meminta transfer uang. Contoh kasus SMS penipuan tersebut ditambah alasan kecelakaan, pengobatan, uang sekolah, atau berbagai alasan lainnya.

Dengan begitu, keadaan psikologi Anda akan dipermainkan karena merasa orang terdekat Anda sedang membutuhkan pulsa atau bantuan uang secepatnya. Penipu umumnya akan memanggil Anda dengan panggilan akrab untuk mengelabui Anda.

Bila mendapat SMS seperti itu, maka lebih baik Anda menghubungi kerabat atau orang terdekat Anda. Tanyakan apakah benar mereka yang mengirim SMS dan sedang benar-benar membutuhkan bantuan atau tidak.

Selain itu, contoh kasus SMS penipuan selanjutnya adalah memberi informasi bahwa Anda memenangkan sebuah hadiah. Jenis SMS ini termasuk yang sangat sering dikirim oleh SMS penipu.

Mendapatkan hadiah merupakan hal menyenangkan. Terlebih jenis hadiah yang diumumkan sangat besar dan beragam. Bukan hanya di SMS, namun Anda dapat menjumpainya di modus penipuan whatsapp yang juga marak terjadi.

Biasanya SMS tersebut juga menyuruh Anda melakukan klik suatu situs untuk mencairkan hadiahnya. Namun Anda harus waspada ketika melihat tautan situs tersebut karena merupakan situs gratis yang merupakan hoax.

Bila mendapatkan contoh kasus SMS penipuan yang mengumumkan kemenangan hadiah, maka Anda harus lebih teliti. Lebih baik Anda mengubungi pihak penyelenggara yang disebutkan oleh penipu dan menanyakan kebenaran hal tersebut.

Beberapa Contoh Penipuan Pesan Singkat

Contoh kasus SMS penipuan yang sering kali menjerat korban adalah mengenai pinjaman uang. Mereka umumnya menawarkan pinjaman uang dengan nilai tinggi serta dapat dicairkan dengan segera.

Tentunya hal ini sangat menggiurkan bagi Anda yang sedang membutuhkan pinjaman uang. Terlebih dengan syarat yang tidak susah dikumpulkan. Bahkan biasanya mereka hanya memberikan syarat foto kopi KTP.

Namun bila Anda menyetujuinya, Anda tidak akan memperoleh pinjaman uang. Melainkan mereka akan meminta informasi pribadi yang sangat berlebihan kepada Anda dengan iming – iming pinjaman besar.

Terkadang para penipu ini akan meminta uang muka di depan agar terlihat terpercaya akan memberikan uang pinjaman. Contoh kasus SMS penipuan ini sering kali dilanjutkan dengan telepon dari penipu.

Bukan hanya menawarkan pinjaman, namun penipu juga sering mengelabui korban dengan mengatakan bahwa korban harus melunasi pinjaman. Padahal dalam kenyataannya, korban tidak meminjam uang kepada penipu tersebut.

Modus penipuan ini sering kali disertai gertakan kepada korban untuk transfer sejumlah uang. Tentunya hal ini membuat korban panik dan segera melakukan transfer kepada penipu.

Bahkan penipuan ini tidak jarang dilanjutkan melalui telepon. Hal tersebut akan membuat mereka mudah untuk memberikan instruksi transfer sejumlah uang kepada Anda yang berhasil masuk ke jerat para penipu tersebut.

Para penipu juga sering kali mengirimkan tipuan ini bukan hanya melalui SMS, namun juga Whatsapp. Sehingga Anda harus tau cara melaporkan nomor wa penipu dengan benar kepada pihak berwajib.

Bila memperoleh SMS dari penipu, lebih baik Anda segera melaporkannya kepada pihak berwajib seperti Kominfo agar segera ditindak lanjuti. Pahamilah contoh kasus SMS penipuan agar tidak mudah percaya kepada penipu.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.