Bagi Anda yang sering mencari giveaway secara online, penting sekali untuk  memahami apa saja ciri ciri penipuan giveaway yang banyak terjadi saat ini. Bagaimanapun juga kondisi tersebut sangat meresahkan karena sudah banyak yang menjadi korbannya.

Biasanya para pemberi giveaway ini memberikan janji-janji yang luar biasa manis kepada para pengikutnya. Namun ketika janji tersebut harus dipenuhi, tiba-tiba mereka menghilang dan meninggalkan kekecewaan yang mendalam bagi para pengikutnya tersebut.

Tidak hanya satu atau dua orang, ada banyak sekali pengguna internet yang menjadi korban penipuan seperti ini. Padahal pemerintah sendiri sudah mengatur regulasi penggunaan internet dengan sangat detail.

Ciri Ciri Penipuan Giveaway yang Wajib Anda Ketahui

Hal apapun yang terkait dengan penipuan akan masuk ke dalam kategori cybercrime dan bisa diperkarakan sesuai dengan hukum yang berlaku. Jadi penting sekali bagi Anda untuk memahami cara melaporkan penipuan giveaway tersebut.

Namun daripada Anda harus menjadi korban terlebih dahulu, jauh lebih baik jika Anda memahami apa saja ciri ciri penipuan giveaway itu sendiri terlebih dahulu. Hal ini akan menghindarkan Anda dari resiko penipuan sejak awal.

Dikutip dari berbagai sumber, ada empat ciri utama yang bisa Anda lihat dari penjual yang berpotensi menipu. Penting sekali untuk memahami ciri-ciri ini sejak pertama kali Anda mendapatkan janji giveaway tersebut. Simak ciri-cirinya berikut ini.

1. Nama akun sering mengalami perubahan

Ciri ciri penipuan giveaway yang pertama adalah nama akun penjual yang sering mengalami perubahan. Umumnya giveaway dibagikan melalui media sosial atau akun publisitas lainnya. Contoh akun yang sering digunakan adalah Facebook, Instagram, Twitter atau bahkan YouTube.

Kebanyakan giveaway dibagikan melalui platform tersebut. Sebelum mengikuti program giveaway, silahkan Anda lihat seberapa sering mereka mengganti nama profil. Jika mereka terlihat sering melakukan penggantian nama, Anda patut waspada. Karena bisa jadi mereka merupakan pelaku penipuan giveaway yang banyak terjadi saat ini.

2. Memberikan respon yang lambat kepada konsumen setelah mendapatkan dana

Ketika Anda melakukan pembayaran dan mengharapkan giveaway sampai di tangan masing-masing, pihak penipu giveaway biasanya akan merespon dengan sangat lambat. Bagaimanapun juga, ini merupakan ciri ciri penipuan giveaway yang patut Anda waspadai.

Untuk mengantisipasi kondisi tersebut, Anda harus ekstra hati-hati ketika hendak mentransfer dana ke penyedia giveaway seperti ini. Ada banyak korban yang mengalami kerugian hingga jutaan rupiah akibat tidak hati-hati dalam memilih penjual atau penyedia giveaway di dunia maya.

Jangan sampai Anda mengalami hal yang sama. Ada baiknya jika Anda berkonsultasi dengan mereka yang sudah ahli di bidang tersebut ketika hendak membayarkan dana giveaway dalam jumlah berapapun.

3. Enggan memberikan nomor telepon

Ciri ciri penipuan giveaway lainnya adalah si penjual enggan memberikan nomor teleponnya. Bahkan tidak jarang mereka memberikan nomor palsu atau bahkan nomor telepon orang lain yang tidak ada kaitannya dengan program giveaway. Jika kondisi ini terjadi, berarti penipuan sudah dilakukan sejak fase tersebut.

Ketika Anda mengikuti program giveaway di dunia maya, pastikan untuk berkoordinasi dengan berbagai cara terhadap si penjual. Jangan hanya melakukan chatting online saja, tapi hubungi juga mereka melalui nomor telepon seluler yang diberikan.

Hal ini akan meminimalisir resiko terjadinya penipuan. Pengecekan validitas nomor telepon jauh lebih mudah untuk dilakukan dibandingkan akun media sosial. Jadi para penipu tidak bisa bertindak dengan leluasa.

4. Harga yang terlalu murah

Ciri ciri penipuan giveaway selanjutnya adalah penawaran harga yang terlalu murah. Bagi Anda yang sering mengharapkan giveaway di dunia maya, pastikan untuk berhati-hati ketika mendapatkan penawaran harga yang sangat murah seperti ini.

Bisa jadi penjual produk dengan harga miring tersebut adalah penipu yang sudah banyak memakan korban. Memang tidak sedikit marketplace yang memberikan potongan harga luar biasa setiap harinya. Namun regulasi mereka bisa Anda lihat dengan sangat jelas.

Biasanya mereka juga membuat konten promosi terlebih dahulu sebelum masa promosi tersebut dilakukan. Jika Anda tiba-tiba mendapatkan penawaran harga miring tanpa pemberitahuan, bisa jadi ini merupakan ciri ciri penipuan giveaway yang banyak terjadi di era modern ini.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.