Mengetahui cara melaporkan kasus pelecehan seksual di sekolah penting dilakukan untuk mencegah tindakan ini. Hal ini dikarenakan korbannya bisa merasakan trauma yang sulit untuk dilupakan.

Para korban bisa merasa stress dan depresi akibat pelaku yang memberikan ancaman nilai pada siswa korban pelecehan. Karena hal itulah korban pelecehan seksual perlu mendapatkan keadilan dari apa yang dihadapinya.

Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan agar korban merasakan keadilan. Salah satunya adalah melaporkan kasus pelecehan seksual kepada pihak berwenang apalagi yang terjadi di lingkup sekolah.

Karena itulah dengan memahami cara melaporkan kasus pelecehan seksual di sekolah bisa memberikan rasa aman kepada korbannya. Ini bisa dilaporkan oleh pihak orang tua maupun pihak lainnya dengan bukti kuat.

Korban pelecehan juga bisa dikenali dari perubahan sikap sehari-harinya. Karena biasanya para korban enggan untuk mengungkapkannya akibat ancaman dari pelaku atau merasa malu dengan yang dialaminya.

Karena hal itulah perlu adanya pendalaman kasus yang tidak menekan kondisi korban. Karena bagaimanapun juga, kondisi korban menjadi yang paling penting untuk diperhatikan selama proses penyelidikannya.

Cara Melaporkan Kasus Pelecehan Seksual di Sekolah

Untuk dapat melaporkan para pelaku pelecehan seksual maka penting untuk mengetahui cara yang benar dan sesuai prosedur untuk melaporkan kasus pelecehan. Berikut ini beberapa langkah yang bisa dilakukan.

1. Melakukan visum di pelayanan kesehatan

Jika Anda atau orang terdekat mengalami pelecehan seksual maka jangan menunda untuk melaporkannya. Anda perlu mengikuti cara yang benar ketika melaporkan sebuah kasus pelecehan sesuai prosedur.

Sebaiknya Anda tidak membersihkan diri terlebih dahulu karena bisa dijadikan bukti untuk pelaporan. Anda bisa mencari pertolongan dengan segera dan mintalah orang yang dipercaya untuk mengantarnya.

2. Laporkan ke kantor polisi terdekat dengan membawa bukti

Selanjutnya, cara untuk melaporkan pelecehan yang terjadi di institusi pendidikan bisa mengunjungi kantor polisi terdekat. Selain itu, Anda juga bisa melaporkannya ke Komnas Perempuan, Kementerian Hukum dan HAM.

Ada baiknya Anda tidak datang ke kantor polisi sendirian. Bawalah saksi seperti teman atau keluarga bahkan bisa langsung membawa pengacara agar dapat lebih dipercaya tentang laporan tersebut.

3. Laporkan kepada Ombudsman

Cara melaporkan kasus pelecehan seksual di sekolah lainnya bisa dengan melaporkannya kepada Ombudsman. Anda bisa melapor dengan membawa KTP, KK ataupun bukti identitas diri lainnya.

4. Melaporkannya melalui Cloud Contact Center

Cloud Contact Center merupakan platform yang digunakan untuk melaporkan kasus pelecehan dengan cepat. Hal ini bisa dilakukan untuk mendapatkan akses bantuan yang lebih baik dengan penanganan lebih cepat pula.

Kategori Pelecehan Seksual Menurut Komnas Perempuan

Selain mengetahui apa yang perlu dilakukan bila mengalami pelecehan seksual, maka perlu untuk mengenali kategori pelecehan seksual di sekolah. Berikut ini beberapa jenis pelecehan yang dilakukan di sekolah.

1. Perilaku sexual harassment

Jenis pelecehan seksual ini mengarah pada pelecehan gender yang sering terjadi. Meskipun dilakukan di sekolah maka perlu juga memberikan sanksi pelaku pelecehan seksual di sekolah sesuai dengan hukum yang berlaku.

Contoh perbuatannya berupa penghinaan dan merendahkan perempuan di dunia nyata dan sosial media. Hinaan dalam bentuk gambar, tulisan maupun sejenisnya dapat dilaporkan karena masuk ke dalam pelecehan seksual.

2. Menggoda dengan sengaja

Anda juga perlu mengetahui cara melaporkan kasus pelecehan seksual di sekolah dalam bentuk godaan yang disengaja. Godaan yang bertujuan mengganggu dan mengandung unsur seksual bisa dilaporkan.

Contohnya dengan mengirimkan pesan dalam bentuk teks, video maupun telepon yang berbau seksual. Karena hal itulah Anda perlu mengetahui cara melaporkannya jika hal ini terjadi di sekolah.

3. Ajakan melakukan seksual dengan imbalan

Mengajak teman melakukan hubungan intim dengan imbalan tertentu juga bisa dilaporkan. Apalagi jika hal ini terjadi di sekolah maka perlu mengetahui cara melaporkan kasus pelecehan seksual di sekolah.

Apalagi jika dilakukan berkali-kali maka perlu dengan segera diungkap. Anda bisa melaporkannya kepada pihak berwajib terdekat untuk dapat menghentikan kasus kekerasan seksual di sekolah.
Mengetahui langkah yang tepat dalam melaporkan kasus pelecehan seksual perlu diketahui sejak dini. Karena hal itulah dengan mengetahui cara melaporkan kasus pelecehan seksual di sekolah bisa mempermudah prosesnya.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.