Apa itu pelecehan seksual? Setidaknya itulah pertanyaan yang akan diajukan oleh banyak orang ketika mendengarnya. Seperti telah diketahui, kejahatan inipun memang dianggap sebagai salah satu jenis pelanggaran cukup serius.

Tetapi memang belum ada undang-undang pelecehan seksual khusus yang ada di Tanah Air. Tetapi kejahatan ini juga masuk ke dalam kejahatan terhadap kesusilaan di mana telah diatur didalam pasal 294 ayat (2) KUHP Indonesia.

Tidak hanya itu saja, aturan inipun ternyata juga terdapat pada UU Ketenagakerjaan pasal 86 ayat 1 dimana mengatur bahwa para pekerja berhak mendapatkan perlindungan moral.

Tidak hanya di situ saja, untuk hukum pidana bagi pelaku pelecehan seksual ini juga ternyata juga belum diatur khusus di dalam kitab UU Hukum pidana Indonesia. Tetapi di dalam melarang adanya tindakan tidak senonoh di public atau kekerasan atau ancaman kekerasan buat melakukan hubungan badan.

Sampai di sini, Anda pastinya ingin memahami apa itu pelecehan seksual tersebut bukan? Untuk itulah kami mencoba untuk memberikan ulasan lengkapnya berikut ini yang bisa Anda pahami dengan baik.

Berikut Apa Itu Pelecehan Seksual

Isu mengenai kejahatan ini di Indonesia memang semakin merebak belakangan ini. terlebih lagi semakin banyaknya berita memberikan pelaku yang melakukan pengancaman secara tidak senonoh terhadap korbannya.

Demikian, tidak banyak yang tahu bagaimanakah definisi dari apa itu pelecehan seksual tersebut. Padahal dengan mengetahuinya ternyata akan sangat penting untuk masyarakat. Sebab nantinya masyarakat juga semakin tahu apakah hal tersebut masuk ke dalam kejahatan ini atau tidak.

Adapun kejahatan seksual disini merupakan segala bentuk tindakan seksual dimana tidak diinginkan, permintaan buat melakukan perbuatan seks, tindakan lisan ataupun fisik atau isyarat yang mempunyai kesan senonoh hingga membuat orang merasa dipermalukan atau diintimidasi tersebut.

Kebanyakan tindakan tersebut terjadi pada perempuan yang dilakukan oleh laki-laki. Tapi, tidak menutup kemungkinan bahwa pria juga mengalami hal sama tersebut. Adapun kunci definisi dari apa itu pelecehan seksual sendiri terletak dari kata tidak diinginkan oleh kedua belah pihak.

Hingga saat ini kejahatan tak senonoh tersebut juga terdiri dari berbagai macam jenis mulai dari fisik ataupun bentuk lainnya seperti lebih halus. Adapun untuk jenis pelecehan seksual lisan sendiri adalah seperti memberikan lelucon yang mempunyai nada sensual, ajakan kencan ataupun adanya rayuan dengan sifat sensual tersebut.

Apa Gender Berkaitan dengan Tindakan Kejahatan Ini

Pastinya Anda semakin mengerti apa itu pelecehan seksual? Yang menjadi pertanyaan bagi banyak orang adalah apakah jenis kelamin tersebut dapat secara langsung berkaitan dengan tindak kejahatan tersebut? Tentu saja ya. Sebab ternyata kejahatan sendiri adalah perilaku yang mempunyai keterkaitan erat dengan jenis kelamin dari orang yang menerima tersebut.

Itulah sebabnya, hal tersebut juga masuk ke dalam golongan tindakan diskriminatif tersebut. adapun organisasi buruh internasional juga mempunyai pemahaman tersendiri mengenai apa itu yang di maksud pelecehan seksual. Di mana berkaitan dengan terhadap kekuasaan serta biasanya pihak yang jadi korban kebanyakan adalah para perempuan.

Di mana di lapangan, banyak para perempuan diminta agar melakukan perbuatan secara seksual dengan adanya imbalan di baliknya. Mulai dari diberikan pekerjaan, kenaikan jabatan hingga promosi. Sedangkan apa itu pelecehan seksual di jalan dapat berupa siulan, komentar tidak diinginkan, berbicara kasar dan tidak sopan hingga pemerkosaan.

Tidak hanya tidak diinginkan saja, tetapi tindakan tersebut dijamin akan membuat seseorang merasa tidak nyaman, terintimidasi, terancam bahkan menjadi malu untuk berhadapan dengan public. Di mana saja, tindakan tidak diinginkan ini pun dapat terjadi mulai dari di tempat kerja, jalan, sekolah, toko, angkutan umum bahkan di rumah.

Seperti telah disinggung sebelumnya apa itu pelecehan seksual, bukan hanya perempuan saja yang sering menerima tindakan tersebut. Tetapi ternyata para pria pun demikian. Sebab kenyataannya, banyak juga perempuan sering melakukan kejahatan ini kepada laki-laki. Bukan hanya itu saja, tetapi juga antar gender dapat melakukan hal sama.

Untuk lebih jelasnya, Anda harus memahami beberapa hal yang dapat dikategorikan sebagai tindakan pelecehan tersebut mulai dari memberikan cerita tetapi punya unsur sensual, siulan dengan nada sensual, Gerakan tubuh ataupun suara dengan sifat sensual seperti mengedipkan mata dan masih banyak lagi.

Tidak bisa dipungkiri apabila tindakan tidak diinginkan inipun benar-benar akan mengganggu banyak orang. Itulah sebabnya, sangat penting agar memahami apa itu pelecehan seksual agar semakin paham apakah sebuah tindakan masuk ke dalam pelecehan ataukah tidak.

Konsultasikan Masalah Pelecehan Seksual Pada Justika

Pelecehan seksual merupakan salah satu tindakan yang banyak terjadi namun banyak juga yang kurang paham dan peduli mengenai hal tersebut. Untuk itu, Anda bisa berkonsultasi dengan advokat terpercaya yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun dengan seleksi yang ketat di Justika guna mendapatkan solusi atas permasalahan Anda melalui beberapa layanan berbayar berikut:

Konsultasi via Chat

Kini, konsultasi chat dengan advokat berpengalaman hanya mulai dari Rp 30.000 saja. Dengan harga tersebut Anda sudah bisa mendapatkan solusi permasalahan hukum Anda dengan cara menceritakan permasalahan yang dihadapi melalui kolom chat. Nantinya sistem akan mencari advokat guna membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Konsultasi via Telepon

Untuk permasalahan yang membutuhkan solusi lebih lanjut, Anda bisa memanfaatkan layanan konsultasi telepon mulai dari Rp 350.000 selama 30 menit atau Rp 560.000 selama 60 menit.

Konsultasi via Tatap Muka

Konsultasi tatap muka bisa dilakukan ketika Anda benar-benar membutuhkan saran secara langsung dari advokat terpercaya untuk kasus yang lebih rumit. Hanya dengan Rp 2.200.000 saja, Anda sudah bisa bertemu secara langsung selama 2 jam untuk bertanya lebih dalam hingga menunjukkan dokumen-dokumen yang relevan untuk membantu permasalahan Anda.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.