Proses transaksi jual beli tanah tentunya memerlukan sederet dokumen-dokumen penting yang harus dipenuhi. Salah satunya ialah dengan membuat Surat Pernyataan Jual Beli Tanah. Selain sertifikat dan surat jual beli tanah, dokumen pernyataan jual beli tanah juga berguna sebagai jaminan antara pihak penjual dan pembeli. Namun ada beberapa hal yang harus ada tercantum dalam surat pernyataan ini. Lantas apa saja?, berikut penjelasannya.

Identitas

Hal pertama yang wajib ada di dalam surat pernyataan ialah Identitas. Identitas para pihak yang terlibat dalam proses jual beli tanah, menjadi syarat mutlak untuk membuat Surat Pernyataan Jual Beli Tanah. Dalam hal ini pihak yang terlibat ialah penjual atau pemilik tanah dan pembeli tanah. Penulisan identitas pada surat pernyataan ini biasanya menyebutkan nama lengkap, NIK KTP, alamat KTP atau domisili, pekerjaan dan nomor telepon yang aktif.

Deskripsi Tanah

Hal penting yang harus ada di dalam pernyataan jual beli tanah selain identitas para pihak adalah objek tanah. Setidaknya pembeli juga harus mengetahui apakah objek tanah yang dijual merupakan kepemilikan penjual atau tidak. Hindari membeli tanah yang status kepemilikannya ternyata merupakan tanah waris, tanah wakaf atau jaminan hutang. Deskripsi tanah yang diperjualbelikan juga harus memuat lokasi dan luas tanah, bata-batas tanah dan nomor Sertifikat Hak Milik (SHM).

Harga Tanah

Dalam Surat Pernyataan Jual Beli Tanah, penjual harus mencantumkan harga tanah yang telah disepakati kedua belah pihak. Poin ini wajib dicantumkan untuk menghindari tindakan-tindakan penjual yang akan menaikkah harga tanpa kesepakatan bersama pembeli.

Tanda Tangan

Surat pernyataan jual beli tanah bermaterai wajib ditandatangani oleh para pihak agar berlaku dan sah dalam melaksanakan transaksi jual beli tanah. Ditandatanganinya surat pernyataan ini maka kedudukannya akan semakin jelas apalagi jika diperkuat dengan mengajak notaris.

Saksi-Saksi

Selain pihak penjual dan pembeli yang terlibat, para saksi-saksi dalam surat pernyataan jual beli tanah juga sangat dibutuhkan. Hal ini dilakukan agar keaslian dari transaksi dan isi surat tersebut dapat dijamin oleh para saksi-saksi yang turut menandatangani isi surat pernyataan.

Dokumen

Di jaman digitalisasi saat ini dokumentasi berupa gambar ataupun berkas juga menjadi komponen penting untuk mendukung keaslian surat. Dalam hal ini, setidaknya para pihak dapat melampirkan dokumen berupa gambar saat melakukan perjanjian disertai dokumentasi dan berkas-berkas transaksi jual beli tanah.

Itulah 6 hal penting yang wajib tercantum dalam surat pernyataan jual beli tanah. Biasanya surat pernyataan juga akan disebutkan terkait pasal-pasal yang mengatur tentang hak dan tanggung jawab oleh para pihak. Maka dari itu, saat melakukan transaksi jual beli tanah, setidaknya harus memperhatikan keenam poin penting di atas agar tidak terjadi suatu hal yang menimbulkan kerugian di masa mendatang


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.