Seiring meningkatnya penggunaan lahan untuk berbagai keperluan, permasalahan hukum terkait sengketa tahan menjadi hal yang semakin umum ditemukan. Karenanya, jasa pengacara/advokat hukum menjadi suatu hal yang tidak terelakkan lagi.

Adapun jasa pengacara perlu diambil mengingat betapa rumitnya mengurus sebuah kasus sengketa tanah. Salah satu contohnya sebut saja kasus lahan Sari Ater, Subang, yang terus bergulir hingga saat ini.

Lembaga advokat yang terdiri dari berbagai pakar hukum tentunya memiliki keahlian mengurai permasalahan rumit terkait masalah tanah. Meski demikian, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih jasa pengacara yang baik, agar bisa memberi anda hasil maksimal.

Berikut merupakan tips-tips yang bisa anda pertimbangkan dalam memilih jasa pengacara sengketa tanah :

Mengenal Sengketa Tanah

Sebelum memilih jasa pengacara yang baik, ada baiknya anda mengetahui terlebih dahulu apa itu sengketa tanah.

Sengketa merupakan sebuah situasi dimana salah satu pihak merasa dirugikan oleh pihak lain, yang mana pihak yang dirugikan menyampaikan ketidakpuasannya sehingga terjadi perbedaan pendapat karenanya. Adapun sengketa tanah dapat berarti sebuah sengketa yang muncul akibat konflik kepentingan atas tanah.

Bila merujuk pada Permen Agraria No. 11/2016, sengketa tanah berarti perselisihan pertanahan antara orang perseorangan, badan hukum, atau lembaga yang tidak berdampak luas.

Tips memilih jasa pengacara sengketa tanah

Tidak semua pengalaman menggunakan jasa pengacara berakhir baik. Oleh karenanya anda perlu memperhatikan beberapa hal dalam memilih jasa tersebut, seperti :

  1. Pastikan memiliki track record baik

Mengetahui rekam jejak sebuah jasa pengacara merupakan perkara yang gampang-gampang susah, sebab tentu sebuah konsultan hukum akan sebisa mungkin merepresentasikan hal-hal baik tentangnya.

Untuk mengetahui apakah calon advokat hukum anda memiliki track record baik, anda bisa mencari pendapat ketiga lewat berbagai sumber. Pastikan sumber-sumber ini netral serta tidak memiliki konflik kepentingan dengan jasa pengacara yang anda pilih.

  1. Utamakan kualitas

Kualitas sebuah kantor hukum menjadi hal penting bagi anda dalam menentukan jasa pengacara sengketa tanah. Sebab, kepentingan anda menjadi taruhannya.

Upayakan untuk dapat bertanya berbagai hal tentang kantor hukum yang akan anda pilih, seperti sudah berapa lama kantor tersebut berdiri, perkara apa saja yang pernah ditangani, serta bagaimana hasil dari berbagai perkara tersebut.

Kualitas umumnya berbanding lurus dengan harga. Karenanya, jangan pernah ragu untuk merogoh kocek besar demi hasil yang memuaskan.

  1. Pilih yang jujur, loyal, dan berintegritas

Kerap terjadi sebuah kasus dimana pengacara pilihan anda membelot karena menerima bayaran (suap). Atau, ada pula contoh kasus dimana sebuah perkara sebetulnya dapat diselesaikan dengan mudah, namun dibuat seolah-olah hanya dapat diselesaikan dengan cara tertentu yang memakan biaya besar.

Praktik semacam ini banyak terjadi di lapangan. Karenanya, pastikan anda memilih calon advokat yang jujur dan loyal. Anda bisa mengetahuinya dengan melihat respon sang advokat kala ditanya mengenai kemungkinannya menang perkara. Demikian tadi 3 tips dasar memilih jasa pengacara sengketa tanah yang baik. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi pertimbangan dalam memilih jasa advokat.

Baca Juga:


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.