Menyelesaikan masalah sengketa dengan pengadilan paling sering digunakan. Apalagi kalau sengketa tanah tanpa sertifikat pasti akan menimbulkan beberapa masalah. Jalur hukum adalah cara yang akan diambil. Menggunakan jalur hukum pasti membutuhkan biaya untuk mengurusnya.  

Pada kenyataanya bayar pengadilan sengketa tanah tidak pernah tertulis di dalam peraturan. Anda pasti membutuhkan para jasa advokat atau pengacara untuk membantu permasalahan anda. Biaya yang dibebankan memang tidak ditetapkan. Tapi anda harus tahu beberapa hal yang menjadi penentu biaya jasa yang akan anda gunakan. 

Biaya Jasa Pengacara Sengketa Tanah

  • Biaya jasa profesional

Biaya ini biasanya dikeluarkan pada awal persetujuan untuk memakai jasa hukum.  Biaya ini juga digunakan untuk memilih jasa pengacara yang profesional. Hal ini terjadi pada saat tanda tangan surat kuasa untuk menjalankan pengadilan hukum.

  • Biaya yang diberikan untuk operasional

Biaya operasional diberikan untuk segala kegiatan yang dilakukan oleh pengacara. Contoh biaya operasional adalah akomodasi, biaya pengadilan, dan biaya transportasi.  Selain itu, ada beberapa biaya lain yang mungkin dibutuhkan. 

  • Biaya kesuksesan kegiatan

Biaya ini akan diberikan pada pengacara yang telah sukses menjalankan proses hukum dari kliennya. Biaya ini biasa mengambil persentase dari tanah yang menjadi sengketa.  

Dari sini anda bisa mengira berapa jumlah yang semestinya anda siapkan. Menggunakan jasa hukum atau pengadilan. Biasanya besaran biaya akan ditentukan dimana sengketa itu terjadi. Kota dan daerah juga menentukan besaran biaya pengadilan sengketa tanah yang akan dikeluarkan. 

Kelebihan Pengadilan Sengketa Tanah

  • Penentuan hukum secara arbitrase

Penyelesaian sengketa  tidak bertentangan hukum. Cara ini dibebaskan untuk memilih hukum acara untuk proses pemeriksaan. Berbagai pihak bisa memilih proses paling mudah agar sengketa yang mereka alami selesai dengan cepat. 

  • Proses atau pemeriksaannya akan dilakukan secara tertutup

Pemeriksaan yang dilakukan secara tertutup tentu akan menguntungkan berbagai pihak. Dengan begitu data pribadi dari pihak yang bersengketa tidak akan terkuak atau akan dirahasiakan. Hal ini biasanya dilakukan oleh beberapa perusahaan agar tidak menimbulkan citra yang jelek. 

  • Waktu penyelesaian masalahnya bisa dibilang sangat cepat

Banyak orang yang menginginkan penyelesain masalah yang cepat dan akurat. Cara inilah yang digunakan banyak orang. Penyelesain sengketa sangat cepat. 

  • Keputusan yang yang diberikan sangat final dan mengikat. 

Dalam hal ini berbeda dengan mode hukum biasanya karena keputusannya tidak bisa dijadikan banding. Penjelasan di atas membuktikan, meski biaya pengadilan sengketa tanah bisa dibilang banyak, tetapi sepadan dengan kelebihan yang diberikan. Dengan begitu masalah sengketa yang dihadapi bisa terselesaikan secara akurat tanpa ada kendala yang berarti untuk anda lewati.

Baca Juga:


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.