Bagaimana tips menjadi istri sholehah, menjadi salah satu hal yang banyak dipertanyakan, terutama bagi para muslimah. Banyak muslimah berkeinginan atau bercita-cita menjadi istri sholehah untuk suaminya.

Selain membanggakan bagi para suami, juga mulia di sisi Allah. Tapi, tidak mudah memang menjadi muslimah sholehah sesuai ajaran Islam. Diperlukan niat kuat dalam diri dan keistiqomahan menjalankan.

Berbagai tips yang bisa dilakukan akan diuraikan pada pembahasan berikut. Namun sebelum itu, penting memahami pengertiannya menurut Islam, hak serta kewajiban istri setelah menikah.

Pengertian Istri Sholehah Menurut Agama Islam

Istri sholehah menurut agama Islam adalah yang taat terhadap suami karena Allah. Tentu saja taat terhadap kebaikan sesuai ajaran dalam Islam. Menjalankan tips menjadi istri sholehah dibutuhkan perjuangan berat serta keimanan kuat.

Akan semakin terasa ringan dilakukan bila mendapatkan dukungan penuh dari pasangan. Salah satu upaya membentuk keluarga harmonis yaitu dengan memiliki pasangan sholehah. Tapi, peranan suami sholeh juga tidak kalah pentingnya.

Tidak heran bila banyak pria yang mendambakan wanita seperti ini untuk menjadi pendampingnya dalam menjalani kehidupan rumah tangga. Terpenting, saat melakukannya atas dasar ikhlas semata-mata mengharap ridho Allah.

Beragam Hak yang Harus Didapatkan Istri Setelah Menikah

Dalam sebuah pernikahan, istri memiliki hak yang harus didapatkan dari pasangan. Ada tiga jenis hak yang harus dipenuhi, yaitu hak mahar, nafkah dan mut’ah. Sebelum menerapkan tips menjadi istri sholehah, pahami perbedaan ketiga hak ini.

Pertama adalah hak mahar atau mas kawin sebagai konsekuensi dari adanya akad nikah. Mahar menjadi hak istri dan wali tidak diperbolehkan memintanya. Tidak boleh juga diminta lagi oleh pihak suami walaupun nanti di kemudian hari terjadi talak atau perceraian.

Berbeda situasi bila sengaja memberikan mahar kepada orang lain, maka diperbolehkan. Kedua adalah hak nafkah, berupa tempat tinggal, makanan, pakaian dan kebutuhan yang harus dipenuhi lainnya dalam keluarga.

Termasuk kategori nafkah didalamnya mendapatkan pemenuhan kebutuhan biologis. Dibandingkan infak untuk orang miskin atau pembebasan budak, memberikan nafkah kepada pasangan dan keluarga lebih besar pahalanya.

Selain tips menjadi istri sholehah, suami juga perlu menerapkan sebagai pria sholeh, salah satunya dengan memenuhi kewajiban satu ini. Ketiga yaitu hak mut’ah yang diberikan kepada istri oleh suami saat diceraikan.

Ada tiga keadaan yang membuatnya setelah ditalak tetap memiliki hak harta dari pasangan. Tapi, bisa gugur bila mengalami beberapa kondisi, salah satunya murtad. Keadaan yang dimaksud adalah belum disetubuhi, tapi saat prosesi akad mahar tidak disebutkan.

Dicerai sesudah diajak bersetubuh dan keputusan pengadilan dengan penyebab talak adalah pihak suami. Hak lainnya yaitu diperlakukan baik, kesalahan dan kekhilafan dimaafkan, dijaga, rahasia tidak disebarkan serta diajak bermusyawarah dalam berbagai aspek.

Kewajiban yang Harus Dilakukan Istri kepada Suami Setelah Menikah

Sebagai upaya menjalankan tips menjadi istri sholehah, pahami kewajiban apa saja yang harus dilakukan kepada suami sesudah menikah sesuai ajaran Islam. Kewajiban utama adalah taat terhadap pasangan, asalkan sesuai kaidah agama.

Kewajiban lainnya, menjaga diri saat ditinggalkan pergi. Bila ada tamu lawan jenis datang, sebaiknya tidak menerimanya masuk. Boleh, asal sudah memperoleh persetujuan izin dari suami atau malah ditemani untuk menghindari timbulnya fitnah.

Istri juga wajib memperlakukan dengan baik yaitu dengan menjaga kehormatan pasangan, melayani asalkan tidak melanggar aturan Allah serta memenuhi hasrat pasangan dalam keadaan yang diperbolehkan.

Baca juga: Cara Membongkar Kebohongan Suami Bisa Coba Diterapkan

Beragam Tips atau Cara Menjadi Istri Sholehah Menurut Agama Islam Bisa Dilakukan

Walaupun sulit, tidak ada salahnya mencoba untuk menerapkan cara menjadi pasangan sholehah. Ada banyak tips atau cara menjadi istri solehah menurut agama Islam yang bisa dilakukan, beberapa diantaranya:

1. Bersyukur

Senantiasa bersyukur atas apapun yang diperoleh suami, terutama pendapatan. Seperti kita tahu bahwa kehidupan rumah tangga tidak selalu berjalan sesuai rencana, termasuk dengan perolehan rezeki.

2. Pandai Menjaga Rahasia Pasangan

Jangan biarkan orang lain tahu mengenai keburukan pasangan, sebagai istri harus pandai menjaga rahasia suami. Tidak pantas mengumbar keburukan pasangan sendiri di hadapan orang lain.

3. Mendahulukan Kepentingan Suami

Cara atau tips menjadi istri sholehah selanjutnya yaitu mendahulukan kepentingan suami dibandingkan orang tua. Pasangan sholeh tidak akan melarang istrinya untuk berbakti juga kepada orang tua. Akan lebih baik bila keduanya seimbang.

4. Menutup Aurat

Saat bertemu selain mahram menjaga aurat supaya tertutup karena yang memiliki hak atas istri adalah suami. Sebenarnya kewajiban menurut aurat tidak harus setelah mempunyai suami. Tapi, saat sudah mempunyai suami harus lebih diperhatikan.

5. Tidak Gengsi Minta Maaf

Bila ada pertengkaran tidak gengsi untuk meminta maaf. Sebab, komunikasi adalah salah satu kunci agar konflik terjadi segera mereda. Alangkah baiknya bila keduanya sama-sama paham kapan harus memulai meminta maaf.

6. Atas Izin Pasangan Saat Bepergian

Cara atau tips menjadi istri sholehah terakhir yaitu saat akan bepergian selalu atas izin pasangan supaya terhindar dari fitnah atau ghibah. Selain untuk menghindari fitnah juga supaya pasangan tidak khawatir karena sudah mendapatkan kabar dari Anda.

Beberapa Cara Mendidik Istri Supaya Menjadi Muslimah Sholehah untuk Suami

Bagi para suami, memiliki pasangan sholehah memang diidamkan, tapi kenyataannya tidak selalu demikian yang diperoleh. Ada juga pasangan yang selalu membangkang saat disuruh padahal tidak menyalahi aturan agama.

Bila dibiarkan tanpa bimbingan, akan rentan menimbulkan konflik dan bukan tidak mungkin mengarah ke perceraian. Situasi ini membuat peran suami sangat penting untuk mendidik pasangannya supaya menjadi sholehah.

1. Menghargai Pasangan

Sebelum mendidik dan menerapkan tips menjadi istri sholehah, sebaiknya segala sesuatunya dimulai dari diri sendiri. Bisa saja istri sering membangkang atau tidak menurut karena pasangan tidak menghargainya atau menyakiti perasaannya.

Jangan semata-mata menyalahkan satu pihak, saling introspeksi diri juga perlu. Supaya dihargai, sebagai suami harus menghargai pasangannya terlebih dahulu. Selain menghargai, menjaga kepercayaan juga tidak kalah penting dilakukan.

2. Menjadi Sosok Romantis

Cara lainnya mendidik pasangan yaitu menjadi sosok suami romantis. Hingga pasangan berpikir bahwa suaminya merupakan sosok yang pantas menjadi panutan. Bukan tidak mungkin dengan cara ini perubahan sikap pasangan akan drastis.

3. Memberi Nasehat

Cara berikutnya dengan menasehati, bisa secara langsung atau melalui pihak ketiga, tapi jangan terkesan menggurui. Bila terkesan menggurui, biasanya apa yang disampaikan cenderung tidak didengarkan.

4. Mengajak Ibadah atau Ikut Pengajian Bersama

Menerapkan tips menjadi istri sholehah bagi suami terakhir yaitu dengan mengajak ke pengajian dan ibadah bersama. Ajak dengan sedikit merayu dan lembut, supaya pasangan mau ikut. Jangan lupa berdoa kepada Allah supaya upaya yang dilakukan berhasil.

Menjawab Pertanyaan Apakah Istri Wajib Menuruti Seluruh Perintah Suami

Apakah istri wajib menuruti seluruh perintah yang diberikan oleh suami? Jawabannya adalah tidak. Agama Islam memberikan kewajiban kepada istri taat pada suami hanya dalam situasi tertentu saja.

Walaupun wajib menaati suami, tetap dilarang menaati perintah batil atau tidak sesuai ajaran Islam alias melanggar syariat. Keadaan yang diperbolehkan untuk menolak perintah suami salah satunya disuruh berbuat kufur atau syirik.

Perintah lainnya membuka aurat di depan umum, meminta bersenggama saat kondisi sedang haid atau melalui dubur, memutuskan hubungan silaturahmi dengan keluarga maupun orang lain tanpa alasan jelas.

Bukan hanya manfaat dunia saja yang diperoleh bila menjadi muslimah sholehah, tapi juga tabungan untuk akhirat. Asalkan penerapan tips menjadi istri sholehah yang dilakukan semata-mata karena Allah.

Konsultasikan Permasalahan Cerai Pada Justika

Untuk beberapa orang, cerai adalah solusi untuk permasalahan rumah tangga yang sudah tidak bisa dipertahankan. Namun terkadang dalam proses cerai juga bisa timbul beberapa masalah atau kebingungan yang lainnya. Untuk itu, Justika memiliki solusi untuk masalah atau kebingungan Anda terkait perceraian melalui laman ini.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.