Tidak sedikit istri yang bingung cara membongkar kebohongan suami. Khawatir nantinya malah membuat masalah menjadi lebih runyam atau alasan lain yang membuat istri mengurungkan niat untuk membongkar.

Padahal bila tetap dibiarkan bukan membuat hubungan pasangan menjadi semakin harmonis, malah sebaliknya. Apalagi bila kebohongan tersebut sudah dilakukan dalam waktu cukup lama.

Jangan sampai karena memendam perasaan kecewa terlalu lama akibat dibohongi, suatu saat malah menjadi pertengkaran hebat. Bagi Anda yang ingin membongkar kebohongan suami, simak berbagai caranya sebagai berikut.

Faktor Utama Penyebab Suami Melakukan Kebohongan

Kebohongan yang dilakukan oleh siapapun itu, termasuk suami tentu memiliki faktor penyebab atau alasan. Salah satu faktor utama yang menyebabkan hal ini terjadi yaitu supaya permasalahan lebih sederhana karena malas bertengkar.

Jika hanya dilakukan sekali, mungkin bukan sebuah permasalahan besar, apalagi alasannya ternyata benar-benar untuk kebaikan. Bila sudah sangat parah, cara membongkar kebohongan suami akhirnya diterapkan sebagai upaya mengatasi.

Faktor penyebab lainnya adalah tidak ingin menyakiti, takut kehilangan, tidak ingin terlihat lemah, ingin menyenangkan, sudah menjadi kebiasaan dan memang sengaja menutupi kebenaran.

Padahal alasan berbohong karena alasan untuk menghindari pertengkaran malah akan membuat permasalahan berpotensi menjadi lebih besar saat istri mengetahuinya. Bahkan berkemungkinan istri meninggalkan karena sudah sangat kecewa terlalu sering dibohongi.

Berbagai Ciri Seseorang Berbohong yang Penting Dipahami

Sebelum mengetahui cara membongkar kebohongan suami, kenali ciri-cirinya terlebih dahulu. Jangan sampai menjadi sebuah tuduhan yang membuat pasangan merasa tidak nyaman. Dilihat dari sikap, berbeda dari yang biasanya dilakukan.

Ciri lainnya, menghindari kontak mata saat diajak mengobrol, menghindari atau menjauhkan tubuh dari posisi lawan bicara, tidak tenang alias gelisah, tidak konsisten dengan yang disampaikan, menyalahkan dan menuduh orang lain.

Tanpa diminta menceritakan detail peristiwa yang dialami secara berlebihan, terus mengelak pertanyaan, tampak ragu menyampaikan sesuatu, membela diri berlebihan, wajah menjadi pucat, tubuh berkeringat, menutup mulut menggunakan tangan dan masih banyak ciri lainnya.

Inilah Berbagai Cara Membongkar Kebohongan Suami Bisa Coba Diterapkan

Membongkar kebohongan yang dilakukan oleh pasangan memerlukan trik khusus supaya berhasil. Jangan terburu-buru menghakimi, karena bisa saja Anda salah menduga. Inilah beberapa cara membongkar kebohongan suami yang bisa Anda coba terapkan:

1. Mengecek Handphone Suami

Cara pertama adalah mengecek handphone suami. Sebenarnya mengecek HP secara diam-diam bukanlah sebuah tindakan yang baik. Hal ini mengingat tidak semua orang nyaman saat privasinya dilihat oleh pihak lain, termasuk pasangan.

Tapi, pada situasi tertentu sikap ini perlu dilakukan walaupun tidak selalu mudah. Sebab, secara umum suami sudah mengantisipasi hal ini dengan menghapus pesan maupun history panggilan. Ketika HP tidak dalam jangkauan pasangan, Anda bisa mengeceknya.

2. Mengumpulkan Segala Bukti

Cara membongkar kebohongan suami selanjutnya yaitu mengumpulkan segala bukti untuk memastikan kebenaran. Bukti ini bisa Anda tunjukkan saat suami mengelak. Bukti bisa melalui berbagai bentuk, mulai dari pesan singkat, foto, video dan lain-lain.

Anda perlu memastikan bahwa apa yang dikatakan itu sesuai kenyataan atau tidak. Berbicara tanpa bukti hanya akan dianggap sebagai bentuk tuduhan. Bukannya membongkar, yang terjadi malah pertengkaran dan saling tuduh.

3. Menanyakan Kebenarannya kepada Teman Dekat Suami

Mengungkap kebenaran bisa melalui banyak sumber, bukan hanya berdasarkan penglihatan mata kepala sendiri. Anda bisa mendapatkan bukti dari kesaksian pihak ketiga, seperti teman dekat pasangan.

Biasanya teman dekat akan lebih mengetahui apa yang dilakukan oleh suami. Tapi, cara membongkar kebohongan suami satu ini tidak menjamin mereka akan terbuka saat ditanya. Jadi, sebaiknya Anda mencari informasi bukan hanya pada satu sumber saja.

4. Mencari Tahu Motifnya

Bila Anda sudah berhasil menemukan berbagai bukti kebohongan dan semakin terlihat mencurigakan, cari tahu apa motifnya. Pastikan apakah motifnya karena ada desakan atau ingin sengaja menutupi sesuatu.

Melalui motif tersebut, Anda bisa menemukan penyebab utama kebohongannya. Bisa saja motif yang dilakukan karena kekhawatiran terhadap respons istri akan negatif bila jujur, akhirnya pasangan takut mengatakan hal sebenarnya.

5. Mengajukan Pertanyaan Secara Mendetail

Cara membongkar kebohongan suami berikutnya adalah ajukan pertanyaan secara mendetail. Biarkan suami menjelaskan, dengarkan, lalu amati. Saat memberikan pertanyaan usahakan untuk tetap tenang, seperti mengobrol biasa.

6. Mengajukan Pertanyaan Menjebak Sesekali

Selain memberikan pertanyaan mendetail, ajukan juga jebakan sesekali. Salah satu contohnya Anda mengetahui bahwa teman dekat pasangan ada di rumah, tapi suami bilang kemarin pergi dengannya.

7. Perhatikan Apapun Ucapan yang Keluar

Saat pasangan mengucapkan sesuatu, perhatikan apapun kalimat yang keluar. Gaya bicara berbeda dari biasanya juga bisa menjadi ciri kebohongan. Diperlukan kecermatan, apalagi sebagai istri biasanya sudah paham betul perilaku suami saat berbohong.

8. Bersikap Lebih Tenang tapi Tegas

Saat ingin membongkar kebohongan, Anda perlu bersikap lebih tenang supaya tidak dicurigai sedang menaruh curiga. Walaupun tenang, tetap harus tegas dalam menentukan sikap.

9. Saat Berkomunikasi Melakukan Kontak Mata

Cara membongkar kebohongan suami terakhir yaitu dengan melakukan kontak mata saat berkomunikasi. Biasanya orang berbohong cenderung menghindari kontak mata atau terlalu tajam menatap saat diajak berbicara.

Apakah Kebohongan Suami Bisa Dijadikan Alasan Perceraian

Apakah kebohongan suami bisa dijadikan sebuah alasan untuk bercerai? Jawabannya adalah bisa. Pada praktiknya, salah satu penyebab perceraian adalah karena ketidakterbukaan pasangan kepada istri, atau sebaliknya.

Akibat yang ditimbulkan dari kebohongan ini adalah pertengkaran. Pada akhirnya kehidupan rumah tangga menjadi tidak rukun, bahkan ada juga yang berujung pada kekerasan. Merupakan hak istri bila ingin menggugat cerai, tapi harus berdasarkan alasan dan bukti jelas.

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa melihat artikel Alasan Cerai yang Diterima Hakim Perceraian Pengadilan Agama

Beberapa Hal yang Bisa Dilakukan Bila Pasangan Berbohong Terus Menerus

Bagaimana bila cara membongkar kebohongan suami diatas sudah dilakukan tapi pasangan tetap tidak berubah? Apalagi, pasangan sudah berjanji tidak akan mengulangi dan kenyataannya berbanding terbalik.

Sebaiknya, Anda menanyakan terlebih dahulu alasan berbohong, barangkali memang benar-benar positif dan masih bisa ditoleransi. Penting diingat, bahwa tidak semua kebohongan bisa ditoleransi, apalagi sudah diberi kesempatan berkali-kali untuk berubah.

Anda bisa mempertimbangkan hubungan untuk lanjut atau tidak. Sebab, ada beberapa dari mereka yang memiliki sifat pembohong, sehingga sulit diubah. Sebelum membuat keputusan besar, pertimbangkan ulang dan pastikan sudah yakin dengan konsekuensinya.

Bagaimana Jika Suami Berbohong dengan Alasan Demi Kebaikan

Lalu, bagaimana jika suami berbohong dengan alasan demi kebaikan? Tidak semua kebohongan itu buruk, bila alasannya karena demi kebaikan sah saja dilakukan. Tapi, perlu dipahami pemakaiannya karena seringkali dijadikan alasan untuk menutupi keburukan alias manipulatif.

Bila dibiarkan bukannya keadaan semakin membaik malah semakin memburuk. Cara membongkar kebohongan suami bisa Anda lakukan untuk memastikan apakah memang benar alasannya karena kebaikan atau malah sebaliknya.

Hal yang Penting Dipertimbangkan Sebelum Membongkar Kebohongan Suami

Sebelum membongkar kebohongan pasangan, ada hal penting dijadikan pertimbangan. Anda perlu menyiapkan diri ketika nantinya tidak mendapatkan jawaban secara jujur. Jangan langsung terbawa emosi, dengarkan terlebih dahulu apa yang diucapkan.

Bila ternyata memang berbohong, Anda bisa memberikan bukti dan menyampaikan sampai sebatas mana bisa ditoleransi. Banyak istri memilih untuk mengabaikan kebohongan pasangannya, padahal berpotensi menghancurkan rumah tangga.

Bisa dikatakan susah-susah gampang mengungkap kebenaran, apalagi saat pasangan terus saja mengelak padahal sudah ada bukti nyata. Tidak ada salahnya menerapkan cara membongkar kebohongan suami diatas sebagai salah satu upaya memperbaiki hubungan rumah tangga.

Konsultasikan Permasalahan Cerai Pada Justika

Untuk beberapa orang, cerai adalah solusi untuk permasalahan rumah tangga yang sudah tidak bisa dipertahankan. Namun terkadang dalam proses cerai juga bisa timbul beberapa masalah atau kebingungan yang lainnya. Untuk itu, Justika memiliki solusi untuk masalah atau kebingungan Anda terkait perceraian melalui laman ini.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.