Ada berbagai macam konsekuensi atau dampak dari perceraian. Salah satunya dari segi administrasi seperti Kartu Keluarga (KK). Dikarenakan kedua belah pihak sudah resmi bercerai, maka dari dokumen kependudukan juga perlu dirubah seperti merubah isi KK. Untuk itu Anda perlu tahu mengenai syarat pecah KK karena cerai.

Syarat Pecah Kartu Keluarga Karena Cerai

KK atau kartu keluarga merupakan salah satu dokumen penting yang perlu dimiliki setiap keluarga. Dokumen ini juga akan dibutuhkan sebagai syarat pengurusan dokumen lainnya. Akan tetapi ketika terjadi perceraian, maka isi atau data keluarga pada kartu keluarga tersebut juga harus disesuaikan dengan yang benar.

Dalam hal ini perlu dilakukan pecah KK, berikut adalah beberapa syarat pecah KK karena cerai:

  1. Kartu keluarga lama asli
  2. Asli dan fotokopi akta cerai
  3. Surat pengantar dari kelurahan atau desa
  4. Surat keterangan pindah apabila pindah domisili

Jika syarat pecah KK karena cerai tersebut sudah Anda penuhi, maka selanjutnya Anda bisa mengajukan perubahan kartu keluarga.

Baca juga: Surat Panggilan Sidang Cerai: Aturan Hingga Tata Cara Pemanggilannya

Cara atau Prosedur Pecah Kartu Keluarga

Berikut adalah beberapa cara atau prosedur yang bisa Anda ikuti ketika ingin membuat KK baru atau melakukan pecah KK:

  1. Datang ke Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dengan membawa syarat pecah KK karena cerai.
  2. Kemudian Anda diminta untuk mengisi formulir perubahan KK.
  3. Petugas akan melakukan verifikasi dan validasi data.
  4. Permohonan akan diproses untuk dilakukan verifikasi hingga ke atasan untuk di input oleh operator ke dalam Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK)  agar proses pencetakannya.
  5. Setelah ditandatangani dan dicetak oleh Kepala Dinas, dokumen tersebut akan diberikan pada pemohon.

Biaya Pecah KK Karena Cerai

Untuk mengurus KK baru tidak dibutuhkan biaya atau Anda bisa mengurusnya secara gratis. Akan tetapi, Anda bisa dikenakan denda jika terlambat melakukan permohonan atau penggantian lewat dari 1 bulan sejak terjadinya peristiwa kependudukan seperti kelahiran, perkawinan, kematian, perceraian atau hal lainnya.

Denda administratif yang diberlakukan akan berbeda di setiap wilayah atau daerah.

Konsultasikan Permasalahan Cerai Pada Justika

Untuk beberapa orang, cerai adalah solusi untuk permasalahan rumah tangga yang sudah tidak bisa dipertahankan. Namun terkadang dalam proses cerai juga bisa timbul beberapa masalah atau kebingungan yang lainnya. Untuk itu, Justika memiliki solusi untuk masalah atau kebingungan Anda terkait perceraian melalui laman ini.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.