Proses perceraian memang cukup rumit, apalagi jika itu menyangkut hak asuh anak dan juga harta gono gini. Masing-masing pihak akan berusaha memenangkan perkaranya.

Biaya jasa pengacara perceraian

Proses perceraian bisa berlangsung lama dan rumit. Guna memudahkan proses perceraian maka bisa sewa jasa pengacara khusus perceraian. Dengan demikian maka tak perlu repot mengurusnya. Waktu dan tenaga bisa tetap fokus pada pekerjaan dan hal-hal penting lainnya. Tarif pengacara perceraian bervariasi tergantung pada tingkat kerumitan kasusnya dan juga lokasi perceraiannya. Biaya jasa pengacara perceraian Jakarta bisa saja berbeda dengan biaya jasa pengacara perceraian Surabaya ataupun kota-kota yang lainnya. Adapun kisaran biayanya ialah mulai dari kisaran 10 juta Rupiah. Namun jika terjadi banding maka akan ada biaya tambahan yang dikenakan. Jasa Pengacara Perceraian Murah bisa didapatkan jika sebelumnya telah terjadi kesepakatan bercerai dan tinggal membahas mengenai pembagian hak asuh anak jika ada, serta harta gono gini. Namun jika telah ada kesepakatan pisah harta sebelum nikah maka itu bisa lebih mudah dan lebih cepat lagi. Biaya jasa pengacara perceraian tersebut antara lain terdiri dari sebagai berikut.

Biaya Pendaftaran Perkara

Besarannya sekitar mulai dari 1 juta Rupiah hingga 2 juta Rupiah tergantung lokasi pengadilan tempat perkara persidangan berlangsung.

1. Lawyer Fee

Biaya pengacara ini bervariasi tergantung senioritas dan keahlian profesional tiap pengacara serta berdasarkan pada kesepakatan. Biaya tersebut juga bisa dihitung per jam dan biasanya dibayarkan lunas di awal sejak tanda tangan kuasa perkara. Kisarannya ialah mulai dari sekitar 10 juta Rupiah.

2. Biaya Opersional

Biaya ini ialah biaya-biaya yang diperlukan guna pemberkasan dan biaya transportasi. Adapun total besarannya bisa juga sesuai kesepakatan.

3. Success Fee

Besaran biaya ini ialah sekitar mulai dari 10% yang didapat jika berhasil memenangkan perkara dan mendapat pembagian harta gono gini yang sesuai dengan yang dikehendaki oleh pihak penyewa jasa pengacara.

Selain itu jika ada proses banding maka ada juga biaya banding mulai dari sekitar 25 juta Rupiah dan jika harus menjalani proses kasasi maka akan ada lagi biaya kasasi mulai dari sekitar 15 juta Rupiah. Biaya-biaya tersebut akan lebih murah jika dilaksanakan di pengadilan agama jika dibandingkan dengan di pengadilan negeri.

Keuntungan Menyewa Pengacara Perceraian

Dengan menggunakan jasa pengacara perceraian maka berikut ini ialah beberapa keuntungan yang akan diperoleh.

  • Tidak perlu repot mengurus sendiri proses perceraian.
  • Proses perceraian akan dilaksanakan sesuai prosedur dan terhindar hari risiko cacat hukum akibat salah prosedur atau ada tahapan yang kurang.
  • Menghindari tekanan dan penipuan dari pihak lawan selama menjalani proses perceraian.
  • Mendapatkan hak sesuai dengan yang diharapkan. Dalam hal ini meliputi hak asuh anak dan juga pembagian harta gono gini.

Itulah antara lain gambaran biaya jasa pengacara perceraian, dan faktor-faktor yang mempengaruhinya.

Baca Juga: Urus Cerai Tanpa Sidang? Siapkan Biaya Sewa Pengacara Perceraian


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.