Hukum talak lewat SMS menjadi pembahasan yang sering banyak ditanyakan. Talak atau perceraian sering kali dipilih oleh banyak pasangan sebagai jalan keluar untuk mengakhiri masalah yang terjadi dalam hubungan mereka.

Dalam islam talak merupakan pilihan tidak disukai oleh Allah SWT. tetapi juga tidak dilarang. Biasanya pemintaan cerai dijatuhkan oleh suami untuk istrinya melalui lisannya tetapi ada beberapa suami yang menceraikan istrinya melalui pesan singkat atau SMS.

Hukum talak lewat SMS apakah bisa dianggap sah, untuk mencari tahu jawabannya Anda bisa menyimak artikel ini. Kami akan membahas secara lengkap mengenai hukumnya menceraikan istri melalui tulisan atau pesan singkat.

Hukum Talak Lewat SMS, Ini Penjelasannya

Banyak alasan bisa menyebabkan sepasang suami-istri memutuskan untuk mengakhiri biduk rumah tangga mereka. Alasan yang paling banyak disebabkan karena timbulnya ketidakcocokan sehingga selalu menimbulkan masalah terus-menerus tiada akhir.

Oleh sebab itu, banyak pasangan mengaku lebih baik untuk bercerai daripada harus terus hidup dalam masalah tidak kunjung berakhir. Biasanya, yang menjatuhkan talak dan akan langsung dianggap sah adalah seorang suami.

Suami dapat berbicara secara terang-terangan secara lisan dan juga ia mengucapkannya secara bias atau kinayah. Kedua tipe menjatuhkan talak kepada istri dari sisi suami dianggap sah.

Hukum talak lewat SMS atau pesan singkat juga dapat dianggap sah. Awalnya cara perceraian ini menimbulkan perbedaan pendapat pada setiap ulama. Namun pada akhirnya talak lewat SMS dapat dikategorikan sah karena SMS atau pesan singkat juga termasuk pada tulisan.

Hukum penalakan melalui tulisan termasuk pada kategori pemberian talak sharih atau tegas tidak perlu niat apapun. Atau juga bisa termasuk kepada kategori kinayah atau bias artinya talaknya dijatuhkan melalui sindiran dan memerluan niat agar dapat disebut sah.

Tanda-tanda hukum talak lewat SMS dianggap sah dapat dilihat dari beberapa hal. Pertama, pastikan pesannya dikirim adalah permintaan asli dan ditulis oleh suaminya langsung. Karena bisa saja yang mengirimkan teks tersebut merupakan orang lain berniat jahat terhadap hubungan tersebut.

Atau bisa saja suami melakukan hal tersebut dikarenakan untuk mengancam istrinya, dan juga ada kemungkinan lainnya pesan tersebut dikirim oleh perwakilan suami lainnya namun dikirimkan melalui nomor pasangannya.

Apakah talak harus ada saksi jawabannya tidak harus, sehingga ketika seorang suami menceraikan istrinya walaupun tidak ada saksi maka hukum talaknya tetap sah dan dianggap telah bercerai.

Hukum Talak yang Dianggap Sah

Dalam islam dapat menceraikan dan mengambil keputusan untuk mengakhiri sebuah hubungan suami-istri adalah seorang suami. Suami diperbolehkan menceraikan istrinya jika memang hubungan antara keduanya hanya ada keburukan didalamnya.

Contohnya antara suami dan istri selalu bertengkar karena suatu masalah serta masalah tersebut selalu ada tidak dapat diselesaikan. Serta, Satu-satunya jalan keluar yang dapat ditempuh oleh keduanya adalah perceraian.

Hukum talak di luar pengadilan dilakukan oleh suaminya akan dianggap sah dengan beberapa syarat yang harus Anda ketahui. Pertama, suami memiliki akal/pikiran sehat dan tidak sedang menderita penyakit kejiwaan atau sedang tidur.

Sehingga ketika seorang suami memutuskan tali pernikahan saat keadaannya mabuk atau tidur maka ucapannya tersebut dianggap tidak sah. Terdapat dua cara yang dapat dilakukan untuk menceraikan istrinya sesuai dengan hukum talak lewat SMS.

Pertama secara jelas atau tegas disebut juga terang-terangan. Artinya suami menceraikan istrinya dengan jelas sehingga istri dapat memahami perkataannya tanpa harus diniatkan terlebih dahulu maupun maksudnya serius atau juga bercanda.

Yang kedua adalah diucapkan serta talak lewat surat atau tulisan secara kinayah atau bias, biasanya dilakukan melalui sindiran atau perumpaan sehingga dapat dimaknakan perceraian walaupun tidak disampaikan secara jelas. Akan dianggap sah jika suami melakukan niat yang sama untuk menceraikan istrinya.

Tetapi, jika suami tidak mengucapkan niat maka hukum talak lewat sms tidak akan dikatakan sah. Terakhir, syarat perceraian jika dilakukan pada sisi istri dapat dilakukan dengan catatan dirinya telah dipilih oleh suaminya untuk diceraikan.

Maksudnya, kondisi ini biasanya berlaku jika suaminya melakukan poligami dan ia menunjuk salah satu istrinya untuk diceraikan sehingga talak tersebut bisa dianggap sah. Walaupun penunjukannya dilakukan secara tulisan atau pesan singkat.

Hukum talak lewat sms ini tetap dianggap sah, karena perlu diingat hukumnya istri meminta cerai pada suaminya itu adalah haram tanpa adanya alasan syar’i. Karena Nabi Muhammad SAW pernah bersabda wanita meminta cerai terhadap suaminya tanpa adanya alasan yang dapat dibenarkan diharamkan bau surga.Perceraian merupakan suatu tindakan tidak disukai oleh Allah SWT, tetapi jika memang jalan keluarnya hanya perceraian ambilah keputusan saat antara kedua belah pihak memiliki emosi yang stabil. Karena hukum talak lewat SMS tetap akan dianggap sah jika disampaikan secara jelas oleh seorang suami.

Konsultasikan pada Justika Tentang Hukum Talak Lewat SMS

Beberapa orang terkadang masih bingung mengenai aturan dan hukum talak di Indonesia. Untuk itu Anda bisa bertanya pada mitra advokat Justika yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidangnya. Konsultasikan permasalahan Anda terkait beberapa hal tersebut melalui layanan berbayar Justika, seperti:

Konsultasi Chat

Konsultasi hukum kini lebih mudah dan terjangkau hanya dengan Rp 30.000 saja menggunakan layanan Konsultasi Chat dari Justika. Anda hanya perlu ketik permasalahan hukum yang ingin ditanyakan pada kolom chat. Langkah selanjutnya Anda bisa melakukan pembayaran sesuai dengan instruksi yang tersedia. Kemudian  sistem akan segera mencarikan konsultan hukum yang sesuai dengan permasalahan Anda.

Konsultasi via Telepon

Dengan  Konsultasi via Telepon, Anda akan mendapatkan kesempatan untuk berbicara dengan Mitra Konsultan Hukum secara mudah dan efektif melalui telepon selama 30 menit hanya dengan Rp 350.000 atau Rp 560.000 selama 60 menit (sesuai pilihan Anda), untuk berdiskusi lebih detail mengenai permasalahan hukum yang dialami.

Konsultasi Tatap Muka

Sementara melalui Konsultasi Tatap Muka, Anda akan mendapatkan layanan untuk bertemu dan berdiskusi langsung dengan Mitra Advokat Justika selama 2 jam (dapat lebih apabila Mitra Advokat bersedia). Selama pertemuan, Anda dapat bercerita, mengajukan pertanyaan secara lebih bebas dan mendalam, termasuk menunjukan dokumen-dokumen yang relevan.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.