Hati-hati kata-kata ini bisa berarti cerai bagi pasangan suami istri. Kata-kata yang tidak baik terkadang terucap ketika sedang marah atau frustrasi. Namun, kata-kata tertentu dalam agama Islam dapat memiliki implikasi yang besar dalam kehidupan seseorang. Misalnya kata-kata cerai, karena dalam Islam talak dapat jatuh hanya dengan ucapan seorang suami.

Perceraian dalam Islam diperbolehkan meskipun dibenci karena secara tidak langsung memberikan keburukan lain. Oleh sebab itu, para suami harus berhati-hati dalam mengucapkan kata-kata yang bermakna mentalak atau menceraikan istri. Namun, jika Anda memang ingin mengajukan cerai mungkin perlu untuk merujuk contoh surat pernyataan cerai diatas materai.

Lantas, apa saja kata-kata yang dapat memberikan akibat perceraian dalam perkawinan? Berikut ini beberapa hal yang membuat Anda harus hati-hati dalam mengucapkannya.

Hati-Hati Kata-Kata Ini Bisa Berarti Cerai

Meskipun tanpa surat pernyataan cerai, secara agama cerai bisa dilakukan hanya dengan ucapan. Kalau begitu, sahkah cerai dengan surat pernyataan di atas materai? Berikut ini perkataan atau kalimat yang bisa bermakna cerai karena sekedar diucapkan oleh suami dalam perkawinan:

1. Ucapan Talak yang Jelas

Kata-kata ini diucapkan dengan makna yang jelas oleh seorang suami. Disebut juga sebagai talak sharih. Contoh kata-katanya:

“Saya talak kamu.”

“Kamu bukan istriku lagi sekarang.”

“Aku ceraikan kamu.”

“Pernikahan kita selesai sampai di sini.”

2. Ucapan Talak Tidak Jelas

Patut untuk hati-hati kata-kata ini bisa berarti cerai juga meskipun tidak terlalu jelas maknanya, tetapi tersirat menginginkan cerai. Ini disebut juga dengan talak kinayah. Contoh kata-katanya:

“Kembalilah kepada orangtuamu.”

“Silahkan menikah dengan orang lain.”

Kalimat talak kinayah dianggap sah sebagai talak bila diniatkan untuk menjatuhkan talak. Oleh sebab itu, kalimat ini tergantung daripada niat yang menyatakannya. Jika niatnya untuk menjatuhkan talak, maka talaknya sah.

3. Ucapan Talak Dengan Waktu Tertentu

Kata-kata yang bisa menjadi talak selanjutnya adalah ucapan talak dengan waktu tertentu. Kalimat talak ini disandarkan dengan waktu yang mengakibatkan talak akan jatuh bila tiba waktu yang diucapkan. Contoh kata-katanya:

“Mulai besok kamu bukan istriku lagi.”

“Aku talak kamu bulan depan.”

4. Ucapan Talak Dengan Syarat Tertentu

Suami wajib hati-hati kata-kata ini bisa berarti cerai karena mentalak istri dengan syarat tertentu. Ucapan ini keluar dengan ungkapan talak dengan kondisi tertentu yang diberikan oleh suami. Contoh kata-katanya:

“Jika kamu pergi ke rumah saudaramu, maka kita cerai.”

“Kita bercerai jika kau mengembalikan barang-barangmu.”

Talak ini disebut juga talak bersyarat atau talak mu’allaq.

5. Ucapan Talak Dengan Janji

Ucapan talak ini berbeda dengan talak dengan waktu tertentu yang otomatis sah ketika waktunya telah datang. Hati-hati kata-kata ini bisa berarti cerai ketika saat yang dijanjikan tiba lalu suami menjatuhkan talak, maka talaknya sah. Tetapi bila saat yang telah diucapkan telah tiba dan suami tidak mengucapkan talak, maka talaknya tidak jatuh. Contoh kata-katanya:

“Saya akan menceraikanmu saat lebaran.”

“Saya akan menceraikanmu ketika saya sembuh.”

Gunakan Layanan Justika Untuk Mendapat Saran Hukum Tentang Perceraian

Perceraian memang permasalahan yang sangat rumit, tidak semua orang atau pasangan mampu menyelesaikan perceraian seorang diri. Dengan demikian, bantuan dan saran hukum sangat diperlukan agar permasalah perceraian terselesaikan dengan semestinya.

Justika bersama Advokat dan Pengacara Andal profesional, akan membantu Anda menangani kasus perceraian. Anda akan mendapatkan saran hukum langsung dari pengacara pilihan yang berpengalaman dalam bidang perceraian, melalui Layanan Perceraian Pengacara profesional Justika akan membantu Anda terkait semua permasalahan tentang perceraian Anda.

Konsultasikan Masalah Perceraian Melalui Justika

Beberapa kata-kata tertentu yang sengaja dikeluarkan suami bisa berarti talak. Untuk itu, Anda bisa berkonsultasi dengan advokat terpercaya yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun dengan seleksi yang ketat di Justika guna mendapatkan solusi atas permasalahan Anda melalui beberapa layanan berbayar berikut:

Konsultasi via Chat

Kini, konsultasi chat dengan advokat berpengalaman hanya mulai dari Rp 30.000 saja. Dengan harga tersebut Anda sudah bisa mendapatkan solusi permasalahan hukum Anda dengan cara menceritakan permasalahan yang dihadapi melalui kolom chat. Nantinya sistem akan mencari advokat guna membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Konsultasi via Telepon

Untuk permasalahan yang membutuhkan solusi lebih lanjut, Anda bisa memanfaatkan layanan konsultasi telepon mulai dari Rp 350.000 selama 30 menit atau Rp 560.000 selama 60 menit.

Konsultasi via Tatap Muka

Konsultasi tatap muka bisa dilakukan ketika Anda benar-benar membutuhkan saran secara langsung dari advokat terpercaya untuk kasus yang lebih rumit. Hanya dengan Rp 2.200.000 saja, Anda sudah bisa bertemu secara langsung selama 2 jam untuk bertanya lebih dalam hingga menunjukkan dokumen-dokumen yang relevan untuk membantu permasalahan Anda.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.