Sudah tahu cara menceraikan istri nikah siri yang dilakukan tanpa tindak pidana seperti yang sering dikatakan oleh orang kebanyakan? Nikah siri bukan menjadi satu hal yang baru lagi, tetapi masih dilarang karena dianggap tidak sah. Jadi, bagaimana cara untuk ceraikan?

Menikah siri telah menjadi salah satu kegiatan yang sering namun masih dilarang. Nikah siri sendiri memiliki arti menikah secara diam-diam untuk menghindari konsekuensi tertentu dari banyak pihak. Bisa jadi pernikahan ini dilakukan tanpa wali yang masih berhubungan.

Ada juga yang menikah siri karena hanya ingin memuaskan nafsu syahwat tanpa memikirkan urusan keluarga ke depannya. Dan masih ada banyak alasan orang dalam memutuskan untuk menikah sisi. Tetapi yang harus Anda tahu adalah, sulit alasan cerai yang diterima hakim.

Nama Anda dan pasangan tidak akan tercantum di kantor agama karena perkawinan hanya sah secara agama karena memenuhi rukun nikah, tetapi tidak sah berdasarkan negara. Jadi, jika ada satu dua hal yang mengganjal, ini juga akan terjadi ketika memutuskan bercerai.

Ada Pidana Terhadap Praktik Cara Menceraikan istri Nikah Siri

Jarang diketahui bahwa biaya pengambilan akta cerai akan mudah jika dilakukan oleh pasangan yang sah. Namun, jika dilakukan oleh para pasangan yang menikah siri, ini akan menjadi sebuah masalah yang timbul karena namanya yang tidak terdata di kantor.

Praktik kawin siri ini bisa saja menimbulkan masalah baru soal hukum karena ada hukum yang menengahinya serta dapat dikenakan pidana tentang pasal 279 KUHP. Hanya saja, penggunaan pasal ini masih belum cukup konsisten untuk menangani masalah nikah siri.

Dalam pasal ini dijelaskan bahwa barang siapa yang melakukan pernikahan siri dapat diancam pidana penjara paling lama lima tahun. Termasuk segala praktik ceraikan istri nikah secara siri yang tidak tepat juga dapat menjadi penghalang siapa saja yang akan bercerai.

Hanya saja, Indonesia masih belum menganut sistem yurisprudensi yang ketat sehingga praktik nikah siri masih dianggap terkadang kuat, terkadang lemah. Dalam kasus ini juga, banyak yang anggapannya nikah siri ini adalah salah satu bentuk dari perzinahan.

Jika menganalisa kasus tersebut, mungkin ada juga yang menganggap ini berkebalikan dari sebuah privasi. Tetapi tentu saja ini bergantung dengan negara dan sistem hukum yang dianut oleh suatu negara. Jadi urutan sidang perceraian bisa saja berbeda dengan kasus lain.

Cara Menceraikan Istri Nikah Siri

Dari semua langkah dan pidana yang harus dilalui seorang pasangan yang ingin memutuskan perceraian, ada satu hal lagi yang juga menjadi titik perhatian ketika membahas soal berapa lama proses perceraian, terutama bagi para pasangan yang pernikahannya itu secara siri.

Tetapi, satu hal yang bisa jadi cara ceraikan istri nikah secara siri tanpa adanya tindak pidana itu adalah dengan mengajukan isbat cerai. Isbat cerai sendiri harus diajukan oleh para pasangan yang memiliki niat untuk bercerai dan diajukan langsung ke pengadilan agama.

Cara Isbat hukum nikah siri ini mungkin akan terganjal soal status anak. Tetapi sama seperti perkawinan biasa, status anak akan dianggap sah juga. Tetapi Anda wajib merevisi Kartu Keluarga dan mengantarkan identitas beserta surat pengantar untuk dapat diproses.

Isbat cerai sendiri merupakan langkah yang dilakukan untuk mengesahkan hubungan rumah tangga Anda terlebih dahulu, tetapi dalam waktu yang singkat. Ini dilakukan untuk mendapat pengakuan menurut hukum positif negara agar pernikahannya itu terdata jelas.

Karena bagaimana pun, surat kuasa pengambilan akta cerai dan dokumen lainnya hanya dapat diambil jika seseorang mempunyai hubungan. Tetapi jika tidak memiliki dokumen itu, pernikahan tidak dianggap sah, meskipun kedua belah pihak ingin tahu cara menceraikannya.

Jadi, isbat cerai adalah satu-satunya cara agar Anda dapat menceraikan istri hasil nikah sirinya. Namun jika Anda sudah resmi berpisah, dan sedang berada di luar kota, jangan lupa untuk pelajari contoh surat kuasa pengambilan akta cerai agar nantinya lebih mudah.

Perceraian dan pernikahan adalah dua kata yang memiliki kaitannya. Di satu sisi, perceraian membuat kita lepas dari pasangan kita sebelumnya. Tetapi jika pernikahan itu dilakukan secara sembunyi, maka Anda perlu tahu cara menceraikan istri nikah siri lewat isbat.

Permasalahan Perceraian Terselesaikan Dengan Bantuan Justika!

Perceraian menjadi solusi terakhir ketika seseorang sudah tidak bisa lagi mempertahankan rumah tangganya. Ada banyak latar belakang juga yang menyebabkan terjadinya perceraian. Hal ini juga berlaku untuk pernikahan siri. Untuk Anda yang sedang dalam situasi yang sama, kunjungi laman ini guna mendapatkan berbagai macam penyelesaian dari advokat terpercaya untuk kasus perceraian.

Konsultasikan Dengan Justika Perceraian Nikah Siri

Perceraian nikah siri bisa saja mengalami beberapa masalah, untuk hal tersebut Anda bisa bertanya secara langsung pada ahlinya. Justika menyediakan layanan bagi Anda untuk mendapatkan nasihat hukum yang spesifik dengan para Mitra Advokat profesional, di antaranya:

Layanan Konsultasi Chat

Konsultasi hukum kini lebih mudah dan terjangkau hanya dengan Rp. 30.000 saja menggunakan layanan konsultasi chat dari Justika. Kunjungi laman ini dan ketik permasalahan hukum yang ingin ditanyakan pada kolom chat. Selanjutnya Anda bisa melakukan pembayaran sesuai dengan instruksi. Tunggu sesaat dan sistem akan segera mencarikan konsultan hukum yang sesuai dengan permasalahan Anda.

Layanan Konsultasi via Telepon

Apabila fitur chat tidak mengakomodir kebutuhan, Anda bisa memanfaatkan layanan konsultasi via telepon dari Justika. Dengan layanan ini, Anda bisa mengobrol dengan Mitra Konsultan Hukum dengan lebih mudah dan efektif melalui telepon selama 30 menit hanya dengan Rp. 350.000 atau Rp. 560.000 selama 60 menit (sesuai pilihan Anda), untuk berdiskusi lebih detail mengenai permasalahan hukum yang dialami.

Layanan Konsultasi Tatap Muka

Ingin berdiskusi lebih lanjut? Tenang, Anda juga dapat berkonsultasi secara langsung dengan para Mitra Advokat Justika secara lebih leluasa lewat layanan Konsultasi Tatap Muka. Adapun lama diskusi sekitar 2 jam hanya dengan Rp. 2.200.000 saja (dapat lebih apabila Mitra Advokat bersedia). Selama pertemuan, Anda dapat bercerita, mengajukan pertanyaan secara lebih bebas dan mendalam, termasuk menunjukan dokumen-dokumen yang relevan.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.