Berniat berpisah dengan pasangan, ketahui dulu rincian biaya mengurus perceraian sendiri dan berbagai persyaratan dokumen yang perlu Anda persiapkan. Tidak ada pasangan suami istri yang menginginkan perceraian dalam pernikahannya.

Akan tetapi tidak jarang menjadi solusi terakhir untuk mengatasi masalah rumah tangga. Jadi tidak heran jika angka perceraian belakangan ini semakin meningkat.

Saat memutuskan untuk bercerai dari pasangan, ada banyak hal yang harus Anda pertimbangkan. Selain masalah hak asuh anak dalam perceraian, Anda juga perlu mempertimbangkan biaya yang harus dikeluarkan untuk mengurus perceraian.

Besarnya biaya yang dibutuhkan untuk mengurus perceraian tergantung dari cara pengurusnya. Mengurus perceraian sendiri atau menggunakan pengacara akan membutuhkan uang yang berbeda. Jadi Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan.

Perlu Anda ketahui, bagi keluarga yang kurang mampu, bisa mengajukan biaya mengurus perceraian sendiri secara gratis. Untuk bisa mendapatkannya, ada beberapa syarat yang perlu Anda persiapkan seperti Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari kelurahan setempat.

Dalam mengurus kasus perceraian, biasanya akan ada beberapa jenis biaya yang perlu Anda keluarkan. Untuk ulasan lengkapnya tentang biaya untuk perceraian ini, simak penjelasan berikut :

Berikut Ini Biaya Mengurus Perceraian Sendiri

Biaya mengurus perceraian tidak sedikit sehingga hal ini harus menjadi salah satu hal yang perlu Anda persiapkan. Ada beberapa jenis biaya yang perlu dikeluarkan dalam proses pengurusan perceraian, di antaranya adalah berikut ini :

1. Panjar Biaya Perkara

Biaya mengurus perceraian sendiri yang harus Anda siapkan untuk pertama kalinya adalah panjar biaya perkara. Dibawah ini kisaran biaya mengurus surat perceraian yang perlu Anda persiapkan:

  • Biaya pendaftaran : Rp 30.000
  • Biaya proses : Rp 50.000
  • Biaya Panggilan pemohon : Rp 240.000 (Rp 80.000 x 3)
  • Biaya panggilan termohon : Rp 320.000 (Rp 80.000 x 4)
  • Biaya redaksi : Rp 5.000
  • Biaya materai : Rp 6.000

2. Biaya pengadilan

Biaya mengurus perceraian sendiri yang selanjutnya adalah biaya pengadilan dengan rincian sebagai berikut :

  • Pendaftaran perkara : Rp 30.000
  • Biaya Materai : Rp 6.000
  • Biaya Administrasi : Rp 50.000
  • Biaya Redaksi : Rp 5.000
  • Biaya panggilan : tergantung radius tempat tinggal penggugat dan tergugat

Jika Anda tidak mau repot mengurus kasus istri minta cerai karena tidak bahagia sendiri, bisa menggunakan jasa pengacara. Akan tetapi untuk menggunakan jasa pengacara pastinya Anda juga perlu menyiapkan biaya yang tidak sedikit.

Perlu Anda ketahui bahwa jasa pengacara untuk kota besar seperti Jakarta ini berkisar antara Rp 20 juta hingga Rp 50 juta. Jadi jika Anda memiliki waktu yang cukup luang, ada baiknya mengurus perceraian sendiri untuk menghemat biaya mengurus perceraian sendiri.

Dokumen yang Perlu Dipersiapkan untuk Mengurus Perceraian

Tidak bisa dipungkiri jika perceraian sering dianggap momok dalam masyarakat atau keluarga. Akan tetapi jika pernikahan sudah tidak bisa dipertahankan lagi, perceraian memang bisa menjadi jalan terbaik.

Selain mempertimbangkan biaya perceraian sendiri, untuk bisa melayangkan gugatan cerai kepada pengadilan Agama ada beberapa syarat yang perlu Anda persiapkan terlebih dahulu. Berikut di antaranya :

  1. Mengisi formulir dan surat gugatan di pengadilan Agama setempat
  2. Surat nikah asli
  3. Fotokopi surat nikah yang sudah dilegalisir
  4. Fotokopi akta kelahiran anak yang sudah dilegalisir (jika sudah memiliki anak)
  5. Fotokopi kartu identitas (KTP)
  6. Fotokopi kartu keluarga (KK)
  7. Gugatan biaya mengurus perceraian sendiri yang disertai dengan gugatan harta gono gini, perlu melampirkan dokumen bukti kepemilikan seperti sertifikat tanah, STNK, BPKB dan kwitansi jual beli.
  8. Bagi pemohon yang merupakan anggota harus menyertakan surat ijin atasan
  9. Jika suami dan istri tidak jelas alamat tinggalnya harus menyertakan surat keterangan dari kelurahan setempat.

Biaya untuk mengurus perceraian sendiri memang cukup banyak dan membutuhkan proses yang cukup panjang. Akan tetapi jika pernikahan sudah tidak memberikan kebahagian, perceraian mungkin adalah solusi terbaik yang harus Anda ambil.

Mengurus perceraian memang tidak mudah. Maka dari itu, pastikan pertimbangkan dengan baik sebelum memutuskan untuk berpisah dengan pasangan. Selain biaya mengurus perceraian sendiri yang cukup mahal, Anda juga perlu mempertimbangkan faktor lain seperti anak.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.