Harta gono gini adalah harta bersama yang dimiliki oleh suami istri dalam pernikahan. Ketika terjadi perceraian, harta ini akan dibagi rata antara kedua pihak. Pengadilan Agama akan memutuskan pembagian harta gono gini setelah perceraian diputuskan. Bila suami tidak mau membagi harta gono gini, penyelesaiannya melalui pengadilan. Namun, pertanyaan yang muncul adalah berapa biaya gugatan harta gono gini di pengadilan?

Gugatan harta gono gini biasanya dilakukan dalam batas waktu gugatan harta gono gini setelah ada putusan yang memiliki dasar hukum yang mengikat. Contoh gugatan harta gono gini di pengadilan agama telah banyak terjadi. Putusan ini diketuk oleh hakim Pengadilan Agama bagi yang beragama Islam dan Pengadilan Negeri bagi yang bukan beragama Islam.

Biaya Gugatan Harta Gono Gini

Harta gono gini disidangkan dalam Pengadilan Agama bagi pemeluk agama Islam. Persidangan ini akan mengesahkan perceraian yang terjadi. Berikut ini penjelasan mengenai biaya gugatan harta gono gini di pengadilan.

Dalam perkara di pengadilan, ada yang disebut dengan panjar biaya perkara. Setiap Pengadilan Agama memiliki biaya yang berbeda untuk perkaranya. Kita ambil contoh Pengadilan Agama Bogor:

  1. Biaya pendaftaran : Rp30.000
  2. Biaya proses : Rp50.000
  3. Biaya panggilan pemohon, tiga kali panggilan : Rp300.000
  4. Biaya panggilan termohon, empat kali panggilan : Rp400.000
  5. Biaya relaas panggilan pertama termohon dan pemohon : Rp20.000
  6. Biaya relaas pemberitahuan putusan kepada termohon : Rp100.000
  7. Biaya redaksi : RP10.000
  8. Biaya materai : Rp10.000

Biaya di atas adalah biaya sidang perceraian di Pengadilan Agama Bogor. Bagi Anda yang beragama selain Islam, maka gugatan cerai dan harta gono gini dilakukan di Pengadilan Negeri. Berikut adalah panjar biaya perkara di Pengadilan Negeri Bogor:

  1. Biaya pendaftaran : Rp30.000
  2. Biaya proses : Rp100.000
  3. Biaya redaksi : Rp10.000
  4. Biaya materai : Rp10.000
  5. PNBP panggilan pertama tergugat : Rp10.000
  6. Panggilan kepada tergugat empat kali : Rp500.000
  7. PNBP panggilan pertama penggugat : Rp10.000
  8. Panggilan kepada penggugat empat kali : Rp500.000
  9. Biaya sumpah empat kali : Rp40.000
  10. PNBP pemberitahuan putusan kepada penggugat : Rp10.000
  11. PNBP pemberitahuan putusan kepada tergugat : Rp125.000
  12. Pemberitahuan putusan kepada tergugat : Rp10.000

Kira-kira inilah biaya gugatan harta gono gini dan perceraian di Pengadilan Negeri Bogor. Biaya ini tentu belum termasuk biaya honorarium penasehat hukum yang mungkin Anda butuhkan untuk membantu mengurus persidangan untuk Anda.

Syarat Pengajuan Gugatan Ke Pengadilan

Setelah mengetahui berapa biaya gugatan di pengadilan, Anda juga wajib mengetahui apa saja syarat yang dibutuhkan untuk melakukan gugatan di pengadilan. Berikut ini syarat yang perlu Anda persiapkan:

  1. Fotokopi akta cerai yang dimateraikan (nazegelen).
  2. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk yang dimateraikan (nazegelen).
  3. Fotokopi tanda bukti harta yang dimiliki yang dimateraikan (nazegelen).
  4. Membayar panjar biaya perkara.

Itulah syarat-syarat yang dibutuhkan dalam pengajuan harta gono gini ke pengadilan. Anda sebaiknya menyiapkan berkas-berkas tersebut jauh-jauh hari sebelum mengajukan biaya gugatan harta gono gini. Hal tersebut agar proses pengajuan gugatan terhadap pihak tergugat dapat lebih cepat dilakukan. Selain itu, dokumen-dokumen tersebut juga sebagai bukti nantinya di pengadilan. Jangan lupa untuk menyewa jasa advokat agar langkah-langkah yang Anda lakukan sudah tepat sesuai hukum yang berlaku.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.