Gugurnya Harta Gono Gini – Dalam setiap kasus perceraian, pembagian harta gono-gini atau harta bersama sebenarnya adalah hal yang lumrah. Namun, dalam prosesnya sering diliputi oleh beragam kisah yang membuatnya menjadi lebih berbelit belit. Apa lagi, saat kasus perceraian dan pembagian harta gono-gini itu menyertakan sosok artis yang tengah ramai di perbincangkan. Hasilnya, konflik di antara pihak tergugat atau termohon dan pemohon atau penggugat, tak kunjung selesai.

Harta gono-gini atau harta bersama, merupakan harta yang didapat dengan seorang istri atau istri secara bersama saat dalam ikatan perkawinan. Dalam ketentuan hukum di Indonesia, pembagian harta bersama ini bisa dilaksanakan kapan pun. Anda bisa jadi mengelola pembagian harta gono-gini bertepatan dengan kasus perceraian yang tengah anda jalani. Disamping itu, pengurusan pembagian harta gono-gini masih tetap resmi di mata hukum saat dilaksanakan pada kondisi sudah bercerai atau pisah secara agama maupun negara.

Praktek yang terjadi di lapangan, sidang pembagian harta gono-gini dijalankan secara terpisah dengan kasus perceraian. Pertimbangan tersebut terjadi karena proses persidangan semacam ini umumnya berjalan lebih singkat dibanding sidang cerai dan harta gono-gini yang dilakukan secara bersama dan berbarengan.

Persyaratan dan Proses Pengajuan Pembagian Harta Gono-gini

Saat ingin mengajukan pembagian harta gono-gini ke pengadilan, ada sejumlah persyaratan yang perlu dipenuhi sebelumnya. Persyaratan tersebut antara lain:

  • KTP asli dan foto copy dari penggugat.
  • Akte cerai asli dan fotokopi.
  • Surat tuntutan harta gono gini.
  • Kartu Keluarga asli dan fotokopi.
  • Foto copy bukti pemilikan harta bersama.
  • Surat pengantar yang dikeluarkan pemerintahan desa/kelurahan.
  • Biaya kasus yang mesti di keluarkan.

Penyebab Utama Gugurnya Harta Gono Gini

Gugurnya harta gono gini juga bisa terjadi akibat beberapa hal. Berikut beberapa alasan yang bisa menjadi penyebab utama gugurnya harta gono gini.

1. Saat Terdapat Pisah Harta Di Perjanjian Kawin

apabila terdapat kesepakatan dalam perjanjian kawin yang mengatakan adanya penyatuan harta bawaan, bermakna secara automatis harta bawaan suami dan istri terpisah secara hukum. Oleh karena itu, tidak menjadi object harta yang dipersengketakan, sehingga jadi harta bawaan masih tetap jadi punya masing masing dan menjadi salah satu alasan gugurnya harta gono gini. 

Alasan gugurnya harta gono gini yang satu ini kerap menjadi faktor utama yang jarang di sadari dan di ketahui oleh banyak pasangan. Untuk itu, sangat penting bagi anda dalam mencari tahu terlebih dahulu mengenai informasi gugurnya harta gono gini yang disebabkan oleh perjanjian nikah yang telah di sepakati sebelumnya.

Sementara itu harta bersama merupakan hal yang bisa di jadikan sebagai harta yang di gugat secara gono gin jika tidak terdapat perjanjian kawin di dalamnya. Dengan alasan tersebut, maka gugurnya harta gono gini tidak lagi berlaku dan harta tersebut otomatis menjadi sebagai harta bersama.

2. Selain Gugurnya Harta Gono Gini, Jangan Menunda Pembagian Harta Gono Gini

Pada dasarnya tidak ada batasan waktu yang menyatakan dan terkait dengan berapa lama pembagian harta gono gini. Setelah bercerai baru, Anda juga masih bisa melakukan pembagian harta gono-gini dan tidak menyebabkan gugurnya harta gono gini. Namun, tidak disarankan bagi Anda untuk menunda-nunda pembagian harta tersebut. Selain karena masih adanya hak Anda pada harta tersebut, penyegeraan proses pembagian harta gono gini juga akan membuat anda terhindar dari proses yang berlarut larut.

Baca juga: Apakah Istri Siri Bisa Mendapatkan Hak Harta Gono Gini ?

Temukan Jawaban Terkait Pertanyaann Mengenai Pembagian Harta Gono Gini Dengan Justika

Dalam menyelesaikan persoalan harta gono gini, bukanlah perkara yang sederhana Anda harus cermati pembagian harta gono gini dengan pasangan Anda. Oleh karena itu diperlukan pihak ketiga yang dapat membantu mendalami dalam pembagian harta gono gini Anda lebih jauh, seperti pengacara yang andal dan profesional. Anda tidak perlu khawatir karena Justika menyediakan beragam layanan untuk membantu Anda.

Layanan Konsultasi Chat

Anda bisa mendapatkan layanan konsultasi hukum secara mudah dan dengan harga terjangkau hanya dengan Rp. 30.000 saja. Kunjungi laman ini, lalu ketik permasalahan hukum yang ingin ditanyakan di kolom chat. Selanjutnya, lakukan pembayaran sesuai dengan instruksi yang tersedia. Dalam waktu singkat, sistem secara otomatis akan mencarikan konsultan hukum yang sesuai dengan permasalahan Anda.

Layanan Konsultasi via Telepon

Jika diperlukan tindakan yang tidak dapat diakomodasi melalui fitur chat, Anda bisa memanfaatkan layanan konsultasi via telepon dari Justika. Melalui layanan ini, Anda dapat berbicara dengan Mitra Konsultan Hukum secara mudah dan efektif melalui telepon selama 30 hanya dengan Rp. 350.000 atau Rp. 560.000 saja selama 60 menit (sesuai pilihan Anda), untuk berdiskusi lebih detail mengenai permasalahan hukum yang dialami.

Layanan Konsultasi Tatap Muka

Anda pun dapat berdiskusi dan berkonsultasi secara langsung dengan para Mitra Advokat Justika lewat layanan Konsultasi Tatap Muka. Diskusi akan berlangsung selama 2 jam hanya dengan Rp. 2.200.000 saja (dapat lebih apabila Mitra Advokat bersedia). Dengan biaya tersebut, Anda dapat bercerita, mengajukan pertanyaan secara lebih bebas dan mendalam, termasuk menunjukan dokumen-dokumen yang relevan.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah ini.