Ketika Anda memiliki sebuah toko online, blog, website atau aplikasi yang lainnya sebagai media untuk usaha atau bisnis, maka perlu tahu cara membuat terms and conditions. Tujuannya sendiri untuk membantu melindungi bisnis Anda dan juga menjalin hubungan yang transparan dengan pelanggan.

Terms and Conditions Adalah

Pertama yang perlu Anda ketahui sebelum cara membuat terms and conditions adalah mengenai pengertiannya. Terms and conditions sendiri juga bisa dikatakan dengan syarat dan ketentuan. Jika secara umum, hal tersebut memiliki arti dimana perjanjian antara pengguna dengan pemilik yang berisi mengenai ketentuan yang mengatur kewajiban, hak, tanggung jawab hingga aturan untuk menggunakan situs.

Terms and conditions ini nantinya akan berguna sebagai kesepakatan diantara kontrak pemilik dengan yang menggunakan layanan. Jadi pengguna harus setuju dengan syarat dan ketentuan yang diberikan ketika menggunakan layanan tersebut.

Cara Membuat Terms and Conditions

Dalam membuat terms and conditions tersebut harus memperhatikan mengenai resiko dan kewajiban yang berhubungan dengan bisnis, aplikasi, situs web dan yang lainnya. Untuk itu berikut adalah tips dan cara membuat terms and conditions yang bisa diikuti.

1. Pengakhiran dan ketentuan umum

Pada hal ini akan menjelaskan hal dasar yang berkaitan dengan situs atau aplikasi yang digunakan pelanggan. Nantinya pengguna harus mengetahui hal ini sebagai pedoman umum ketika ingin menggunakan situs tersebut. Misalnya seperti layanan tidak akan digunakan untuk tujuan ilegal atau melawan hukum.

Kemudian jika ditemukan hal yang menyebabkan dilanggarnya ketentuan tersebut, maka pengelola berhak untuk menonaktifkan akun pengguna. Sehingga pemilik layanan juga memiliki kuasa penuh atas website dan juga tindakan yang dibutuhkan.

2. Hak Cipta dan Kekayaan Intelektual

Dalam membuat terms and conditions Anda juga perlu memberikan pemberitahuan mengenai hak cipta dari situs yang digunakan tersebut. Hal ini sudah pasti untuk menghindari adanya pelanggaran hak cipta seperti pelanggan yang mencoba untuk memplagiasi hasil situs tersebut.

3. Produk dan layanan

Jika situs yang Anda miliki tersebut menjual barang secara online, maka dalam cara membuat terms and conditions tersebut perlu mencantumkan deskripsi dengan jelas dan rinci produk yang dijual.

4. Batasan tanggung jawab

Cara membuat terms and conditions yang penting selanjutnya adalah dengan memasukkan pembatasan tanggung jawab. Hal ini sebagai bentuk untuk membatasi sampai mana situs tersebut bisa membantu pelanggan. Selain itu juga untuk membantu melindungi bisnis dari tuntutan hukum.

Sehingga dengan adanya batasan ini akan memberikan informasi bahwa pemilik tidak bertanggung jawab atas resiko yang terjadi pada pengguna.

5. Konten buatan pengguna

Jika dalam situs Anda memungkinkan pengguna untuk membagikan komentar atau foto, maka akan lebih baik Anda juga mengatur mengenai apa yang bisa dipublikasikan dan yang tidak. Dalam hal ini Anda memiliki hak untuk memantau konten seperti apa yang bisa dibagikan pada situs tersebut.

6. Informasi berlangganan dan pembayaran

Cara membuat terms and conditions yang selanjutnya adalah dengan mencantumkan informasi mengenai cara berlangganan dan pembayaran. Akan tetapi hal ini biasanya digunakan pada situs yang memang menjual barang atau jasa atau situs belanja online.

7. Pengembalian dan pengiriman

Sama halnya dengan poin sebelumnya dimana cara membuat terms and conditions seperti ini akan digunakan untuk situs bisnis Anda yang memang menjual barang dan jasa. Dalam hal ini akan diatur mengenai bagaimana pengiriman dan pengembalian hingga syarat atau ketentuan untuk pengembalian dan pengiriman.

8. Penyelesaian sengketa

Dalam penggunaan situs, bisa saja terjadi masalah dimana pengguna merasa dirugikan. Untuk itu penting juga mengatur mengenai bagaimana pemecahan atau langkah hukum yang akan diambil jika terjadi sengketa.

Demikian adalah beberapa cara membuat terms and conditions dimana ketika Anda membutuhkan pembuatan terms and conditions dengan lebih spesifik, maka Anda bisa meminta pada praktisi hukum yang sudah profesional.

Konsultasikan Dengan Justika Mengenai Cara Membuat Terms and Conditions

Cara membuat terms and conditions penting untuk diketahui agar ada batasan dan informasi bagi pengguna website atau aplikasi Anda. Untuk itu, mitra advokat Justika yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun siap untuk membantu permasalahan Anda yang berhubungan dengan penipuan investasi. Anda bisa memanfaatkan beberapa layanan konsultasi berbayar berikut:

Konsultasi via Chat

Kini, konsultasi chat dengan advokat berpengalaman hanya mulai dari Rp 30.000 saja. Dengan harga tersebut Anda sudah bisa mendapatkan solusi permasalahan hukum Anda dengan cara menceritakan permasalahan yang dihadapi melalui kolom chat. Nantinya sistem akan mencari advokat guna membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Konsultasi via Telepon

Untuk permasalahan yang membutuhkan solusi lebih lanjut, Anda bisa memanfaatkan layanan konsultasi telepon mulai dari Rp 350.000 selama 30 menit atau Rp 560.000 selama 60 menit.

Konsultasi via Tatap Muka

Konsultasi tatap muka bisa dilakukan ketika Anda benar-benar membutuhkan saran secara langsung dari advokat terpercaya untuk kasus yang lebih rumit. Hanya dengan Rp 2.200.000 saja, Anda sudah bisa bertemu secara langsung selama 2 jam untuk bertanya lebih dalam hingga menunjukkan dokumen-dokumen yang relevan untuk membantu permasalahan Anda.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.