Setiap negara baik negara berkembang maupun negara yang sudah maju pasti memiliki masalah terkait ketenagakerjaan dan cara untuk mengatasinya pun pasti berbeda-beda pula. Permasalahan-permasalahan ini tentunya harus mendapatkan atensi besar agar bisa dihentikan dan ditemukan solusi yang tepat.  

Saat ini, permasalahan yang menyangkut ketenagakerjaan sudah menjadi hal yang umum diketahui banyak orang. Oleh karena itu, anda bisa menyimak pembahasan mengenai solusi masalah ketenagakerjaan di bawah ini.

1. Solusi untuk tenaga kerja yang berkualitas rendah

Permasalahan yang pertama yang biasanya dialami oleh suatu negara dalam masalah ketenagakerjaan adalah rendahnya kualitas tenaga kerja. Hal ini biasanya sering ditemukan di negara-negara berkembang yang masih berusaha memajukan bidang industrinya. Hal ini biasanya dikarenakan tenaga kerja yang ada di suatu negara tersebut berpendidikan rendah, sehingga kurangnya wawasan tersebut mengakibatkan kualitas SDM yang rendah pula. 

Solusi dari permasalahan ini yaitu dengan diadakannya pelatihan skill dan kegiatan magang bagi para tenaga kerja. Dengan adanya pelatihan tersebut, maka bisa dipastikan skill yang dimiliki oleh para tenaga kerja bisa berkembang dan meningkat sehingga bisa meningkatkan kualitas SDM para tenaga kerja itu sendiri.

2. Solusi untuk banyaknya Angkatan kerja

Permasalahan yang kedua ini merupakan permasalahan utama yang biasanya terjadi di beberapa negara berkembang selain permasalahan kualitas SDM. Tingginya angka kelahiran di suatu negara menyebabkan meningkatnya populasi yang ada di suatu negara dan hal tersebut juga yang bisa menyebabkan banyaknya Angkatan kerja di suatu negara. Karena hal inilah, biasanya lapangan kerja tidak sebanding dengan Angkatan kerja. 

Oleh karena itu solusi untuk permasalahan ini yaitu dengan menekan atau mengurangi laju pertumbuhan penduduk dengan program keluarga berencana atau KB. Diharapkan program ini bisa dimaksimalkan oleh semua masyarakat di Indonesia sehingga bisa menekan laju pertumbuhan yang ada. Maka dari itu, hal tersebut bisa menjadi solusi masalah ketenagakerjaan mengenai banyaknya Angkatan kerja yang ada.

3. Solusi untuk Persebaran Tenaga Kerja yang Tidak Merata

Permasalahan selanjutnya yang ada di Indonesia yaitu persebaran tenaga kerja yang tidak merata. Hal ini bisa terjadi karena terpusatnya lapangan kerja dan Angkatan kerja di suatu wilayah tertentu. Misalnya saja terpusatnya lingkungan kerja dan tenaga kerja di Pulau Jawa dimana hampir 60% penduduk Indonesia sendiri berada di Pulau tersebut. 

Kondisi ini bisa menyebabkan banyak pengangguran di luar Jawa dan adanya ketidakseimbangan di wilayah lain karena tidak adanya tenaga kerja yang mencukupi. Oleh karena itu, solusi yang diperlukan yaitu dengan mengadakan transmigrasi bagi masyarakat ke wilayah selain Pulau Jawa dan melakukan pengaduan masalah ketenagakerjaanItulah beberapa solusi masalah ketenagakerjaan yang bisa anda gunakan untuk menyelesaikan permasalahan anda.

Baca Juga:


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.