Indonesia termasuk ke dalam salah satu negara berkembang yang jumlah penduduknya banyak. Namun, ternyata dengan banyaknya penduduk tidak semua memiliki pekerjaan sehingga menjadikan mereka sebagai pengangguran. Permasalahan ini perlu secepatnya diselesaikan agar bisa terciptanya kesejahteraan penduduk. Berikut masalah ketenagakerjaan dan upaya mengatasinya yang bisa anda simak.

1. Persebaran Penduduk yang Tidak Merata

Permasalahan yang pertama mengenai ketenagakerjaan adalah adanya persebaran penduduk yang tidak merata. Seperti yang sudah banyak diketahui, bahwa penduduk Indonesia paling banyak terdapat di Pulau Jawa bahkan hampir 60% nya ada di Pulau Jawa. Oleh karena itu, hal tersebut mengakibatkan ketimpangan jumlah tenaga kerja yang ada di wilayah lain selain Pulau Jawa dan mengakibatkan tenaga kerja yang ada menumpuk di satu titik pusat Pulau Jawa sehingga ada yang mendapat pekerjaan dan banyak yang tidak. 

Cara untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan diadakannya transmigrasi tenaga kerja di Pulau Jawa ke wilayah lain sehingga bisa merata. 

2. Banyaknya Penduduk di Indonesia

Masalah ketenagakerjaan dan upaya mengatasinya berikutnya yaitu banyaknya penduduk di Indonesia. Populasi penduduk di Indonesia termasuk ke dalam jumlah yang besar. Maka dari itu, terdapat banyak pula jumlah Angkatan kerja yang siap untuk bekerja.  

Namun, hal tersebut justru menyebabkan banyaknya pengangguran karena banyaknya Angkatan kerja tidak sebanding dengan jumlah lapangan kerja yang ada di Indonesia. Apalagi di era sekarang ini persaingan untuk mendapatkan pekerjaan sangat ketat. 

Solusi untuk masalah ini yaitu dengan memaksimalkan program Keluarga Berencana atau KB dimana masyarakat memiliki 2 anak cukup. Sehingga dengan adanya program ini, diharapkan laju pertumbuhan penduduk yang ada di Indonesia bisa berkurang dan terkontrol sehingga akan terjadi keseimbangan antara jumlah Angkatan kerja dan lapangan kerja.

3. Rendahnya Kualitas Tenaga Kerja

Masalah ketenagakerjaan selanjutnya yang ada pada tenaga kerja adalah rendahnya kualitas tenaga kerja yang ada di Indonesia. Rendahnya kualitas tenaga kerja disebabkan oleh rendahnya kualitas Pendidikan tenaga kerja itu sendiri. Pendidikan sangat berpengaruh karena wawasan dan ilmu tentang suatu pekerjaan sangat diperlukan dalam menentukan produktivitas para tenaga kerja dalam menyelesaikan pekerjaannya. Namun ada baiknya anda terlebih dahulu memperlajari tentang apa yang dimaksud dengan tenaga kerja?

Upaya untuk mengatasi hal ini yaitu dengan diadakannya kegiatan magang dimana tenaga kerja bisa belajar secara langsung di tempat kerja dan praktik secara langsung pula. Selain itu, pemerintah atau pihak terkait bisa mengadakan pelatihan skill dan kesemptan kerja adalah penting bagi tenaga kerja yang kurang mumpuni. Agar  nanti para tenaga kerja bisa mengasah skill mereka.Itulah 3 masalah ketenagakerjaan dan upaya mengatasinya yang mungkin bisa anda lakukan. Selain 3 upaya mengatasi masalah ketenagakerjaan di atas, anda juga bisa melakukan pengaduan masalah ketenagakerjaan ke pihak yang terkait.

Baca Juga:

Konsultasikan Masalah Ketenagakerjaan Melalui Justika!

Jasa layanan hukum penting begitu penting jika dihadapkan kepada persoalan hukum. Jasa tersebut dapat memberikan ketenangan bagi pihak yang tengah terlibat persoalan hukum. Oleh karena itu, Anda memerlukan peran pengacara atau konsultan hukum. Jangan khawatir sebab Justika siap membantu Anda dengan menyediakan layanan konsultasi hukum dengan para Mitra Advokat profesional, di antaranya:

Layanan Konsultasi Chat

Konsultasi hukum kini lebih mudah dan terjangkau menggunakan layanan konsultasi chat dari Justika. Kunjungi laman ini dan ketik permasalahan hukum yang ingin ditanyakan pada kolom chat. Selanjutnya Anda bisa melakukan pembayaran sesuai dengan instruksi. Tunggu sesaat dan sistem akan segera mencarikan konsultan hukum yang sesuai dengan permasalahan Anda.

konsultasi chat lembaga hukum

Layanan Konsultasi via Telepon

Apabila fitur chat tidak mengakomodir kebutuhan, Anda bisa memanfaatkan layanan konsultasi via telepon dari Justika. Dengan layanan ini, Anda bisa mengobrol dengan Mitra Konsultan Hukum dengan lebih mudah dan efektif melalui telepon selama 30 atau 60 menit (sesuai pilihan Anda), untuk berdiskusi lebih detail mengenai permasalahan hukum yang dialami.

konsultasi via telpon lembaga hukum

Layanan Konsultasi Tatap Muka

Ingin berdiskusi lebih lanjut? Tenang, Anda juga dapat berkonsultasi secara langsung dengan para Mitra Advokat Justika secara lebih leluasa lewat layanan Konsultasi Tatap Muka. Adapun lama diskusi sekitar 2 jam (dapat lebih apabila Mitra Advokat bersedia). Selama pertemuan, Anda dapat bercerita, mengajukan pertanyaan secara lebih bebas dan mendalam, termasuk menunjukan dokumen-dokumen yang relevan.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.