Beberapa perusahaan melarang menggunakan cuti membuat pegawai harus menerima atau justru melaporkannya. Karena cuti adalah sebuah hak yang wajib diberikan kepada karyawan di setiap satu kali setahun.

Disebut sebagai cuti tahunan, diberikan sebuah perusahaan apabila pegawai telah bekerja selama 12 bulan terus menerus. Cuti diberikan dalam jangka waktu minimal 12 hari dan tetap dibayar dengan upah penuh.

Apabila Anda ingin mengklaim tetapi perusahaan melarang menggunakan cuti, jangan khawatir karena bisa disikapi secara baik. Setiap karyawan berhak meliburkan diri dari pekerjaan setelah memenuhi ketentuan yang ditetapkan.

Masalahnya adalah ketika perusahaan mempersulit pekerja dalam melaksanakan cuti, karena sebagian besar pegawai tidak ingin membuat masalah semakin rumit. Jika terdapat perusahaan yang tidak mudah memberikan cuti, ketahuilah tips ampuhnya.

Ada sanksi hukum perusahaan tidak memberikan cuti tahunan sehingga hak pekerja wajib dipenuhi. Inilah tips ampuh untuk mengatasi perusahaan yang cenderung sulit memberikan cuti kepada para karyawan tanpa terkecuali.

Tips Atasi Perusahaan Melarang Menggunakan Cuti

Cuti merupakan hak yang harus diambil oleh pekerja dalam meliburkan diri di hari kerja, selama tidak mengganggu aktivitas pekerjaan. Pada saat cuti dipersulit, maka Anda diwajibkan mempelajari tips lengkap berikut.

1. Pahami Aturan

Perusahaan melarang menggunakan cuti bukan berarti bisa dianggap merugikan para pegawai, sebab ada aturan dalam mengajukannya. Tips mengatasi larangan cuti sebaiknya Anda mulai memahami peraturan pada perusahaan, perjanjian kerja, dll.

Dengan memiliki informasi tersebut, Anda pasti bisa lebih mudah menentukan kapan waktu cuti terbaik. Keluhan mengenai cuti yang sulit didapatkan berhak disampaikan pegawai apabila paham aturan dalam menggunakan libur.

2. Tentukan Cuti dari Jauh Hari

Bila perusahaan melarang menggunakan cuti, ada tips lain yang bisa diterapkan yaitu dengan menentukan cuti dari jauh-jauh hari. Setiap pegawai pasti memiliki agenda penting di setiap tahunnya, terutama bersama keluarga.

Pastikan menentukan cuti jauh hari sebelum tepat hari H, agar perusahaan tidak mempersulit penggunaan kewajiban libur. Dengan cara ini, pengusaha mempunyai waktu untuk mengatur perubahan formasi di pekerjaan.

Sebab tidak sedikit perusahaan melarang menggunakan cuti disebabkan karena bisa mengganggu aktivitas bekerja. Oleh karena itu, menentukan hari cuti dari jauh sangat disarankan bagi setiap pegawai di perusahaan apapun.

3. Memberitahu Rekan Kerja Satu Divisi

Tips selanjutnya dalam mengatasi perusahaan tidak mengizinkan cuti, pegawai harus memberitahu rekan kerja satu divisi. Dengan memberitahu rekan kerja, maka pekerjaan mudah untuk dialihkan sementara waktu kepada karyawan lain.

Anda tidak perlu cemas menentukan kapan cuti tahunan bisa digunakan, dikarenakan bebas sesuai keinginan karyawann. Cukup meminta izin melalui teman kerja divisi atau atasan, etika ini bisa membantu cuti dipermudah.

4. Menyampaikan Alasan Cuti dengan Jujur

Ketika sedang ada kepentingan mendadak dan tidak bisa ditinggalkan, untuk mendapatkan cuti sebainya sampaikan alasan paling jujur. Meminta hak cuti memang sulit, apalagi jika perusahaan sedang memberikan larangan.

Perusahaan melarang menggunakan cuti dapat diatasi setelah Anda mengatakan jujur kepada atasan. Jangan lupa menyampaikan alasan cuti sebagai upaya mengembalikan semangat dan performa kerja di kesempatan selanjutnya.

Penyebab Umum Pekerja Dilarang Cuti

Memang benar apabila perusahaan melarang pekerja untuk cuti akan dikenakan sanksi dan hukuman setimpal. Mengingat cuti menjadi hal terpenting bagi pekerja agar bisa mengembalikan etos kerja di waktu mendatang.

Apabila perusahaan melarang menggunakan cuti, Anda harus tahu penyebab umum yang mempengaruhi hal tersebut. Biasanya, penyebab larangan cuti dikarenakan pekerja masih memiliki banyak tanggungan mengenai pekerjaan dan belum diselesaikan.

Jika perusahaan terpaksa memberikan cuti kepada pegawai tersebut, maka yang ada hanya memberikan beban kepada rekan kerja lain. Oleh karena itu sebelum memutuskan cuti diwajibkan menyelesaikan seluruh pekerjaan terlebih dahulu.

Belum selesai sampai di sini, aturan hukum jita cuti tahunan tidak digunakan juga akan dikenakan sanksi. Namun ada penyebab lain ketika perusahaan melarang cuti biasanya karena alasan pekerja kurang valid.

Lebih baik beralasan dengan jujur saat ingin mengambil cuti, demi menghindari penolakan saat mengajukan kepada pengusaha. Terakhir penyebab cuti dilarang umumnya karena mengambil di hari-hari biasa yaitu bukan hari raya. Jangan khawatir bagi seluruh karyawan yang menemui perusahaan melarang cuti lebih baik dilaporkan. Dengan melaporkan perusahaan melarang menggunakan cuti, maka akan dikenakan sanksi kurungan dan denda sesuai UU Ketenagakerjaan.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.