Sering bingung ketika cara menanyakan gaji yang terlambat tidak diketahui, sekarang Anda jangan khawatir. Kebanyakan pegawai memang masih malu dan bingung dalam bertanya gaji apabila telat diberikan oleh pihak perusahaan.

Hal ini wajar terjadi karena setiap karyawan pasti ingin menjaga posisi agar tetap aman di perusahaan tertentu. Berbeda apabila pegawai memutuskan untuk bertanya-tanya gaji tanpa melihat cara yang benar.

Malah kebiasaan tersebut menimbulkan dampak negatif bagi diri Anda sebagai seorang karyawan tetap pada perusahaan. Terutama di Indonesia, menanyakan gaji terlambat dianggap kurang etis, padahal karyawan memiliki hak bertanya.

Jangan sampai salah cara menanyakan gaji yang terlambat ada tahapan secara benar. Bertanya soal gaji di perusahaan harus mengikuti etika sopan dan baik disertai memenuhi prosedur supaya posisi aman.

Kali ini kami akan memberikan penjelasan mengenai panduan menanyakan upah telat dari perusahaan. Ikuti cara lengkap menanyakan gaji yang terlambat di bawah dengan prosedur tepat agar kebutuhan Anda tercukupi.

Cara Menanyakan Gaji yang Terlambat dengan Prosedur dan Etika Tepat

Keraguan untuk bertanya akan gaji di perusahaan hampir dialami oleh semua pekerja tanpa terkecuali. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui cara bertanya apabila gaji terlambat dengan mengikuti prosedur berikut ini.

Tanya kepada Sesama Rekan Divisi

Cara menanyakan gaji yang terlambat pertama adalah dengan bertanya ke teman satu divisi kapan waktu gajian diberikan. Mungkin saja perusahaan sudah memberikan gaji, namun pihak payroll belum mengirimkannya.

Agar tidak mengalami kendala saat gaji Anda terlambat diberikan, sebaiknya tanya kepada teman satu divisi. Fungsi bertanya kepada teman satu divisi adalah untuk menentukan sudah atau belum menerima gajian.

Konfirmasi Terhadap Pimpinan Divisi

Cara menanyakan gaji yang terlambat selanjutnya dengan konfirmasi kepada pimpinan di setiap divisi. Mulai HRD, akunting, atau mungkin pihak payroll, Anda bisa mengonfirmasi melalui mereka tanpa harus ke atasan.

Jangan pernah menanyakan masalah gaji kepada boss bahkan atasan demi menghindari permasalahan internal. Mengingat dengan divisi pimpinan tersebut pasti tahu tanggal gaji diberikan kepada setiap karyawan di perusahaan apapun.

Menyiapkan Alasan Meminta Gaji

Adapun cara menanyakan gaji yang terlambat lain dengan menyiapkan berbagai alasan terkait perlu upah secara urgent. Kondisi setiap orang berbeda-beda, mungkin kalau terlambat digaji 3-4 hari bukan menjadi masalah besar.

Kalau sudah melewati batas wajar, siapkan alasan meminta gaji seperti untuk cicilan rumah, tagihan, kebutuhan mendesak, dll. Alasan logis pasti akan diterima pihak divisi payroll untuk mendapatkan gaji tepat waktu.

Buat Negosiasi Saling Menguntungkan

Adanya sanksi perusahaan jika telat membayar gaji tanpa alasan jelas, tentunya harus ada negosiasi. Ya, cara bertanya gaji terlambat secara tepat adalah dengan melakukan negosiasi untuk menguntungkan kedua belah pihak.

Langkah tengah seperti menerima gaji sebagian, memilih diundur, atau gaji dibayar sesuai kemampuan perusahaan. Cara tersebut membuat kedua a pihak diuntungkan tanpa harus terkendala akibat upah yang ditahan oleh perusahaan.

Cara menanyakan gaji yang terlambat terakhir adalah menunggu dengan sabar sampai upah berhasil dicairkan. Walaupun butuh, kesabaran akan menunggu upah bisa membuat Anda terlatih mengelola uang yang ada.

Beberapa Faktor Gaji Telat Diberikan Perusahaan

Banyak karyawan yang tidak menyadari bahwa perusahaan telat memberi gaji biasanya disebabkan oleh beberapa faktor. Kesalahan paling fatal umumnya terjadi pada sistem payroll yang cenderung berantakan dan tidak diperhitungkan matang.

Setelah tahu cara menanyakan gaji yang terlambat, alasan dari keterlambatan biasanya tidak ada rekap tepat. Alhasil karyawan tidak menerima upah tepat waktu, karena rekap belum diselesaikan secara benar.

Adapun faktor lain upah terlambat biasanya keuangan dari perusahaan sedang di ambang kekacauan. Hal tersebut bisa disebabkan oleh penurunan keuntungan perusahaan, sedangkan seluruh karyawan harus digaji setiap bulan.

Bolehkah perusahaan menahan gaji karyawan? Tentunya harus memenuhi aturan yang ada agar bisa mengajak negosiasi. Kalau ditahan gaji karyawan dalam waktu lama, otomatis akan ada sanksi pidana terhadap perusahaan terkait.

Sebagai karyawan harus tegas dalam menghadapi masalah upah apabila memang molor dari waktu sebenarnya. Jangan sampai membiarkan gaji telat karena bisa menjadi kebiasaan perusahaan dalam jangka lama merugikan seluruh karyawan.

Dengan bertanya menggunakan cara di atas, dijamin ampuh membuat gaji turun kepada Anda. Pelajari dan biasakan mulai menerapkan cara menanyakan gaji yang terlambat dengan tepat sesuai prosedur dan etika sopan.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.