Pemberian gaji setiap bulannya biasanya juga akan diikuti dengan pemberian slip gaji. Slip gaji yang diberikan tersebut tidak hanya untuk bukti saja namun juga ada manfaat slip gaji lainnya yang bisa dilakukan.

Manfaat Slip Gaji

1. Rincian Gaji

Manfaat slip gaji yang pertama adalah untuk membantu mengetahui berapa besaran atau rincian gaji yang bisa didapatkan. Komponen yang ada dalam gaji yang Anda terima tersebut akan berbeda-beda tergantung dengan kebijakan setiap perusahaan. Umumnya ada 3 bagian wajib dalam slip gaji karyawan seperti:

  • Gaji pokok
  • Jumlah gaji bersih yang diterima
  • Potongan, pajak dan kontribusi

2. Kredit alat elektronik

Manfaat yang selanjutnya adalah slip gaji bisa digunakan jika Anda ingin melakukan kredit alat elektronik. Biasanya kredit tersebut Anda gunakan jika ingin membeli barang namun tabungan masih belum mencukupi.

Perusahaan yang menyediakan kredit biasanya juga akan meminta slip gaji sebagai acuan untuk melihat kemampuan pembayaran atau cicilan Anda setiap bulannya. Selain itu slip gaji yang diberikan juga bisa mempengaruhi berapa lama Anda akan mengambil cicilan kredit.

3. Cicilan kendaraan bermotor

Manfaat slip gaji yang selanjutnya juga bisa digunakan untuk kebutuhan seperti pengajuan cicilan kendaraan bermotor. Biasanya perusahaan kredit akan meminta beberapa dokumen sebagai syarat mengajukan cicilan, salah satunya adalah slip gaji. Slip gaji tersebut akan bermanfaat sebagai bukti bahwa Anda memiliki pekerjaan dan juga pendapatan yang tetap sehingga bisa menjadi jaminan kemampuan untuk membayar cicilan.

4. Negosiasi gaji

Manfaat slip gaji selain untuk kebutuhan pengajuan kredit juga bisa digunakan ketika Anda ingin melakukan negosiasi gaji di perusahaan yang baru. Hal ini dikarenakan slip gaji bisa membantu Anda untuk mendapatkan gaji dengan jumlah yang lebih besar dibandingkan di perusahaan sebelumnya.

Selain itu, untuk recruiter juga bisa menjadi sebagai acuan untuk pemberian gaji selanjutnya pada karyawan yang baru. Jadi angka pada slip gaji tersebut bisa digunakan sebagai referensi untuk mendapatkan nominal gaji yang sesuai dan pantas.

5. Cicilan rumah

Manfaat slip gaji yang terakhir adalah sebagai salah satu syarat ketika Anda ingin mengajukan cicilan rumah atau KPR. Saat ini dengan semakin tingginya harga properti memungkinkan banyak orang juga yang memilih untuk melakukan cicilan rumah atau KPR.

Salah satu syarat agar KPR Anda bisa disetujui oleh pihak bank biasanya membutuhkan slip gaji. Slip gaji tersebut sebagai bentuk bukti bahwa Anda bisa melakukan cicilan sebagaimana yang disepakati.

Contoh Slip Gaji Karyawan

Berbagai macam manfaat slip gaji tersebut memang dibutuhkan ketika Anda ingin melakukan berbagai macam jenis kredit. Namun jika perusahaan tidak memberikan slip gaji, maka Anda bisa meminta slip gaji tersebut untuk kebutuhan persyaratan kredit.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.