Contoh surat cerai nikah siri, apakah dalam perceraian nikah siri juga harus menggunakan surat resmi? Mungkin pertanyaan tersebut kerap menjadi pertanyaan banyak orang. Pernikahan sir, kemungkinan ini kerap terdengar oleh kita di kehidupan setiap hari. Lalu bagaimanakah status hukum pernikahan siri? Pernikahan siri sebagai perkawinan yang sudah dilakukan secara sembunyi-sembunyi dan tidak terdaftar oleh administrasi Negara, dalam masalah ini, untuk umat islam, tiap pernikahan yang terjadi harus dicatat oleh Kantor Masalah Agama (KUA). 

Untuk yang menikah siri tentu saja perkawinannya tak pernah terdaftar di KUA, di mana dengan tidak terdaftarnya perkawinan seorang akan berpengaruh dalam status perkawinan yang terdaftar dalam administrasi kependudukan dan jika hasil pernikahan siri itu ada anak, karena itu dapat ditegaskan anak itu tidak dapat dicatat sebagai hasil perkawinan, dalam makna kata lain, akte kelahiran tidak bisa diawasi dan dicatat ke-2 orangtua dari anak itu. Tentu saja ini akan bikin rugi untuk anak masa datang nantinya.

Apa dapat dari pernikahan siri bisa dicatat atau disahkan sebagai perkawinan yang syah dan terdaftar oleh Negara? Jawabannya adalah dapat, salah satunya yang dikenali dalam Pengadilan Agama ialah istilah isbat nikah atau isbat cerai, ke-2 nya pada dasarnya resmi aturan pernikahan siri yang sempat dilaksanakan dan dapat langsung mencerai pernikahan siri. Isbat nikah dan isbat cerai ini lah yang nantinya akan menjadi salah satu surat pernyataan cerai dan contoh surat cerai nikah siri yang mengesahkan perceraian tersebut.

Saat istri atau suami akan mengajukan permintaan Tuntutan Isbat Nikah dan cerai, perlu mempersiapkan syarat-syarat supaya Tuntutan Isbat Nikah dan cerai bisa diwujudkan oleh Pengadilan Agama. Saat sebelum mempersiapkan syarat apa yang penting dipersiapkan, perlu anda kenali informasi-informasi berkenaan tingkatan atau proses pengajuan Tuntutan Isbat Nikah dan Pisah di Pengadilan Agama.

Sesudah anda ketahui berkenaan proses dan tingkatan tuntut pisah, berikut persyaratan yang penting anda persiapkan dalam ajukan Tuntutan Isbat Nikah dan Pisah. Contoh surat gugatan cerai nikah siri berikut bisa anda jadikan sebagai salah satu referensi terbaik.

Hampir sama dengan cara membuat surat cerai sendiri, cara membuat surat gugatan cerai nikah siri juga memerlukan beberapa proses agar berlangsung dengan cepat. Proses proses tersebut juga wajib melalui beberapa persyaratan agar seluruh proses perceraian terlaksana.

Ada juga yang perlu diperhatikan yakni mengenai surat talak. Beberapa orang merasa surat ini hampir sama dengan surat cerai. Padahal talak sendiri sebenarnya adalah tuntutan hak ke pengadilan yang diajukan suami agar bercerai dari istrinya. Dalam hal ini juga diperlukan contoh surat talak.

Baca juga: Alasan Gugat Cerai Tidak Dikabulkan dan Dikabulkan

Syarat Carai Nikah Siri

  • Foto copy KTP/Domisili (legalisir pos, materai 10000)
  • Foto copy Kartu Keluarga (legalisir pos, materai 10000)
  • Foto copy Surat Info pernikahan tidak terdaftar dari Kantor Masalah Agama (KUA) di tempat (legalisir pos, materi 10000)
  • Alamat komplet rumah suami dan istri saat ini
  • Surat Tuntutan Isbat Nikah dan Pisah
  • Bukti-bukti / menikah dimana dan kapan, wali nikah siapa, saksi I dan Saksi II siapa, mahar berbentuk apa, awalnya konflik, argumen pisah (rinci), pucuk konflik dan document simpatisan lain (slip upah, dll)
  • Foto copy KTP saksi (min 2 orang) sebagai

Persyaratan di atas diperlukan untuk lengkapi info surat Tuntutan Isbat Nikah dan Pisah karena di dalamnya ada beberapa informasi dan info di saat anda membuat surat Tuntutan Isbat Nikah dan Pisah. Disamping itu, persyaratan di atas dipakai untuk kepentingan pembuktian di saat sidang perpisahan berjalan. Setelah memahami persyatannya, berikut ini contoh akta cerai nikah siri yang wajib kamu tahu.

Contoh Surat Cerai Nikah Siri

Baca juga:

Itu tadi contoh surat gugatan carai nikah siri yang bisa Anda jadikan sebagai informasi tambahan. Surat di atas merupakan contoh surat gugatan cerai istri dan suami saat menjalani pernikahan siri. Anda juga wajib mencari tahu beberapa contoh surat gugatan cerai yang baik dan benar agar perceraian sah dimata hukum. Perlu diperhatikan juga bahwa contoh surat gugatan cerai istri kepada suami dan sebaliknya memiliki format yang sama.

Permasalahan Perceraian Terselesaikan Dengan Bantuan Justika!

Perceraian menjadi solusi terakhir ketika seseorang sudah tidak bisa lagi mempertahankan rumah tangganya. Ada banyak latar belakang juga yang menyebabkan terjadinya perceraian. Hal ini juga berlaku untuk pernikahan siri. Untuk Anda yang sedang dalam situasi yang sama, kunjungi laman ini guna mendapatkan berbagai macam penyelesaian dari advokat terpercaya untuk kasus perceraian.

Konsultasikan Dengan Justika Mengenai Surat Cerai Nikah Siri

Anda bisa mengkonsultasikan perihal cerai nikah siri dan juga mendapatkan penjelasan tersebut dengan mitra advokat andal dan profesional Justika. Anda bisa memanfaatkan layanan hukum Justika lainnya, Berbagai layanan bisa anda gunakan untuk menemukan solusi dan jawaban dari permasalahan cerai nikah siri. Mulai dari Layanan Konsultasi Chat Konsultasi via Telepon dan Konsultasi Tatap Muka.

Konsultasi via Chat

Konsultasi hukum kini lebih mudah dan terjangkau menggunakan layanan Konsultasi Chat dari Justika dengan advokat berpengalaman hanya mulai dari Rp 30.000 saja. Dengan harga tersebut Anda sudah bisa mendapatkan solusi permasalahan hukum Anda dengan cara menceritakan permasalahan yang dihadapi melalui kolom chat. Nantinya sistem akan mencari advokat guna membantu menyelesaikan permasalahan Anda. 

Konsultasi via Telepon

Dengan Konsultasi via Telepon, Anda berkesempatan berkonsultasi dengan advokat Justika mulai dari Rp 350.000 selama 30 menit atau Rp 560.000 selama 60 menit. 

Konsultasi Tatap Muka

Sementara melalui Konsultasi Tatap Muka, bisa dilakukan ketika Anda benar-benar membutuhkan saran secara langsung dari advokat terpercaya untuk kasus yang lebih rumit. Hanya dengan Rp 2.200.000 saja, Anda sudah bisa bertemu secara langsung selama 2 jam untuk bertanya lebih dalam hingga menunjukkan dokumen-dokumen yang relevan untuk membantu permasalahan Anda.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.