Ketika seseorang memutuskan untuk bercerai atau menggugat cerai, maka perlu ada perkataan yang menjadi tanda pemutusan hubungan rumah tangga. Kata-kata talak tersebut diucapkan oleh suami yang memutuskan untuk mengakhiri rumah tangganya. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai talak menurut Islam hingga contoh kata kata talak. 

Talak Dalam Islam

Talak dalam Islam sendiri merupakan pemutusan hubungan pernikahan dengan ucapan atau perkataan yang dimaksudkan sama dengan talak. Ketika contoh kata kata talak tersebut sudah diucapkan, maka ikatan suami istri dalam pernikahan sudah berakhir. 

Talak sendiri ada 3 jenisnya, yaitu talak 1, talak 2 dan talak 3. Ada beberapa perbedaan talak satu, dua, tiga yang bisa Anda ketahui seperti dalam talak satu dan dua Anda masih diperbolehkan untuk melakukan rujuk kembali. Sedangkan untuk talak tiga dimana menjadi talak terakhir yang membuat kedua pasangan tersebut harus berpisah secara agama dan tidak bisa rujuk kembali.

Contoh Kata Kata Talak

Ada banyak sekali contoh kata kata talak yang bisa diucapkan seperti:

1. Ucapan yang ambigu

Ucapan talak yang ambigu ini juga dinamakan dengan talak kinayah. Beberapa contoh kata kata talak kinayah adalah:

  • “Sekarang kita berpisah saja!”
  • “Kamu pulang saja ke rumah orang tuamu!”
  • “Saya sudah tidak membutuhkanmu lagi”
  • “Aku melepaskanmu”
  • “Menikah saja kamu dengan orang lain”

2. Ucapan tegas yang bermaksud mentalak

Contoh kata kata talak yang jelas ini dinamakan dengan talak sharih dimana ketika diucapkan, maka suami sudah jelas menceraikan sang istri. Bahkan walaupun suami tidak memiliki niatan tapi sudah dikatakan dalam keadaan sadar. 

  • “Mulai saat ini kamu bukan lagi istriku!”
  • “Sekarang pernikahan kita sudah selesai sampai disini!”
  • “Sekarang kamu sudah saya ceraikan”
  • “Saya talak kamu!”

3. Ucapan talak dengan sandaran waktu

Talak mudhaf adalah contoh kata talak yang terjadi ketika ada waktu yang disandarkan terlalui. Misalnya “Saya menceraikanmu setelah bulan Ramadhan”. Hati-hati kata ini bisa berarti cerai karena sang suami sudah menceraikan Anda sampai batas waktu tertentu. Dalam hal ini ketika bulan Ramadhan berakhir, maka Anda sudah resmi bercerai. 

4. Ucapan talak yang langsung terputus

Contoh kata kata talak yang satu ini adalah talak mu’ajjal yang jika diucapkan pada waktu itu, maka secara langsung akan terputus hubungan suami istri. 

  • “Kamu sudah tertalak”
  • “Kamu sudah saya talak”

5. Ucapan talak dengan syarat

Contoh kata kata talak yang terakhir adalah talak dengan syarat yang juga dinamakan dengan talak ta’liq. Talak ini biasanya mengandung syarat didalamnya, seperti “apabila”, “jika”, “kapanpun” dan lainnya. 

  • “Jika kamu masih berhubungan dengan dia maka akan aku ceraikan”
  • “Pernikahan ini selesai apabila kamu keluar dari rumah”
  • “Kapanpun kamu menemuinya lagi, maka akan aku ceraikan”

Demikian adalah beberapa contoh kata kata talak yang bisa menjadi informasi bagi Anda jika suami mengatakan kata-kata berpisah.

Permasalahan Perceraian Terselesaikan Dengan Bantuan Justika!

Perceraian menjadi solusi terakhir ketika seseorang sudah tidak bisa lagi mempertahankan rumah tangganya. Ada banyak latar belakang juga yang menyebabkan terjadinya perceraian. Hal ini juga berlaku untuk pernikahan siri. Untuk Anda yang sedang dalam situasi yang sama, kunjungi laman ini guna mendapatkan berbagai macam penyelesaian dari advokat terpercaya untuk kasus perceraian.

Ketika sudah ada kata-kata talak yang keluar, maka sang suami juga bisa langsung membuat surat gugatan cerai. Agar Anda bisa lebih mudah dalam proses pembuatannya, Justika memiliki layanan berupa pembuatan surat gugatan cerai yang cukup terjangkau mulai dari Rp 1.500.000 saja.

Dengan menggunakan layanan pembuatan surat gugatan cerai melalui Justika, Anda bisa lebih mudah mendapatkan surat gugatan cerai tanpa bingung ketika mengurusnya sendiri.

Empat langkah mudah menggunakan layanan pembuatan surat gugatan cerai di Justika sebagai berikut:

  1. Buka layanan Pembuatan Surat Gugatan Cerai dari web brower Anda
  2. Klik tombol “Pesan Dokumen”
  3. Anda akan diarahkan menuju Whatsapp dan Admin kami akan membantu Anda untuk proses selanjutnya
  4. Setelah proses administrasi selesai, Mitra Advokat Justika akan mulai membantu pembuatan surat gugatan cerai Anda

Konsultasikan Dahulu Jika Belum Yakin

Anda bisa berkonsultasi dengan advokat terpercaya yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun dengan seleksi yang ketat di Justika guna mendapatkan solusi atas permasalahan Anda. Manfaatkan 3 layanan berbayar dari Justika, yakni Konsultasi via chatkonsultasi via telepon hingga konsultasi via tatap muka. 

Konsultasi via Chat

Kini, konsultasi chat dengan advokat berpengalaman hanya mulai dari Rp 30.000 saja. Dengan harga tersebut Anda sudah bisa mendapatkan solusi permasalahan hukum Anda dengan cara menceritakan permasalahan yang dihadapi melalui kolom chat. Nantinya sistem akan mencari advokat guna membantu menyelesaikan permasalahan Anda. 

Konsultasi via Telepon

Untuk permasalahan yang membutuhkan solusi lebih lanjut, Anda bisa memanfaatkan layanan konsultasi telepon mulai dari Rp 350.000 selama 30 menit atau Rp 560.000 selama 60 menit. 

Konsultasi via Tatap Muka

Konsultasi tatap muka bisa dilakukan ketika Anda benar-benar membutuhkan saran secara langsung dari advokat terpercaya untuk kasus yang lebih rumit. Hanya dengan Rp 2.200.000 saja, Anda sudah bisa bertemu secara langsung selama 2 jam untuk bertanya lebih dalam hingga menunjukkan dokumen-dokumen yang relevan untuk membantu permasalahan Anda.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.