Cara cerai nikah siri – Perceraian merupakan jalan terakhir yang ditempuh ketika seseorang sudah tidak bisa lagi mempertahankan rumah tangganya. Hal ini juga bisa berlaku untuk pernikahan yang terjadi secara siri. 

Cara Cerai Nikah Siri

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melakukan cerai nikah siri, seperti berikut:

1. Itsbat nikah

Itsbat nikah ini adalah permohonan untuk mengesahkan pernikahan siri yang diajukan ke pengadilan sekaligus menceraikan salah satunya. Tujuannya agar pernikahan bisa diakui secara hukum. Itsbat nikah ini hanya dilakukan melalui Pengadilan Agama saja dengan membawa beberapa persyaratan seperti:

– Surat keterangan dari lurah bahwa pemohon sudah menikah siri. 

– Surat permohonan itsbat nikah siri pada Pengadilan Agama setempat.

– Surat keterangan dari KUA bahwa pernikahan tersebut belum tercatat secara hukum. 

– Fotocopy KTP pemohon itsbat nikah siri. 

Cara menceraikan istri nikah siri ini bisa dilakukan oleh pihak suami atau wali nikah siri. Pengajuannya juga dilakukan bersamaan dengan surat pernyataan cerai nikah siri. Pihak pemohon harus membayar biaya panjar dan mendaftarkannya pada Pengadilan Agama. 

Nantinya sidang akan dijadwalkan dalam waktu 14 hari. Pemohon akan dipanggil untuk melakukan sidang dan jika dikabulkan akan mendapatkan surat penetapan. Cara cerai nikah siri yang selanjutnya adalah surat penetapan tersebut dibawa ke KUA agar bisa dicatatkan dan diganti dengan Buku Nikah Siri. 

2. Hakim mengirimkan wakil untuk menentukan status pernikahan siri

Cara cerai nikah siri yang kedua adalah hakim akan mengirim wakil dari kedua belah pihak agar menentukan status pernikahannya. Biasanya cara ini akan diurus oleh pengacara mulai dari cara menjatuhkan talak nikah siri hingga pengesahan statusnya secara hukum negara. Hukum meninggalkan istri dalam cerai siri sendiri sudah diatur dalam Pasal 7 Kompilasi Hukum Islam. 

Demikian adalah beberapa cara cerai nikah siri yang bisa Anda lakukan ketika ingin memutuskan untuk bercerai dan mengesahkan pernikahan secara hukum negara. 

Baca juga: Contoh Surat Cerai Nikah Siri

Permasalahan Perceraian Terselesaikan Dengan Bantuan Justika!

Perceraian menjadi solusi terakhir ketika seseorang sudah tidak bisa lagi mempertahankan rumah tangganya. Ada banyak latar belakang juga yang menyebabkan terjadinya perceraian. Hal ini juga berlaku untuk pernikahan siri. Untuk Anda yang sedang dalam situasi yang sama, kunjungi laman ini guna mendapatkan berbagai macam penyelesaian dari advokat terpercaya untuk kasus perceraian.

Konsultasikan Dengan Justika Perceraian Nikah Siri

Perceraian nikah siri bisa saja mengalami beberapa masalah, untuk hal tersebut Anda bisa bertanya secara langsung pada ahlinya. Justika menyediakan layanan bagi Anda untuk mendapatkan nasihat hukum yang spesifik dengan para Mitra Advokat profesional, di antaranya:

Konsultasi via Chat

Kini, konsultasi chat dengan advokat berpengalaman hanya mulai dari Rp 30.000 saja. Dengan harga tersebut Anda sudah bisa mendapatkan solusi permasalahan hukum Anda dengan cara menceritakan permasalahan yang dihadapi melalui kolom chat. Nantinya sistem akan mencari advokat guna membantu menyelesaikan permasalahan Anda. 

Konsultasi via Telepon

Untuk permasalahan yang membutuhkan solusi lebih lanjut, Anda bisa memanfaatkan layanan konsultasi telepon mulai dari Rp 350.000 selama 30 menit atau Rp 560.000 selama 60 menit. 

Konsultasi via Tatap Muka

Konsultasi tatap muka bisa dilakukan ketika Anda benar-benar membutuhkan saran secara langsung dari advokat terpercaya untuk kasus yang lebih rumit. Hanya dengan Rp 2.200.000 saja, Anda sudah bisa bertemu secara langsung selama 2 jam untuk bertanya lebih dalam hingga menunjukkan dokumen-dokumen yang relevan untuk membantu permasalahan Anda.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.