Perceraian memang menjadi suatu hal yang tak pernah diinginkan terjadi pada semua keluarga. Akan tetapi masalah yang bertubi-tubi membuat orang ingin segera bercerai walaupun tak memiliki biaya untuk menyewa pengacara. Tenang saja, karena ada cara urus surat cerai sendiri tanpa perlu menggunakan pengacara sebagai berikut:

Tahapan atau Cara Mengurus Surat Cerai Sendiri

1. Menyiapkan Berkas-berkas yang Dibutuhkan

Cara yang pertama adalah menyiapkan berkas-berkas yang dibutuhkan oleh pengadilan. Ada beberapa berkas yang harus dipersiapkan seperti KTP, buku nikah, fotokopi KK, akta kelahiran anak, dan lain sebagainya.

Jika Anda juga ingin menuntut harta gono-gini pun juga diperlukan dukungan berkas-berkas lain seperti BPKB, STNK, sertifikat tanah, dan berkas pendukung lainnya. Semuanya harus disiapkan dengan baik agar tidak perlu bolak-balik ke pengadilan.

2. Daftarkan Gugatan Cerai ke Pengadilan

Selanjutnya Anda bisa mendaftarkan gugatan secara langsung ke pengadilan baik dengan cara online maupun offline. Nantinya Anda bisa datang ke pengadilan agama atau pengadilan negeri sesuai dengan agama dan juga wilayah Anda masing-masing.

Untuk mendaftarkannya Anda nanti akan dibimbing oleh pihak pengadilan untuk sistem perceraian tersebut. Anda juga bisa berkonsultasi terlebih dahulu jika menginginkannya.

3. Buat Surat Gugatan Cerai Sesuai dengan Kronologi Masalah

Cara urus surat cerai yang berikutnya adalah Anda diminta untuk membuat surat gugatan cerai. Nantinya di sana Anda harus mengisi formulir yang berisi berbagai informasi Anda beserta pasangan. Oleh karena itu, Anda harus tahu biodata pasangan secara lengkap.

Pada proses ini Anda diharuskan untuk menuliskan berbagai alasan mengenai gugatan cerai tersebut agar bisa dikabulkan oleh pihak pengadilan. Pastikan bahasanya mudah dimengerti dan juga rinci sehingga alasannya bisa menjadi kuat.

4. Siapkan Uang untuk Biaya Proses Perceraian

Untuk melakukan persidangan cerai itu bukanlah hal yang mudah sebab diperlukan biaya yang cukup besar. Sebelum melangsungkan sidang cerai, Anda harus membayar uang panjar perkara yang dibayarkan di awal.

Uang itu digunakan dari mulai awal hingga akhir proses perceraian. Apabila nanti uangnya kelebihan setelah dihitung maka akan dikembalikan. Begitu juga sebaliknya jika uangnya kurang maka Anda wajib menambahkannya.

5. Ikuti Proses Persidangan

Cara yang terakhir adalah ikuti proses persidangan dari awal hingga akhir. Ajaklah pasangan untuk ikut berpartisipasi dalam sidang agar proses bisa cepat selesai. Jika pasangan tidak datang di setiap sidang maka yang pasti waktu perceraian akan menjadi lebih lama. Tak hanya itu saja, biaya menjadi membengkak karena digunakan untuk memanggil berkali-kali.

Begitulah cara urus surat cerai sendiri tanpa ada pendampingan dari pihak kuasa hukum atau pengacara. Permasalahan rumah tangga Anda akan selesai walaupun tidak membayar pengacara yang mahal. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk Anda semuanya.

Baca Juga: 3 Cara Mengurus Surat Cerai Online

Permasalahan Perceraian Terselesaikan Dengan Bantuan Justika!

Perceraian menjadi solusi terakhir ketika seseorang sudah tidak bisa lagi mempertahankan rumah tangganya. Ada banyak latar belakang juga yang menyebabkan terjadinya perceraian. Untuk Anda yang sedang dalam situasi yang sama, kunjungi laman ini guna mendapatkan berbagai macam penyelesaian dari advokat terpercaya untuk kasus perceraian.

Mengurus Surat Cerai Sendiri Secara Online di Justika

Membuat surat gugatan cerai membutuhkan fokus dan waktu yang tidak mudah terutama ketika tengah menghadapi permasalahan perceraian. Untuk itu, ada baiknya anda menggunakan layanan hukum yang menyediakan jasa permohonan pembuatan surat gugatan cerai, salah satunya melalui Justika yang memiliki mitra advokat terpercaya dengan pengalaman lebih dari 5 tahun.

Justika memiliki layanan pembuatan surat gugatan cerai yang cukup terjangkau mulai dari Rp 1.500.000 saja. Dengan menggunakan layanan pembuatan surat gugatan cerai melalui Justika, Anda bisa lebih mudah mendapatkan surat gugatan cerai tanpa bingung ketika mengurusnya sendiri.

Empat langkah mudah menggunakan layanan pembuatan surat gugatan cerai di Justika sebagai berikut:

  1. Buka layanan Pembuatan Surat Gugatan Cerai dari web brower Anda
  2. Klik tombol “Pesan Dokumen”
  3. Anda akan diarahkan menuju Whatsapp dan Admin kami akan membantu Anda untuk proses selanjutnya
  4. Setelah proses administrasi selesai, Mitra Advokat Justika akan mulai membantu pembuatan surat gugatan cerai Anda

Konsultasikan Dahulu Jika Belum Yakin

Anda bisa berkonsultasi dengan advokat terpercaya yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun dengan seleksi yang ketat di Justika guna mendapatkan solusi atas permasalahan Anda. Manfaatkan 3 layanan berbayar dari Justika, yakni Konsultasi via chatkonsultasi via telepon hingga konsultasi via tatap muka. 

Konsultasi via Chat

Kini, konsultasi chat dengan advokat berpengalaman hanya mulai dari Rp 30.000 saja. Dengan harga tersebut Anda sudah bisa mendapatkan solusi permasalahan hukum Anda dengan cara menceritakan permasalahan yang dihadapi melalui kolom chat. Nantinya sistem akan mencari advokat guna membantu menyelesaikan permasalahan Anda. 

Konsultasi via Telepon

Untuk permasalahan yang membutuhkan solusi lebih lanjut, Anda bisa memanfaatkan layanan konsultasi telepon mulai dari Rp 350.000 selama 30 menit atau Rp 560.000 selama 60 menit. 

Konsultasi via Tatap Muka

Konsultasi tatap muka bisa dilakukan ketika Anda benar-benar membutuhkan saran secara langsung dari advokat terpercaya untuk kasus yang lebih rumit. Hanya dengan Rp 2.200.000 saja, Anda sudah bisa bertemu secara langsung selama 2 jam untuk bertanya lebih dalam hingga menunjukkan dokumen-dokumen yang relevan untuk membantu permasalahan Anda.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.