Penyelesaian kredit bermasalah melalui jalur hukum – Kredit bermasalah merupakan pemberian kredit dimana bisa terjadi resiko kemacetan. Akibat dari fasilitas kredit yang macet tersebut adalah kredit yang tidak bisa ditagih. Sehingga juga akan menyebabkan kerugian. Lalu bagaimana penyelesaian kredit bermasalah melalui jalur hukum?

Aturan hukum kredit macet sendiri sudah diatur dalam Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1998 mengenai Perbankan dan beberapa hal lainnya yang berhubungan dengan faktor yang menyebabkan kredit macet.

Kasus kredit macet dan penyelesaiannya bisa berupa biaya bunga yang semakin meningkat ketika Anda tidak segera mungkin melunasi. Bunga yang terus bertambah setiap bulannya bisa semakin memberatkan sehingga menyebabkan kredit macet.  

Untuk itu perlu diperhatikan juga mengenai besaran bunga yang perlu Anda bayarkan agar nantinya tidak membebankan angsuran. Selain itu mengenai data pribadi yang diberikan pada pihak bank atau pihak penyedia kredit seperti pinjol agar tidak disalahgunakan.

Di Indonesia sendiri sudah ada UU Perlindungan Data Pribadi berdasarkan RUU PDP yang berisi 72 Pasal dan 15 Bab dimana mengatur mengenai hal-hal yang berhubungan dengan perlindungan data pribadi.

Penyelesaian Kredit Bermasalah Melalui Jalur Hukum

Hal yang perlu diperhatikan sebelum mengambil jalur hukum adalah perlu ada jalur administrasi perkreditan. Penyelesaian secara administrasi tersebut seperti:

  1. Rescheduling

Tahapan ini merupakan perubahan syarat kredit yang berhubungan dengan pembayaran hingga jangka waktu termasuk juga untuk masa tenggang. Hal ini juga termasuk dengan masa tenggang yang juga meliputi perubahan jumlah besar angsuran hingga tidak

2. Reconditioning

Sebelum penyelesaian kredit bermasalah melalui jalur hukum adalah reconditioning atau persyaratan kembali. Pada tahapan ini akan ada perubahan untuk seluruh atau sebagian syarat kredit yang tidak terbatas pada jangka waktu, jadwal pembayaran atau syarat yang lainnya. Hal tersebut tidak berhubungan dengan sebagian atau seluruh pinjaman menjadi penyertaan bank.

3. Restructuring

Selanjutnya adalah perubahan syarat-syarat kredit dalam bentuk penambahan dana bank atau konversi sebagian atau seluruh tunggakan bunga menjadi pokok kredit yang baru, atau konversi sebagian atau seluruh dari kredit menjadi penyertaan di perusahaan.

Jika penyelesaian kredit bermasalah tersebut masih belum menyelesaikan masalah, maka bisa dilakukan penyelesaian kredit bermasalah melalui jalur hukum.

  1. Melalui Badan Peradilan
  2. Melalui Panitia Urusan Piutang Negara
  3. Melalui Badan Alternatif Penyelesaian Sengketa atau arbitrase.

Penyelesaian kredit bermasalah melalui jalur hukum tersebut perlu dipertimbangkan terlebih dulu dengan penyelesaian secara administratif.

Konsultasikan Dengan Justika Mengenai Masalah Kredit Bermasalah

Penyelesaian permasalahan kredit bermasalah bisa melalui jalur hukum, namun sebelum itu bisa dilakukan penyelesaian melalui jalur administrasi terlebih dulu. Untuk itu Anda bisa bertanya pada mitra advokat handal dan profesional Justika seputar permasalahan kredit bermasalah, agar mendapatkan solusi hukum yang baik dan tepat. Anda bisa memanfaatkan layanan hukum Justika lainnya, seperti Layanan Konsultasi Chat, Konsultasi via Telepon dan Konsultasi Tatap Muka.

Konsultasi hukum kini lebih mudah dan terjangkau menggunakan layanan Konsultasi Chat dari Justika. Anda hanya perlu ketik permasalahan hukum yang ingin ditanyakan pada kolom chat. Langkah selanjutnya Anda bisa melakukan pembayaran sesuai dengan instruksi yang tersedia. Kemudian  sistem akan segera mencarikan konsultan hukum yang sesuai dengan permasalahan Anda.

Dengan Konsultasi via Telepon, Anda akan mendapatkan kesempatan untuk berbicara dengan Mitra Konsultan Hukum secara mudah dan efektif melalui telepon selama 30 menit atau 60 menit (sesuai pilihan Anda), untuk berdiskusi lebih detail mengenai permasalahan hukum yang dialami.

Sementara melalui Konsultasi Tatap Muka, Anda akan mendapatkan layanan untuk bertemu dan berdiskusi langsung dengan Mitra Advokat Justika selama 2 jam (dapat lebih apabila Mitra Advokat bersedia). Selama pertemuan, Anda dapat bercerita, mengajukan pertanyaan secara lebih bebas dan mendalam, termasuk menunjukan dokumen-dokumen yang relevan.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.