Sering kali karena sering telat membayar pinjaman, ada yang teror sehingga Anda perlu tahu cara melaporkan Debt Collector nakal ke otoritas resmi yang bertugas di ranah ini. Jangan sampai mereka berlaku sesuka hati, karena sudah ada tempat pengaduan yang seharusnya.

Telat bayar hutang pinjaman itu akan banyak risiko, sehingga orang cenderung menghindari melakukan pinjaman, terlebih ke orang yang tidak dikenal. Bisa saja nanti dikejar-kejar, diteror, hingga langsung datang ke tempat kita berada. Apalagi bisa sampai ke keluarga.

Telat sehari saja, banyak sekali hal yang harus dihadapi. Namun, memang hutang adalah tanggung jawab kita, dan kita harus melunasinya, cepat atau lambat. Jika ada kekerasan, Anda memiliki kuasa untuk menuntut hukum menagih hutang dengan cara kasar ke penagih itu.

Namun, kurangnya sosialisasi mengenai hal ini membuat banyak debt collector yang masih bisa hidup bebas dengan memeras orang yang berhutang. Anda sebaiknya tahu bagaimana cara untuk melaporkan penagih utang nakal agar setidaknya mendapat perlindungan hukum.

Ikuti Cara Melaporkan Debt Collector Nakal Ini

Dampak penagihan hutang ini bukan hanya ke Anda saja, melainkan bisa terkena ke orang terdekat, keluarga, hingga rekan di kampus atau di lingkungan kerja. Dan tentu saja Anda tidak ingin hal tersebut terjadi, karena prosedur penagihan itu sangat tidak beradab.

Jadi, setidaknya Anda ingat akan tanggung jawab untuk melunasi hutang itu, dan kumpulkan uang itu jauh-jauh hari sebelum tenggat waktu yang telah ditentukan. Namun, jika debt collector datang dengan salahi aturan, ini tempat dan cara melaporkannya:

  1. Laporkan ke Polisi

Sesuatu yang salahi aturan itu ada di bawah kendali polisi. Jika tindakan penagihan yang dilakukan itu mengancam keselamatan Anda, maka langsung saja ke kantor polisi. Cara melaporkannya adalah dengan tulis formulirnya.

  1. Ajukan ke YLKI

YLKI atau lembaga konsumen Indonesia adalah organisasi yang berfokus untuk memberi perlindungan atas apa saja. Cara melaporkan penagih utang nakal ke YLKI hanya melalui situs pelayanan YLKI dan Anda juga bisa buat janji temu langsung. 

  1. Laporkan ke AFPI

AFPI merupakan asosiasi khusus yang menangani kasus pinjaman online seperti yang terjadi pada Anda. Jika Anda menemukannya, laporkan saja dengan kunjungi situs resmi AFPI dan klik Laporkan Pengaduan dan isi formulir yang telah tersedia.

  1. Kirim Laporan Debt Collector ke OJK

Cara paling efektif karena langsung di otoritas resmi pemerintah adalah melalui otoritas jasa keuangan. Cara untuk melaporkannya ke OJK bisa langsung ke kantornya atau bisa juga dengan melakukan konsultasi online dulu.

Cara Melaporkan Ini Tidak Berlaku Jika

Meskipun Anda sudah tahu ke siapa Anda harus melaporkan penagih utang yang nakal, tidak berarti Anda bisa sembarang melapor. Ada beberapa persyaratan pelaporan yang harus dipenuhi di formulirnya dulu. Jadi, cara penagihan debt collector itu legal jika:

  1. Memiliki Sertifikasi Profesi

Cara melaporkan penagih utang yang nakal tidak bisa digunakan jika memang penagih itu mempunyai sertifikasi profesi. Biasanya, pemberi pinjaman akan menggunakan orang yang galak untuk menagih hutang itu. Tetapi jika ada sertifikasi, berarti itu legal.

  1. Tidak Menyita Barang Secara Sembarang

Penagih tidak boleh sembarangan saat menagih. Jika iya, maka Anda bisa gunakan cara menghadapi penagih hutang dengan hukum yang berlaku. Namun jika tidak, maka ini bukan ranah hukum untuk memberi hukuman ke penagih hutang.

  1. Data Pribadi Anda Tetap Aman

Biasanya, sebelum meminjam, Anda akan diperintahkan untuk mengisi form berisi data pribadi, hingga orang terdekat. Data ini juga yang menjadi alat yang membuat Anda membayar. Dan Anda bisa gunakan cara melaporkan sesuai hokum yang berlaku.

  1. Tidak Menggunakan Kekerasan Fisik dan Mental

Melaporkan penagih utang nakal juga tidak akan berlaku jika penagih tidak menggunakan cara kekerasan. Artinya, mereka tidak menyinggung SARA dan melakukan tindakan intimidasi saat melakukan penagihan hutang saat itu juga.Debt Collector bisa datang ke mana saja karena mereka memegang data Anda. Dan ini adalah satu hal yang harus dihadapi karena bagaimanapun juga, ini adalah tanggung jawab. Akan tetapi, Anda juga harus tahu cara melaporkan debt collector nakal untuk antisipasi.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.