Cara agar pinjol tidak sebar data - Kasus penyebaran data pribadi yang dilakukan oleh pinjaman online ilegal saat ini marak dan sering terjadi, tentu hal ini menimbulkan kekhawatiran untuk masyarakat yang menjadi korban. Sudah banyak kasus dan laporan yang beredar bahwa setiap nasabah yang tidak dapat memenuhi kewajiban hutangnya, data mereka disebar melalui sosial media.

Tindakan agresif penagihan yang dilakukan oleh penyelenggara pinjol ilegal dengan cara menyebarkan data pribadi nasabah tentu melanggar ketentuan dan hukum yang berlaku, terlebih pinjol tersebut belum resmi terdaftar secara legalitas di OJK.

Melihat kasus dan fenomena yang terjadi saat ini, sebaiknya Anda mengetahui cara agar pinjol tidak sebar data sebagai langkah preventif, dan demi keamanan identitas Anda sebagai nasabah. Berikut ini kami jelaskan beberapa cara efektif yang dapat Anda lakukan.

Apa Itu Penyebaran Data?

Kenapa penyebaran data menjadi permasalahan untuk masyarakat? Agar memahami dampak negatif dari penyebaran data yang dilakukan secara ilegal dan sebelum mengetahui cara agar pinjol tidak sebar data, maka Anda harus mengetahui terlebih dahulu maksud dari penyebaran data itu seperti apa.

Penyebaran data atau yang sering dikenal dengan istilah doxing merupakan sebuah tindakan penyebaran informasi seseorang yang dilakukan oleh pihak tidak berwenang, dan dilakukan dengan sengaja tanpa mendapatkan izin dari pihak pemilik data tersebut.

Tentu dengan menyebarkan informasi pribadi seperti Nomor Induk Kependudukan, akan memberikan dampak negatif terhadap pemilik data tersebut. NIK tersebut dapat dimanfaatkan oleh sebagian oknum dalam melakukan tindak kejahatan lainnya.

Dengan demikian penyebaran data yang dilakukan oleh pinjol illegal, akan memberikan dampak yang sangat buruk terhadap pemilik data tersebut, dikarenakan penyebaran tersebut dilakukan dengan sengaja dan tanpa konfirmasi terlebih dahulu.

Maka cara agar pinjol tidak sebar data merupakan langkah yang perlu diketahui oleh setiap nasabah yang saat ini memiliki kaitan dengan pinjol ilegal.

Alasan Pinjol Melakukan Sebar Data

Hal yang mendasari tindakan penyebaran data yang dilakukan oleh pinjol ilegal adalah ancaman atau penuntutan agar pihak yang bersangkutan segera menyelesaikan kewajibannya atau melunasi hutang.

Keterlambatan pembayaran yang dilakukan oleh korban sebagai pemicu utama pinjol melakukan tindakan penyebaran data tersebut, tak jarang korban mendapat ancaman melalui pesan Whatsapp untuk segera melakukan pembayaran dan mendapat ancaman penyebaran data.

Sebetulnya cara agar pinjol tidak sebar data salah satunya dengan mengetahui UU perlindungan data pribadi yang telah dibuat oleh pemerintah. Sehingga setiap mendapat ancaman penyebaran data informasi, Anda dapat menyebutkan peraturan tentang perlindungan data pribadi tersebut. Berikut UU yang mengatur tentang perlindungan data pribadi:

  • Pasal 58 UU No.24 Tahun 2013 atas perubahan UU No.23 Tahun 2006 Tentang Administrasi Kependudukan;
  • UU No.11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) sebagaimana diubah oleh UU No.19 Tahun 2016 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik; dan
  • Dalam Pasal 29 UU ITE

Cara Agar Pinjol Tidak Sebar Data

Tersebarnya data pribadi yang dilakukan oleh pinjol ilegal merupakan kerugian yang sangat besar, oleh karena itu korban tidak hanya berdiam diri dan menerima perlakuan tersebut. Maka dari itu ketahuilah cara agar pinjol tidak sebar data dibawah ini.

1. Jangan Memberikan Akses Kontak dalam Ponsel

Setiap pemasangan aplikasi baru, pasti setiap aplikasi berbasis fintech akan meminta izin akses untuk mengakses data atau fitur tertentu, dan salah satunya yaitu akses terhadap kontak dalam ponsel Anda. Untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan, sebaiknya Anda tidak memberikan izin akses terhadap aplikasi tersebut.

Namun kemungkinan jika akses tersebut tidak diizinkan, maka aplikasi tersebut tidak dapat digunakan sebagaimana mestinya. Hal ini memang membuat Anda tidak dapat menggunakan aplikasi tersebut, namun ini sebagai salah satu cara agar pinjol tidak sebar data Anda.

2. Pahami Syarat dan Ketentuan Terlebih Dahulu

Sebelum Anda benar-benar menggunakan aplikasi atau mendaftarkan diri terhadap aplikasi tersebut, Cara agar pinjol tidak sebar data selanjutnya sebaiknya Anda membaca syarat dan ketentuan dari aplikasi yang akan Anda gunakan tersebut.

Pastikan semua ketentuan tidak merugikan salah satu pihak, dan kebijakan yang dibuat oleh aplikasi pinjol tersebut tidak menekan dan bahkan adanya indikasi ancaman.

3. Membayar Sesuai Tanggal

Jika Anda sudah terlanjur terjerat pinjol ilegal, hal yang paling wajib sebagai salah satu cara agar pinjol tidak sebar data, yaitu dengan membayar sesuai dengan tanggal dalam perjanjian hutang piutang. Tentu dengan mengambil keputusan untuk meminjam uang kepada pihak lain, Anda juga sudah mengetahui konsekuensi dan tanggung jawab sebagai peminjam, untuk melakukan pembayaran sesuai dengan kesepakatan.

4. Tentukan Pinjaman Online yang Terdaftar di OJK

Memang dengan kebutuhan yang mendesak, tak jarang seseorang melakukan tindakan tanpa berfikir panjang dan sembarangan. Akan tetapi, hal ini perlu Anda perhatikan demi meminimalisir resiko yang akan Anda dapatkan di kemudian hari. Sehingga cara agar pinjol tidak sebar data selanjutnya, selalu selektif dalam pemilihan penyelenggara pinjaman online, dan pastikan sudah secara resmi terdaftar di OJK.

5. Laporkan ke Polisi

Jika Anda sudah menjadi korban dari penyebaran data pribadi yang dilakukan oleh pinjol ilegal, maka cara agar pinjol tidak sebar data semakin luas dengan melaporkan pinjol yang sebar data konsumen tersebut ke pihak berwajib.

Anda kumpulkan bukti-bukti berupa tangkap layar, mulai dari pesan singkat dari pinjol dan bukti penyebaran data yang dilakukan oleh pinjol.

6. Laporkan ke OJK

Terakhir cara melaporkan penipuan pinjol ilegal dikarenakan telah melanggar kesepakatan dengan menyebarkan data pribadi, dapat dilaporkan ke OJK. Anda dapat menghubungi OJK melalui nomor whatsapp di 081-157-157-157 atau e-mail: humas@ojk.co.id

Maka dengan mengetahui cara agar pinjol tidak sebar data ini, dapat membantu Anda agar tidak terkena dampak dari penyebaran data yang dilakukan oleh pinjol ilegal tersebut.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.