Saat ini Anda harus memahami berapa bunga maksimum pinjol yang sudah ditetapkan oleh OJK. Pada dasarnya Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memiliki tugas dan wewenang yang kuat. Lembaga independen ini mampu mengatur, melindungi dan mengawasi bagian sektor keuangan.

Semua jasa keuangan terkait harus patuh terhadap peraturan yang telah dibuat oleh OJK. Jasa keuangan yang terkait adalah perbankan, lembaga non bank, industri pasar modal dan IKKNB. Semua instansi yang ada di sektor keuangan perlu izin dari OJK untuk bisa beroperasi.

Ketentuan dasar seperti berapa bunga maksimum pinjol juga sudah ditetapkan oleh OJK. Semua lembaga yang terdaftar di OJK sudah diakui kualitasnya sehingga Anda bisa menggunakannya. Jangan sampai Anda menggunakan layanan instansi yang tidak terdaftar karena berbahaya.

Lembaga keuangan non bank tidak terdaftar bisa memberi Anda beban bunga yang besar. Tidak hanya itu saja, penipuan juga sering terjadi karena lembaganya tidak diawasi. Oleh sebab itu, ada peraturan khusus menjelaskan bagaimana cara melaporkan pinjol yang sebar data ke polisi.

Bunga Maksimum Pinjol dalam Peraturan OJK

Usul pemangkasan bunga instansi keuangan non bank pada dasarnya sudah diserukan oleh OJK. Pada saat itu, OJK meminta bunga yang dibebankan pada peminjam konsumtif harus dikurangi. Bunga pinjol yang ada saat ini sudah ditetapkan dalam 2 kategori.

Pertama, pinjaman yang berstatus produktif akan dibebani bunga sebesar 16% - 30% per tahun. Sedangkan pinjaman yang kedua yaitu berstatus konsumtif, akan dibatasi dengan bunga sebesar 0,8% per harinya. Jika dihitung per bulannya, maka batas maksimum konsumtif adalah 24%.

Melihat berapa bunga maksimum pinjol produktif, tentu bunga konsumtif terlihat lebih banyak. Alasannya karena pinjaman konsumtif hanya diberi batasan maksimal 10 juta saja. Sedangkan produktif biasanya lebih dari 20 juta untuk modal usaha dan produktivitas lainnya.

Anda harus berhati-hati dengan pinjol ilegal karena ketentuan di atas tidak berlaku di sana. Saat ini pinjol ilegal bisa memberi bunga yang lebih besar. Anda tentunya akan rugi banyak jika tidak mengetahui tahu mengenai aturan bunga pinjol yang dimiliki oleh suatu instansi ilegal.

Bahkan, pinjol ilegal bisa memberikan Anda ancaman ketika tidak melunasi dalam waktu yang sudah ditentukan. Tidak seperti pinjol OJK yang sudah memiliki protokolnya sendiri. Oleh sebab itu penting untuk diketahui berapa bunga maksimum pinjol yang bisa membantu Anda nantinya.

Sebagai nasabah, Anda bisa menghindari pelunasan biaya jika bunga yang diberikan pinjol ilegal sudah melewati batas seharusnya. Alasan pinjol ilegal tak perlu dibayar karena aturannya tidak sesuai standar OJK dan aktivitasnya bisa dikenakan pasal 27 UU ITE.

Pentingnya Mengetahui Berapa Bunga Maksimum Pinjol

Lembaga keuangan non bank Pinjol atau pinjaman online, biasanya dibutuhkan ketika seseorang membutuhkan dana dalam waktu cepat. Pinjol bisa meminta data pribadi Anda sebagai jaminan bahwa nasabah telah melakukan peminjaman dana secara Online.

Data seperti foto KTP, foto Anda, nomor telepon dan akses kontak diperlukan pinjaman Online. Nantinya data tersebut digunakan untuk melacak ketika Anda lewat batas pelunasan. Di sini Anda perlu mengetahui berapa bunga maksimum pinjol agar tahu total tagihan yang harus dibayar.

Semakin tinggi bunganya, maka tagihan yang perlu dibayarkan juga akan semakin besar. Setiap Pinjol memiliki aturannya masing-masing terkait bunga yang dibebankan. Dengan mengetahui berapa bunga maksimum pinjol, Anda bisa mencari instansi pinjaman Online terbaik.

Perlu diingat, Anda harus memilih pinjaman online yang sudah terdaftar di OJK. Ancaman pinjol ilegal sangat berbahaya karena bisa mencemari nama baik Anda. Pemahaman mengenai berapa bunga maksimum pinjol itu penting, agar Anda tidak terjebak dalam penawaran instansi ilegal.

OJK sudah menetapkan bahwa batas maksimum bunga konsumtif hanya 0,8% per harinya dan pinjaman produktif hanya 16% - 30% per tahunnya. Kedua peraturan itu mutlak dan harus dipakai oleh seluruh instansi. Jika tidak, maka OJK berhak memberi instansi sanksi yang cukup berat.

Sama halnya dengan instansi ilegal, Anda bisa melaporkan tindakannya dengan menggunakan UU ITE. Pencemaran nama baik dan pengancaman adalah tindakan yang dilarang keras. Oleh sebab itu, Pinjol ilegal bisa dibawa ke jalur hukum jika memang terbukti melakukan pelanggaran.

Pinjaman online memang menjadi tempat terbaik untuk mendapatkan dana cepat. Dalam waktu singkat saja, Anda sudah bisa mendapatkan uang pinjaman. Namun tetap perhatikan berapa bunga maksimum pinjol tersebut agar biaya pelunasannya tidak terlalu besar.

Konsultasikan Kepada Justika Tentang Pinjaman Online

Pinjaman online yang marak menjerat masyarakat awam menjadi masalah besar di era internet sekarang. Anda bisa mengkonsultasikannya dengan mitra advokat andal dan profesional Justika. Anda bisa memanfaatkan layanan hukum Justika lainnya, seperti Layanan Konsultasi Chat, Konsultasi via Telepon dan Konsultasi Tatap Muka.

Lawyer yang bergabung di Justika merupakan lawyer pilihan yang melalui proses rekrutmen yang cukup ketat dengan pengalaman paling sedikit, yaitu 5 tahun berkarir sebagai advokat.

Kini, Konsultasi Chat dengan advokat berpengalaman hanya mulai dari Rp. 30.000 saja. Dengan harga tersebut Anda sudah bisa mendapatkan solusi permasalahan hukum Anda dengan cara menceritakan permasalahan yang dihadapi melalui kolom chat. Nantinya sistem akan mencari advokat guna membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Untuk permasalahan yang membutuhkan solusi lebih lanjut, Anda bisa memanfaatkan layanan Konsultasi via Telepon mulai dari Rp. 350.000 selama 30 menit atau Rp. 560.000 selama 60 menit.

Sementara melalui Konsultasi Tatap Muka, dapat dilakukan ketika Anda benar-benar membutuhkan saran secara langsung dari advokat terpercaya untuk kasus yang lebih rumit. Hanya dengan Rp. 2.200.000 saja, Anda sudah bisa bertemu secara langsung selama 2 jam untuk bertanya lebih dalam hingga menunjukkan dokumen-dokumen yang relevan untuk membantu permasalahan Anda.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.