Alasan membutuhkan surat kuasa pengambilan gaji – Surat kuasa mempunyai peran yang penting di dunia administratif. Dengan mempunyai surat kuasa karena itu Anda dapat mewakilkan status Anda ke orang yang Anda yakin untuk melakukan bermacam dan beragam kepentingan administratif sesuai dengan yang tercatat dalam surat kuasa tersebut. Surat kuasa pengambilan gaji juga mempunyai peranan penting.

Alasan membutuhkan surat kuasa pengambilan gaji yang diberi oleh perusahaan tempat Anda bekerja yang paling utama tentu agar penghasilan Anda dapat diambilkan langsung oleh orang yang lain telah Anda beri kuasa.

Selain itu, alasan membutuhkan surat kuasa pengambilan gaji lainnya juga berguna jika terjadi beberapa hal yang mendesak dan membuat Anda tidak sempat untuk melakukan hal tersebut dan perlu dengan cepat untuk diwakili oleh orang yang telah Anda percaya sepenuhnya.

Dalam pemberian surat kuasa pengambilan dana pensiun atau gaji juga bisa Anda kuasakan kepada istri atau rekan Anda sendiri.

Jika pengambilan gaji di tempat Anda bekerja masih dilaksanakan dengan manual dan Anda mempunyai halangan untuk mengambilnya secara langsung, karena itu Anda dapat memanfaatkan fungsi surat kuasa tersebut demi mendapatkan hak Anda tersebut.

Alasan Membutuhkan Surat Kuasa Pengambilan Gaji Paling Utama

Peraturan setiap perusahaan tentu berbeda. Walau sekarang ini pemberian gaji menjadi praktis dengan cara di transfer langsung lewat rekening individu masing masing pekerja. Tetapi masih tetap terdapat beberapa perusahaan yang memberi upahnya secara manual. Sehingga, jika seorang karyawan memiliki keperluan lain dalam pengambilan gaji tersebut surat kuasa pengambilan gaji ini lah alternatifnya.

Bahkan untuk surat kuasa pengambilan gaji sendiri telah ditata dalam Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (KUHPer). Ini tercatat dalam pasal 1792 yang mengatakan jika pemberian surat kuasa ialah wujud kesepakatan untuk memberikan kuasa ke orang lain atas nama kita sendiri.

Isi serta format surat kuasa pengambilan gaji berbentuk pengakuan secara tercatat yang memperlihatkan jika kamu memberi sebuah kuasa langsung ke seorang yang telah dipilih dan tercatat pada surat kuasa untuk lakukan ambil upah.

Contoh surat kuasa pengambilan gaji tersebut juga hanya dapat dibuat saat kita pada keadaan terdesak dan ada masalah lain. Diantaranya seperti sakit, ada agenda lawatan dokter yang tidak dapat diundur, atau cocok kembali dinas ke luar kota.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.