Membicarakan surat perjanjian kerja sama dalam dunia bisnis dan usaha menjadi hal yang sangat lumrah. Meskipun begitu perjanjian kerja sama tidak terbatas dalam dunia bisnis saja, terkadang dalam bidang lain pun sangat membutuhkan hal ini. Bersifat mengikat, isi dari surat ini berupa aktivitas apa yang harus dilakukan dan tidak dilakukan oleh pihak-pihak terkait.

Apa Itu Surat Perjanjian Kerjasama?

Surat perjanjian kerjasama adalah dokumen penting yang berisikan semua klausul atau kesepakatan atas sebuah perjanjian yang di tulis dalam bentuk surat dan di setujui oleh kedua belah pihak atau lebih.

Isi Dari Surat perjanjian kerjasama sendiri tidak jauh akan membahas seputar segala hal yang menjadi kewenangan maupun kewajiban serta hak dari masing masing pihak agar terhindar dari selisih atau sengketa di kemudian hari.

Untuk itu, Surat perjanjian kerjasama menjadi dokumen yang bersifat mengikat karena terdapat tanda tangan di atas materai serta adanya tanda tangan saksi di dalamnya.

Baca Juga: Syarat Sah Perjanjian Sesuai Hukum Yang Berlaku

Jenis Jenis Perjanjian Kerjasama

Terdapat Beberapa Jenis perjanjian kerjasama yang berlaku hingga saat ini, jenis jenis tersebut antara lain:

1. Surat Perjanjian Kerjasama Otentik

Perjanjian kerjasama otentik merupakan contoh surat perjanjian kerjasama yang dibuat secara resmi di hadapan pejabat pemerintah yang berperan menjadi saksi dalam perjanjian tersebut.

2. Surat Perjanjian Kerjasama Dibawah Tangan

Contoh surat perjanjian kerjasama dibawah tangan merupakan perjanjian kerjasama yang memiliki resiko besar. Pasalnya, dalam perjanjian tersebut tidak menghadirkan ataupun menyertakan saksi maupun tanda bukti dari pejabat pemerintah terkait dan hanya di lakukan antar kedua belah pihak saja.

3. Surat Perjanjian Kerjasama Investasi

Contoh surat perjanjian kerjasama investasi adalah surat perjanjian yang dibuat oleh beberapa pihak baik pribadi maupun perusahaan yang ingin melakukan investasi kepihak lainnya.

Dalam membuat surat perjanjian kerjasama yang satu ini, Ada beberapa hal penting yang mesti Anda perhatikan. Mulai dari ketentuan investasi, syarat investasi serta besaran investasi yang disetujui dua belah pihak.

Untuk perusahaan yang membutuhkan surat perjanjian kerjasama investasi ini sebagai langkah awal dalam meyakinkan investor, Anda juga perlu untuk menyiapkan  segala hal terkait anggarapan perusahaan, rencana perusahaan serta visi yang jelas agar surat perjanjian kerjasama investasi tersebut dapat di tanda tangani oleh pihak terkait.

4. Surat Perjanjian Kerjasama Proyek

Contoh surat perjanjian kerjama yang satu ini memang bertujuan untuk mendukung kerjasama yang terjalin dalam kegiatan yang berbasis proyek. Dalam hal ini, jenis surat perjanjian kerjasama tersebut dapat digunakan dalam proyek pembangunan rumah, gedung maupun jalan.

Isi dari perjanjian kerjasama proyek juga sama dengan perjanjian kerjasama lainnya, dimana di dalam perjanjian tersebut dapat menyertakan kesepatakan yang menjadi kewajiban satu pihak, hak sebuah pihak hingga besaran anggaran proyek yang disiapkan.

5. Surat Perjanjian Kerjasama Usaha

Jenis surat perjanjian kerjasama yang satu ini mungkin dibutuhkan oleh beberapa orang.  Anda yang ingin membuka usaha atau memulai sebuah bisnis, surat perjanjian kerjasama usaha dapat menjadi salah satu dokumen penting yang Anda persiapkan.

Pasalnya, dalam contoh surat perjanjian kerjasama tersebut. Anda dapat mencantumkan berbagai hal penting yang menjadi landasan hukum jika terjadi sesuatu yang tidak di inginkan dalam usaha atau bisnis Anda.

6. Surat Perjanjian Kerjasama Jasa

Sama Dengan contoh perjanjian kerjasama pada umumnya, perjanjian kerjasama jasa juga mencantumkan hal hal penting layaknya judul surat, identitas para pihak yang bersangkutan hingga hak dan kewajiban dari masing masing pihak yang terdapat dalam perjanjian tersebut.

7. Surat Perjanjian Kerjasama Perusahaan

Surat perjanjian kerjasama perusahaan merupakan perjanjian yang dibuat oleh beberapa perusahaan yang memiliki kepentingan untuk menjalin kerjasama dalam hal bisnis yang mereka jalani.

Dalam membuat surat perjanjian kerjasama perusahaan, Anda wajib melakukan pengecekan kembali pada beberapa hal yang dinilai penting agar perjanjian tersebut dapat menjadi perjanjian yang menguntungkan antar kedua belah pihak.

8. Surat Perjanjian Kerjasama Perdagangan

Surat perjanjian kerjasama perdagangan umumnya digunakan oleh pihak yang menjalin kerjasama dalam perdagangan baik barang maupun jasa. Hal ini bertujuang guna memberikan rasa aman dalam transaksi yang dilakukan serta meminimalisir resiko kerugian yang dapat saja terjadi akibat penipuan maupun wanprestasi salah satu pihak.

Fungsi Surat Perjanjian Kerjasama

Dalam membuat surat perjanjian kerjasama, tak hanya menjadi perjanjian yang mengikat kedua belah pihak untuk melakukan kewajibannya yang tertuang dalam perjanjian tersebut. Terdapat beberapa fungsi surat perjanjian kerjasama lainnya yang mesti Anda Perhatikan. Berikut beberapa fungsi tersebut:

1. Fungsi Dalam Hal Keamanan

Dengan adanya surat perjanjian kerjasama, seluruh pihak yang tercantum dalam perjanjian tersebut dapat merasa aman dari yang namanya resiko penipuan maupun wanprestasi.

Pasalnya contoh surat perjanjian kerjasama yang dibuat sebelumnya dapat menjamin dan mengikat seluruh pihak terkait di dalamnya untuk menjalankan kewajibannya serta mendapatkan haknya.

2. Fungsi Dalam Penyelesaian Perkara

Surat perjanjian kerjasama yang dibuat juga dapat menjadi acuan dalam penyelesaian perkara yang bisa saja timbul dalam lingkup pekerjaan, lalu Anda bisa memroses perkara tersebut di pengadilan menggunakan surat perjanjian.

Maka dari itu, surat perjanjian kerja sama sangat penting untuk mendukung aspek pekerjaan Anda tak jarang pemilik perusahaan besar akan mengadakan konferensi pers saat menjalin sebuah kerja sama.

Syarat Sah Surat Perjanjian Kerjasama

Dalam sebuah surat perjanjian kerja sama usaha terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi yakni, surat harus dibubuhi dengan materai 10000 sesuai ketentuan yang baru kemudian isinya diharapkan mudah dipahami dalam arti rinci dan jelas serta memiliki tujuan yang baik agar tidak merugikan pihak-pihak terkait dan tidak menyalahi aturan perundang-undangan.

Berikut poin-poin lain yang perlu diperhatikan dalam pembuatan surat perjanjian kerja sama.

Baca Juga: Catat! Hal yang Perlu Dipahami Dalam Perjanjian Kerja Sama Bagi Hasil

1. Tanpa Rasa Keterpaksaan

Kedua belah pihak atau pihak terkait diharapkan membuat dan merima isi dari surat perjanjian dengan ikhlas tanpa pengaruh maupun paksaan orang lain. Dengan begitu kerja sama yang terjalin akan terwujud dan berkembang dengan baik.

2. Penjelasan Mekanisme Penyelesaian

Dalam dunia kerja, tak jarang pihak yang telah menjalin kerja sama mengalami perselisihan dan sengketa, maksud dari adanya mekanisme penyelesaian ini ditujukan untuk membantu kedua belah pihak dalam memediasi permasalahan yang ada.

3. Adanya Saksi

Selain kedua belah pihak yang menjalin kerja sama, adanya saksi akan sangat membantu dalam proses perjanjian, sebaiknya sisipkan kolom tambahan untuk tanda tangan saksi jadi pihak yang bersangkutan tidak timbul kecurigaan. Saksi juga bisa membantu apabila terjadi perbedaan pendapat sebelum menandatangani kontrak.

4. Adanya Salinan

Alangkah lebih baik jika pihak-pihak yang bersangkutan membawa masing-masing surat kontrak yang telah disetujui untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Jadi jika salah satu pihak hendak menyalahgunakan surat tersebut bisa langsung dipidanakan sesuai perjanjian yang tertera dan mekanisme penyelesaian yang telah disetujui.

Dengan memerhatikan lima ulasan di atas cara membuat surat perjanjian kerja sama akan semakin mudah. Ketika Anda sudah mulai membuat surat perjanjian kerja sama harap perhatikan kembali persyaratan-persyaratan tersebut maka surat yang dibuat akan menjadi sah dan layak.

Seperti contoh perjanjian investasi bagi hasil yang dapat melindungi pemberi dana dengan penerima dana investasi.

Baca Juga: Perjanjian Konstruksi Digunakan untuk Menjamin Kerja Sama

Cara Membuat Surat Perjanjian Kerjasama

1. Judul

Adanya judul yang jelas dan singkat yang menggambarkan keseluruhan isi dari surat perjanjian atau kesepakatan.

2. Identitas Lengkap

Mencantumkan identitas asli dan lengkap dari para pelaku kerja sama yang terlibat.

3. Latar Belakang Perjanjian Kerjasama

Memuat latar belakang atau alasan dari terbentuknya kesepakatan. Latar belakang ini yang biasanya disebut premis perjanjian.

4. Langkah Penyelesain Masalah

Menjelaskan secara rinci cara penyelesaian masalah apabila terdapat perkara dikemudian hari.

5. Format dan syarat sah kontrak

Meskipun tidak ditentukan secara baku, format dan syarat kontrak yang sah sudah diatur dengan baik melalui KUHPerdata Pasal1320 yang memuat empat syarat yakni sepakatnya kedua belah pihak, kecakapan dalam perjanjian, perjanjian hal-hal tertentu dalam kontrak, dan sebab yang halal.

6. Tanda tangan

Ditanda tangani oleh pelaku kerja sama. Apabila ada saksi, maka saksi turut tanda tangan disurat perjanjian.

7. Memahami isi kontrak dengan baik

Anda perlu memahami dengan baik apa yang tertuang dalam isi kontrak, di samping perlunya kesepakatan antara kedua belah pihak, syarat-syarat yang tertulis dalam kontrak perlu diperhatikan apakah memang sah dan tidak melanggar hukum, kemudian ada deskripsi pekerjaan yang telah dijanjikan.

8. Hak dan kewajiban yang diatur

Disebut bagian yang krusial, hak dan kewajiban sebenarnya telah diatur menggunakan Pasal 79 ayat (2) huruf c UU Ketenagakerjaan, jadi pastikan kamu memahami pasal ini dengan baik sebelum membuat kontrak kerja sama karena perkembangan hubungan kerja di lingkup perusahaan akan didasarkan pada kontrak kerja sama tersebut sehingga ketentuan-ketentuan yang sifatnya merugikan diharapkan tidak terjadi.

9. Penambahan umum yang diatur dalam kontrak

Meskipun sudah ada ketentuan wajib yang dicantumkan dalam surat perjanjian, Anda selaku pihak yang memberikan pekerjaan dapat mengatur hal-hal yang bersifat umum misalnya karyawan tidak boleh membocorkan produk ke pihak kompetitor.Ulasan di atas merupakan cara membuat kontrak kerja sama yang dianjurkan. Anda selaku pihak yang memberikan pekerjaan sudah sepatutnya memahami dengan baik apa saja yang perlu diperhatikan dalam pembuatan surat tersebut.

Contoh Surat Perjanjian Investasi Bagi Hasil

Dokumen di atas adalah contoh. Buat perjanjian yang spesifik untuk kebutuhan bisnis Anda, lebih mudah dan murah dengan template dari advokat berpengalaman.

Kapan Surat Perjanjian Kerjasama Di Butuhkan?

Contoh surat perjanjian kerjasama dapat Anda gunakan dalam mencari berbagai referensi perjanjian kerjasama yang sesuai dengan maksud dan tujuan Anda. Namun dalam menggunakannya, apakah Anda tahu kapan waktu yang tepat dalam menggunakan perjanjian kerjasama?

Surat perjanjian kerjasama bahkan tidak hanya di gunakan untuk berbisnis semata. Banyak kegiatan lainnya yang membutuhkan surat perjanjian kerjasama demi menjaga hak dan kewajiban masing masing.'

Surat perjanjian kerjasama dibutuhkan dan digunakan saat seseorang memerlukan bantuan dari orang lain baik dalam hal bisnis profesional maupun bidang lainnya yang membuat kedua belah pihak terjalin kerjasama. Kerjasama tersebut lah yang wajib di lakukan perjanjian hitam di atas putih guna menjamin kekuatan hukum dari perjanjian kerjasama yang di jalin.

Konsultasikan Jika Anda Masih Ragu dan Bingung!

Namun ketika Anda masih ragu dan bingung bagaimana pembuatan surat perjanjian di Justika, Anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan Mitra Adovokat Justika!

Saat ini Anda dapat berkonsultasi dengan Mitra Advokat terkait permasalahan bisnis, dimana saja. Dengan menggunakan Layanan Bisnis Justika, Anda dapat berkonsultasi tanpa harus mendatangi Kantor Advokat.

Kenapa Justika? Justika merupakan platform konsultasi hukum terbaik dan terpercaya yang ada di Indonesia, dengan Mitra Advokat yang tergabung memiliki pengalaman lebih dari 5 (Lima) tahun. Khususnya dalam bidang bisnis, maka permasalahan Anda dapat dibantu dan diselesaikan secara profesional.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.